Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Lembuak
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5786Abstract
Pandemi COVID-19 telah mengubah lanskap pendidikan global dengan memaksa institusi pendidikan untuk mengadopsi strategi pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi strategi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang efektif selama pandemi, khususnya bagi guru kelas V di SD Negeri 1 Lembuak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang pengalaman dan pendekatan yang digunakan oleh guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru kelas V dan kepala sekolah SD Negeri 1 Lembuak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di kelas V SD Negeri 1 Lembuak berbeda dengan pelaksanaan pembelajaran pada kelas lainnya. Pada kelas lain, pelaksanaan pembelajaran di kelas lebih cenderung ke pelaksanaan pembelajaran dengan sistem online atau dalam jaringan saja. Adapun kelas V sendiri menerapkan dua startegi pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan dengan pendampingan belajar kegiatan guru keliling. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, hadirnya pandemi Covid-19 guru kelas V menerapkan strategi pembelajaram dalam jaringan dan luar jaringan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas V SD Negeri 1 Lembuak.
Keywords:
Strategi Pembelajaran, Pembelajaran IPA, Pandemi COVID-19Downloads
References
Adesanya, A. S. ., Ogunlusi, C. F. ., Olginni, B. O., Eniayewu, A. J. ., & Olowu, E. A. . (2023). The Emerging Roles of Human Resource Managers: The Post-Covid-19 Experience in Nigeria. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(1), 44–55. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i1.468
Al Ikhlas, A. I. (2022). Efektivitas Whatsapp sebagai media Belajar Daring di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 165–171. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.155
Alaon, C. L., Delos Santos, J., & San Jose, A. (2023). Improving Speaking Communication Skills in English through Self-Directed Strategy. International Journal of Educational Innovation and Research, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31949/ijeir.v2i1.2920
Almustahar, A. (2022). Workshop Kreativitas Mengajar Sebagai Upaya Mengembangkan Keterampilan Guru SMA Negeri 3 Sukadana dalam Membuat Media Audio Visual Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(2), 58-65.
Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educatinal Science (IJES), Volume 02 No.02.
Handarini, O. I., & Wulandari, S.S. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Voll 8(3), 496-503. E-ISSN:23389621
Maharani Suradi, F., Prasetyo, T., & Rasmitadila, R. (2022). Pelayanan Belajar Bagi Anak ADHD Selama Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Inklusif . Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.56916/bip.v1i1.213
Munir, (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Permendikbud. Surat Edaran No. 4 Tahun 2020. Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
Pusparini, G. A. ., Pamujo, P., & Wijayanti, O. (2022). The Role of Parents in Guiding Children’s Learning Activities at Home. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 1(1), 18–26. https://doi.org/10.56916/jirpe.v1i1.30
Sari, Novita. 2020. Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Daring Masa Pandemic Covid-19 di MIN 3 Medan. Medan: UIN Sumatera. Jurnal of Education and Teaching Learning (JETL) Vol 2(3) : 44-57.
Sofyan & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomor 1, Hal. 81-86
Sunendar, Dadang, dkk. (Tim Penyusun KBBI Edisi Kelima). (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Yaqien, N. (2008). Esensialitas Home Visit dalam Pendidikan. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rezki Triviananda, Muhammad Makki, Heri Hadi Saputra, Muhammad Syazali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work