Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf

Authors

  • Delfira Anggraeni Ciptaning Tiyas Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang
  • Husni Wakhyudin Universitas PGRI Semarang
  • Darsimah SDN Sendangmulyo 02 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4819

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning untuk menentukan ide pokok suatu paragraf. Guru menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran karena dengan model itu bisa membantu untuk menganalisis memecahkan masalah yang diberikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dimana subjeknya adalah seluruh siswa kelas IVA SDN Sendangmulyo 02 Semarang dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan dalam bahan penelitian ini. Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, pengetahuan yang diperoleh dari sudut pandang guru tentang proses pembelajaran yang diterapkan dmendapat kualifikasi baik. Untuk hasil nilai rata-rata siswa kelas IVA dalam menentukan ide pokok suatu paragraf dengan model Problem Based Learning telah diketahui nilai rata-rata yang diperoleh mendapat kualifikasi baik berartinya siswa sudah menguasai pembelajaran. Siswa memperoleh nilai mulai dari perlu bimbingan hingga baik sekali. Siswa yang mendapatkan baik sekali ada 14 anak, dengan nilai baik 8 anak, dengan kriteria cukup ada 3 anak dan dengan predikat perlu bimbingan ada 2 anak.

Keywords:

Model Problem Based Learning, ide pokok

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulrozzak, R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Atik, A., Yusmin, E., & Kresnadi, H. (2013). Menemukan Ide Pokok Paragraf Menggunakan Metode Inkuiri Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SD Swasta Erna Sanggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(4).

Christiana, P. P., Suniasih, N. W., & Suadnyana, I. N. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD Gugus VIII Sukawati. EJournal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2031

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Defiyanti, & Sumarni, W. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains. Phenomenon, 09(2), 206–218.

Hadi, F. R. (2016). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 84-91.

Hayanah, I. N., Nisa, G., Safitri, S. E., Aulia, S. C., Isnaeni, W., & Ellianawati, E. (2019). Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Strategi Scaffolding pada Pembelajaran Menentukan Ide Pokok. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 142-152.

Idris, I., Sida, S. C., & Idawati, I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(2), 58-63.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93.

Madewana. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184-195.

Nisa, A. R. K., & Yuliawati, F. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran PBL (Project Based Learning) terhadap Proses Pembelajaran Siswa. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 5(2), 175-182.

Riyansyah, M., Suparman, F., & Agustiani, T. (2020). Analisis Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 03 Simpenan. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 33-38.

Rokhmawati, J., Djatmika, E. T., & Wardana, L. 2016. Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Students ’ Problem Solving Skill and Self Efficacy ( A Study on Ix Class Students of SmpMuhammadiyah ). Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 6(3), 51–55.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Jaya.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Abstract Views : 1221
Downloads Count: 1015

Published

2023-05-27

How to Cite

Tiyas, D. A. C., Mushafanah, Q., Wakhyudin, H., & Darsimah, D. (2023). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 709–715. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4819

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.