Media Roda Putar Aksara Pada Materi Aksara Jejawan Bahasa Sasak Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5350Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media roda putar aksara (ROPUSA) berbahan dasar kayu untuk pemahaman tentang materi 18 lambang aksara jejawan bahasa sasak kelas IV SDN Prayitna Praya Kabupaten Lombok Tengah yang valid dan layak. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SDN Prayitna Praya Kabupatenh Lombok Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Prayitna Praya Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian ini yang digunkan adalah lembar angket validasi ahli media dan materi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media “ROPUSA” roda putar aksara pada materi aksara jejawan Bahasa Sasak mendapatkan 88,57% dengan kriteria sangat layak dari ahli media, presentase 85,88% dengan kriteria sangat layak dari ahli materi, dan presentase 85,84% dengan presentase sangat baik dari angket respon peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa media ROPUSA pada materi aksara jejawan sudah layak digunakan dari aspek valid dan kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran bahasa sasak kelas IV materi aksara jejawan di SDN Prayitna Praya Kabupaten Lombok Tengah.
Keywords:
Media roda putar aksara, aksara jejawan, bahasa sasakDownloads
References
Alfi, D. Z., & Bakar, M. Y. A. (2021). Studi kebijakan tentang kurikulum pengembangan Muatan Lokal. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-14.
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.
Cahyo, B. D., Anggreani, D., Juanti, D. R., Dibah, J. P., Rizky, N., Ulandia, S. B., ... & Lazuardi, L. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Kreatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 4(2), 78-83.
Dongoran, K. F., Halidjah, S., & Suparjan, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop-Up Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(12).
Fitriyah, L. A. (2022). 4.4 Tujuan dan Manfaat Media Audio-Visual. Media Pembelajaran, 36.
Halifah, S., Palintan, T. A., & Sari, P. I. (2022). Pengembangan Bahasa Melalui Media Roda Putar Pada Kelompok B PAUD Terpadu AL-Madinah Kota Parepare. Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 58-64.
Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60-71.
Jaelani, A. K., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Video dan Audio Visual Bagi Guru SD Negeri Gugus V Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah: Media Audio Visual; Perangkat; Kegiatan pembelajaran. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 279-284.
Mauludin, A. A., & Subrata, H. (2020). Pengembangan Media Ropusa (Roda Panah Putar) Untuk Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Mumtahanah, N. (2014). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 2-14.
Ningsih, N. A., & Zahriyah, Y. A. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas 4 Di Mi Tholabuddin 01 MASIN. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 52-62.
Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 479-491.
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan RnD: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran. Bumi Aksara.
Simbolon, R. (2019). Penggunaan roda pintar untuk kemampuan membaca anak. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(2), 66-71.
Sitepu, E. N. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242-248.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet
Slameto. 2003. Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sururunni’mah, S. M. (2019). Pengembangan Media Roda Putar Aksara “Ropusa” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas Iii Mi Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung (Doctoral dissertation, IAIN Tulungagung).
Widodo, A., & Sujito, S. (2017). Analisis nilai-nilai falsafah Jawa dalam buku pitutur luhur budaya Jawa karya Gunawan Sumodiningrat sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 11(2), 152-179.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Erika Oktaviani Prasetyo, Muhammad Tahir, Muhammad Sobri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work