Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4819Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning untuk menentukan ide pokok suatu paragraf. Guru menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran karena dengan model itu bisa membantu untuk menganalisis memecahkan masalah yang diberikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dimana subjeknya adalah seluruh siswa kelas IVA SDN Sendangmulyo 02 Semarang dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan dalam bahan penelitian ini. Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, pengetahuan yang diperoleh dari sudut pandang guru tentang proses pembelajaran yang diterapkan dmendapat kualifikasi baik. Untuk hasil nilai rata-rata siswa kelas IVA dalam menentukan ide pokok suatu paragraf dengan model Problem Based Learning telah diketahui nilai rata-rata yang diperoleh mendapat kualifikasi baik berartinya siswa sudah menguasai pembelajaran. Siswa memperoleh nilai mulai dari perlu bimbingan hingga baik sekali. Siswa yang mendapatkan baik sekali ada 14 anak, dengan nilai baik 8 anak, dengan kriteria cukup ada 3 anak dan dengan predikat perlu bimbingan ada 2 anak.
Keywords:
Model Problem Based Learning, ide pokokDownloads
References
Abdulrozzak, R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Atik, A., Yusmin, E., & Kresnadi, H. (2013). Menemukan Ide Pokok Paragraf Menggunakan Metode Inkuiri Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SD Swasta Erna Sanggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(4).
Christiana, P. P., Suniasih, N. W., & Suadnyana, I. N. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD Gugus VIII Sukawati. EJournal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2031
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Defiyanti, & Sumarni, W. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains. Phenomenon, 09(2), 206–218.
Hadi, F. R. (2016). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 84-91.
Hayanah, I. N., Nisa, G., Safitri, S. E., Aulia, S. C., Isnaeni, W., & Ellianawati, E. (2019). Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Strategi Scaffolding pada Pembelajaran Menentukan Ide Pokok. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 142-152.
Idris, I., Sida, S. C., & Idawati, I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Indonesian Journal Of Primary Education, 3(2), 58-63.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93.
Madewana. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 184-195.
Nisa, A. R. K., & Yuliawati, F. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran PBL (Project Based Learning) terhadap Proses Pembelajaran Siswa. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 5(2), 175-182.
Riyansyah, M., Suparman, F., & Agustiani, T. (2020). Analisis Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 03 Simpenan. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 33-38.
Rokhmawati, J., Djatmika, E. T., & Wardana, L. 2016. Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Students ’ Problem Solving Skill and Self Efficacy ( A Study on Ix Class Students of SmpMuhammadiyah ). Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 6(3), 51–55.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Jaya.
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Delfira Anggraeni Ciptaning Tiyas, Qoriati Mushafanah, Husni Wakhyudin, Darsimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work