Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4831Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di SDN Panggung Lor Semarang Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi data, teknik pengumpulan data menggunakan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh. Subjek yang diteliti yaitu seluruh peserta didik yang berjumlah 28 orang di kelas III SDN Panggung Lor. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning menjadikan peserta didik secara aktif mengikuti proses pembelajaran dan membantu peserta didik untuk berpikir secara kritis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa nilai ketuntasan yang diperoleh peserta didik dengan rata-rata 78,57% dari seluruh peserta didik yang berjumlah 28 orang yang mendapatkan nilai diatas KKM berjumlah 22 orang setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III SDN Panggung Lor Semarang Utara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Keywords:
Problem Based Learning, Bahasa Indonesia, sekolah dasarDownloads
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher)
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2011). Strategies and models for teachers: Teaching content and thinking skills. Pearson Higher Ed.
Farida, N. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahsa. Solo: Cakra Books.
Gumilang, G . S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Hapizah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Global Science Education Journal, 3(2), 41-45.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5-11.
Irwan, V. P., & Mansurdin, M. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2097-2107.
Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55-65.
Novianti, A., Benti, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202.
Nugraha, B. M. S., & Wijaya, M. B. R. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Education Games Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR Materi Hand Tools Dan Power Tool. Journal of Mechanical Enginering Education, 1(1), 23–27.
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Junal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13–27.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).
Sudarsana, G. N. (2017). Pengaruh Cybertherapy terhadap Pengambangan Aktulisasi Diri Remaja Kelas XI SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 20–31.
Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan dalam Keluarga. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2), 162-165.
Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem based learning sebagai upaya peningkatan pemahaman konsep mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 15-19.
Sutirman. ( 2013). Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wahyuni, N. K. A., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230-239.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khoirun Nisa, Farida Nursyahidah, Henry Januar Saputra, Agus Junaidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work