Media Roda Putar Aksara Pada Materi Aksara Jejawan Bahasa Sasak Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Erika Oktaviani Prasetyo Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir Universitas Mataram
  • Muhammad Sobri Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5350

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media roda putar aksara (ROPUSA) berbahan dasar kayu untuk pemahaman tentang materi 18 lambang aksara jejawan bahasa sasak kelas IV SDN Prayitna Praya Kabupaten Lombok Tengah yang valid dan layak. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SDN Prayitna Praya Kabupatenh Lombok Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Prayitna Praya Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian ini yang digunkan adalah lembar angket validasi ahli media dan materi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media “ROPUSA” roda putar aksara pada materi aksara jejawan Bahasa Sasak mendapatkan 88,57% dengan kriteria sangat layak dari ahli media, presentase 85,88% dengan kriteria sangat layak dari ahli materi, dan presentase 85,84% dengan presentase sangat baik dari angket respon peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa media ROPUSA pada materi aksara jejawan sudah layak digunakan dari aspek valid dan kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran  bahasa sasak kelas IV materi aksara jejawan di SDN Prayitna Praya Kabupaten Lombok Tengah.

Keywords:

Media roda putar aksara, aksara jejawan, bahasa sasak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfi, D. Z., & Bakar, M. Y. A. (2021). Studi kebijakan tentang kurikulum pengembangan Muatan Lokal. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-14.

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.

Cahyo, B. D., Anggreani, D., Juanti, D. R., Dibah, J. P., Rizky, N., Ulandia, S. B., ... & Lazuardi, L. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Kreatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 4(2), 78-83.

Dongoran, K. F., Halidjah, S., & Suparjan, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop-Up Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(12).

Fitriyah, L. A. (2022). 4.4 Tujuan dan Manfaat Media Audio-Visual. Media Pembelajaran, 36.

Halifah, S., Palintan, T. A., & Sari, P. I. (2022). Pengembangan Bahasa Melalui Media Roda Putar Pada Kelompok B PAUD Terpadu AL-Madinah Kota Parepare. Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 58-64.

Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60-71.

Jaelani, A. K., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Video dan Audio Visual Bagi Guru SD Negeri Gugus V Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah: Media Audio Visual; Perangkat; Kegiatan pembelajaran. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 279-284.

Mauludin, A. A., & Subrata, H. (2020). Pengembangan Media Ropusa (Roda Panah Putar) Untuk Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Mumtahanah, N. (2014). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran PAI. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 2-14.

Ningsih, N. A., & Zahriyah, Y. A. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas 4 Di Mi Tholabuddin 01 MASIN. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 52-62.

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 479-491.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan RnD: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran. Bumi Aksara.

Simbolon, R. (2019). Penggunaan roda pintar untuk kemampuan membaca anak. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(2), 66-71.

Sitepu, E. N. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242-248.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet

Slameto. 2003. Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sururunni’mah, S. M. (2019). Pengembangan Media Roda Putar Aksara “Ropusa” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas Iii Mi Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung (Doctoral dissertation, IAIN Tulungagung).

Widodo, A., & Sujito, S. (2017). Analisis nilai-nilai falsafah Jawa dalam buku pitutur luhur budaya Jawa karya Gunawan Sumodiningrat sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 11(2), 152-179.

Downloads

Abstract Views : 306
Downloads Count: 242

Published

2023-08-05

How to Cite

Prasetyo, E. O., Tahir, M., & Sobri, M. (2023). Media Roda Putar Aksara Pada Materi Aksara Jejawan Bahasa Sasak Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1348–1356. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5350

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.