Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Khoirun Nisa PPG Prajabatan, Universitas PGRI Semarang
  • Farida Nursyahidah Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Saputra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Agus Junaidi Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di SDN Panggung Lor Semarang Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi data, teknik pengumpulan data menggunakan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh. Subjek yang diteliti yaitu seluruh peserta didik yang berjumlah 28 orang di kelas III SDN Panggung Lor. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning menjadikan peserta didik secara aktif mengikuti proses pembelajaran dan membantu peserta didik untuk berpikir secara kritis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa nilai ketuntasan yang diperoleh peserta didik dengan rata-rata 78,57% dari seluruh peserta didik yang berjumlah 28 orang yang mendapatkan nilai diatas KKM berjumlah 22 orang setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN Panggung Lor Semarang Utara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah  Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Keywords:

Problem Based Learning, Bahasa Indonesia, sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher)

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2011). Strategies and models for teachers: Teaching content and thinking skills. Pearson Higher Ed.

Farida, N. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahsa. Solo: Cakra Books.

Gumilang, G . S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Hapizah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Global Science Education Journal, 3(2), 41-45.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.

Irwan, V. P., & Mansurdin, M. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2097-2107.

Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55-65.

Novianti, A., Benti, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202.

Nugraha, B. M. S., & Wijaya, M. B. R. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Education Games Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR Materi Hand Tools Dan Power Tool. Journal of Mechanical Enginering Education, 1(1), 23–27.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Junal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13–27.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).

Sudarsana, G. N. (2017). Pengaruh Cybertherapy terhadap Pengambangan Aktulisasi Diri Remaja Kelas XI SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 20–31.

Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2), 162-165.

Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem based learning sebagai upaya peningkatan pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 15-19.

Sutirman. ( 2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230-239.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.

Downloads

Abstract Views : 2872
Downloads Count: 1481

Published

2023-06-24

How to Cite

Nisa, K., Nursyahidah, F., Saputra, H. J., & Junaidi, A. (2023). Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 948–955. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4831

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.