Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Lembuak

Authors

  • Rezki Triviananda Universitas Mataram
  • Muhammad Makki Universitas Mataram
  • Heri Hadi Saputra Universitas Mataram
  • Muhammad Syazali Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5786

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah lanskap pendidikan global dengan memaksa institusi pendidikan untuk mengadopsi strategi pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi strategi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang efektif selama pandemi, khususnya bagi guru kelas V di SD Negeri 1 Lembuak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang pengalaman dan pendekatan yang digunakan oleh guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru kelas V dan kepala sekolah SD Negeri 1 Lembuak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di kelas V SD Negeri 1 Lembuak berbeda dengan pelaksanaan pembelajaran pada kelas lainnya. Pada kelas lain, pelaksanaan pembelajaran di kelas lebih cenderung ke pelaksanaan pembelajaran dengan sistem online atau dalam jaringan saja. Adapun kelas V sendiri menerapkan dua startegi pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan dengan pendampingan belajar kegiatan guru keliling. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, hadirnya pandemi Covid-19 guru kelas V menerapkan strategi pembelajaram dalam jaringan dan luar jaringan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas V SD Negeri 1 Lembuak.

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Pembelajaran IPA, Pandemi COVID-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adesanya, A. S. ., Ogunlusi, C. F. ., Olginni, B. O., Eniayewu, A. J. ., & Olowu, E. A. . (2023). The Emerging Roles of Human Resource Managers: The Post-Covid-19 Experience in Nigeria. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(1), 44–55. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i1.468

Al Ikhlas, A. I. (2022). Efektivitas Whatsapp sebagai media Belajar Daring di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 165–171. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.155

Alaon, C. L., Delos Santos, J., & San Jose, A. (2023). Improving Speaking Communication Skills in English through Self-Directed Strategy. International Journal of Educational Innovation and Research, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31949/ijeir.v2i1.2920

Almustahar, A. (2022). Workshop Kreativitas Mengajar Sebagai Upaya Mengembangkan Keterampilan Guru SMA Negeri 3 Sukadana dalam Membuat Media Audio Visual Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(2), 58-65.

Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educatinal Science (IJES), Volume 02 No.02.

Handarini, O. I., & Wulandari, S.S. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Voll 8(3), 496-503. E-ISSN:23389621

Maharani Suradi, F., Prasetyo, T., & Rasmitadila, R. (2022). Pelayanan Belajar Bagi Anak ADHD Selama Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Inklusif . Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.56916/bip.v1i1.213

Munir, (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Permendikbud. Surat Edaran No. 4 Tahun 2020. Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Pusparini, G. A. ., Pamujo, P., & Wijayanti, O. (2022). The Role of Parents in Guiding Children’s Learning Activities at Home. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 1(1), 18–26. https://doi.org/10.56916/jirpe.v1i1.30

Sari, Novita. 2020. Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daring Masa Pandemic Covid-19 di MIN 3 Medan. Medan: UIN Sumatera. Jurnal of Education and Teaching Learning (JETL) Vol 2(3) : 44-57.

Sofyan & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Hal. 81-86

Sunendar, Dadang, dkk. (Tim Penyusun KBBI Edisi Kelima). (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Yaqien, N. (2008). Esensialitas Home Visit dalam Pendidikan. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(1).

Downloads

Abstract Views : 383
Downloads Count: 178

Published

2023-10-23

How to Cite

Triviananda, R., Makki, M., Saputra, H. H., & Syazali, M. (2023). Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Lembuak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1940–1946. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5786

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.