Pendidikan Karakter Anak dalam Buku Cerita Anak Domba yang Nakal Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4582Abstract
Pendidikan karakter merupakan aspek penting yang harus ditanamkan dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu media untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan adalah melalui cerita rakyat. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan kebiasaan siswa yang kurang baik sehingga diperlukan upaya untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan muatan nilai karakter pada buku cerita Anak Domba yang Nakal. Buku ini diterbitkan oleh PT Cahaya Pustaka Raga yang ditulis oleh Renata Pohan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan triangulasi teknik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 32 Cakranegara dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 36 anak. Hasil penelitian ini mengungkap temuan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku cerita Anak Domba yang Nakal antara lain (1) Jujur, (2) Mandiri, (3) Demokratis, (4) Persahabatan, (5) Tolong Menolong, (6) Cinta Damai, (7) Berani, dan (8) Saling Memaafkan. Dengan temuan penelitian ini, guru dapat menanamkan nilai-nilai karakter tersebut kepada siswa melalui cerita Anak Domba yang Nakal. Pemahaman yang diberikan guru juga dapat memperkuat penanaman nilai kepada siswa sehingga menjadi individu yang berkarakter dan memiliki budi pekerti.
Keywords:
Pendidikan Karakter, Buku Cerita, Anak Domba yang NakalDownloads
References
Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1-6.
Budiman, M. (2012). Meninjau kembali hubungan antara sastra dan budi pekerti. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2).
Daniah, D. (2016). Kearifan lokal (local wisdom) sebagai basis pendidikan karakter. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 5(2).
Faiz, A., Robby, S. K. I., Purwati, P., & Fadilla, R. N. (2021). Penanaman Nilai-nilai Religius pada Orang Tua Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5853-5858.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). The Study of Design Elements On Children’s Picture Books as the Media of Communication to Character Building for Early Childhood Education. 2nd–4th May 2017 Universiti Utara Malaysia, Sintok, Malaysia, 554.
Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 39–43. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3202
Khasanah, U., Fathurohman, I. ., & Setiawan, D. . (2022). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 60–64. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611
Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).
Lailiyah, N., & Badi'ah, R. (2019). Problematika Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik di MTs Islamiyah Bulurejo Damarwulan Kepung Kediri. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam , 2 (1), 1-21.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.
Ningrum, C. H. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69-78.
Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39-54.
Sardiana, E. (2021). Analisis Nilai Karakter yang Terkandung pada Buku Fabel Anak (Doctoral dissertation, STKIP Bina Bangsa Getsempena).
Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100-110.
Sugiyono, A. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, Cet. Ke-13.
Suryaman, M. (2010). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).
Sustroyorini, E. N. (2020). Meningkatkan Minat Baca Buku Cerita Dengan Metode Kupas Rangkai Suku Kata Pada Anak Usia 3-4 Tahun: Studi Kasus PAUD Ibu Sadar Dusun Nginjen Desa Pandanpancur Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 593-602.
Suwardani, N. P. (2020). “Quo Vadis” Pendidikan Karakter: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat.
Wahyu, W. (2011). Masalah dan Usaha Membangun Karakter Bangsa. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(2), 168850.
Waryanti, E. (2015). Pembelajaran sastra berbasis karakter. Jurnal Ilmiah Buana Bastra, 2(2), 156-164.
Wulandari, R. A. (2015). Sastra dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2), 63-73.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Morina Anas Tasya, Muhammad Tahir, Dyah Indraswati, Hari Witono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work