Pengembangan Media PIRAMASE (Piramida Makanan Sehat) bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5108Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa piramida makanan sehat (PIRAMASE) pada muatan mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) bagi siswa kelas III di SD Negeri I Lembah Sari. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis research and development (R & D) dengan menggunakan pendekatan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri I Lembah Sari, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yang diperoleh yaitu data deskripsi berdasarkan kualitas objek yang diteliti yang berupa saran dari para ahli dan lain-lain. Sedangkan data kuantitatif yaitu data yang berupa angka yang menunjukkan kepada presentasi keberhasilan dari produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media PIRAMASE dengan spesifikasi produk diantaranya: 1) piramida yang trebagi menjadi 4 (empat) sekat dengan bahan utama kayu bajur dilengkapi dengan gambar jenis makanan yang dicetak pada kertas foto; (2) media PIRAMASE dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dan video yang berisi penjelasan tentang makanan sehat yang dapat diakses dengan menggunakan quick response code. Media PIRAMASE masuk dalam kategori sangat layak digunakan untuk media pembelajaran. kesimpulan dari penelitian ini adalah media PIRAMASE dapat meningkatkan pemahaman tentang materi makanan sehat yang sekaligus dapat berguna sebagai alat pendidikan gizi yang sederhana, murah, cukup jelas dan mudah diterapkan.
Keywords:
pengembangan, piramida, makananDownloads
References
Adawiyah, E. R., Kurniati, E., & Romadona, N. F. (2017). Efektivitas Pendidikan Gizi Melalui Media Video dalam Meningkatkan Pengetahuan Gizi Anak Usia Dini. Edusentris, J Ilmu Pendidik dan Pengajaran, 4(1), 46-58.
Ahmed, M. H., Vasas, D., Hassan, A., & Molnár, J. (2022). The impact of functional food in prevention of malnutrition. PharmaNutrition, 100288.
Bourre, J. M. (2006). Effects of nutrients (in food) on the structure and function of the nervous system: update on dietary requirements for brain. Part 1: micronutrients. Journal of nutrition health and aging, 10(5), 377.
de Araújo Morais, A. H., de Souza Aquino, J., da Silva-Maia, J. K., de Lima Vale, S. H., Maciel, B. L. L., & Passos, T. S. (2021). Nutritional status, diet and viral respiratory infections: perspectives for severe acute respiratory syndrome coronavirus 2. British Journal of Nutrition, 125(8), 851-862.
De Onis, M., & Branca, F. (2016). Childhood stunting: a global perspective. Maternal & child nutrition, 12, 12-26.
Devlin, K. (2012). Stunting limits learning and future earnings of children. World J, 40, 26.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Foolchand, A., Ghazi, T., & Chuturgoon, A. A. (2022). Malnutrition and dietary habits alter the immune system which may consequently influence SARS-CoV-2 virulence: a review. International Journal of Molecular Sciences, 23(5), 2654.
Guerrant, R. L., Oriá, R. B., Moore, S. R., Oriá, M. O., & Lima, A. A. (2008). Malnutrition as an enteric infectious disease with long-term effects on child development. Nutrition reviews, 66(9), 487-505.
Hamida, K., & Zulaekah, S. (2012). Penyuluhan Gizi Dengan Media Komik Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Keamanan Makanan Jajanan. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 67-73.
RI, K. (2019). Buku Panduan untuk Siswa: Aksi bergizi, hidup sehat sejak sekarang untuk remaja kekinian. Jakarta: Kementerian Kesehatan.
McGovern, M. E., Krishna, A., Aguayo, V. M., & Subramanian, S. V. (2017). A review of the evidence linking child stunting to economic outcomes. International journal of epidemiology, 46(4), 1171-1191.
Megowan-Romanowicz, C. (2010). The modeling method of instruction in physics: How to do it. In Proceedings of the 2010 Chinese Association of Physics Education and Research Conference. Beijing, China.
Molenda, Michael. "In search of the elusive ADDIE model." Performance improvement 54, no. 2 (2015): 40-42.
Mwene-Batu, P., Bisimwa, G., Baguma, M., Chabwine, J., Bapolisi, A., Chimanuka, C., ... & Donnen, P. (2020). Long-term effects of severe acute malnutrition during childhood on adult cognitive, academic and behavioural development in African fragile countries: The Lwiro cohort study in Democratic Republic of the Congo. PLoS One, 15(12), e0244486.
Prado, E. L., & Dewey, K. G. (2014). Nutrition and brain development in early life. Nutrition reviews, 72(4), 267-284.
Rahmy, H. A., Prativa, N., Andrianus, R., & Shalma, M. P. (2020). Edukasi Gizi Pedoman Gizi Seimbang Dan Isi Piringku Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 06 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 3(2).
Rasagama, I. G. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Getaran Berbasis Video YouTube untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Politeknik. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 91-101. https://doi.org/10.26714/jps.8.2.2020.91101
Reppi, B., Kapantow, N. H., & Punuh, M. I. (2015). Hubungan Antara Asupan Energi dengan Status Gizi Siswi SMA Negeri 4 Manado. Jurnal KESMAS Universitas Sam Ratulangi, 3(1).
Riskesdas NTB, R. (2018). Laporan RISKESDAS NTB 2018. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8).
Rytter, M. J. H., Kolte, L., Briend, A., Friis, H., & Christensen, V. B. (2014). The immune system in children with malnutrition—a systematic review. PloS one, 9(8), e105017.
Salsabila, S. T., Rahmat, M., Suprihartono, F. A., Gumilar, M., Ni'mah, E. S., & Jannah, E. W. (2019). Edukasi dengan media video animasi dan powerpoint meningkatkan pengetahuan dan asupan konsumsi sayur dan buah. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(1), 183-190.
Sari, D. I. K. (2021). Pengembangan Piramida Konversi untuk Kelas III SD Negeri 1 Gatak. Basic Education, 10(4), 371-391.
Shonkoff, J. P., Boyce, W. T., & McEwen, B. S. (2009). Neuroscience, molecular biology, and the childhood roots of health disparities: building a new framework for health promotion and disease prevention. Jama, 301(21), 2252-2259.
Silalahi, V., Putri, R. M., & Ariani, N. L. (2018). Peranan Pendidikan gizi pada guru dalam meningkatkan asupan sayur dan buah anak sekolah. J. Ilm. Ilmu Kesehat, 6, 253-266.
Soliman, A., De Sanctis, V., Alaaraj, N., Ahmed, S., Alyafei, F., Hamed, N., & Soliman, N. (2021). Early and long-term consequences of nutritional stunting: from childhood to adulthood. Acta Bio Medica: Atenei Parmensis, 92(1).
Sortrakul, T., & Denphaisarn, N. (2009, December). The evolution of instructional system design model. In The sixth international conference on elearning for knowledge-based society (pp. 17-18).
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R &D . Bandung: CV. Alfabeta.
Sumantri, A. A. P., & Kurniasari, R. (2022). Literature Review: Efektivitas Penggunaan Media Edukasi Gizi terhadap Pengetahuan dan Sikap pada Siswa Sekolah Dasar Tentang Gizi Seimbang. JURNAL GIZI DAN KESEHATAN, 14(2), 216-223. https://jurnalgizi.unw.ac.id/index.php/JGK/article/view/232 (Accessed: 31 May 2023).
Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).
Wardyaningrum, D. (2014). Pola komunikasi keluarga dalam menentukan konsumsi nutrisi bagi anggota keluarga. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(3), 289-298.
Wiradnyani, L. A. A., & Dkk. (2019). Gizi dan Kesehatan Anak Usia Sekolah Dasar SEAMEO RECFON Kemendikbud RI 1. Kemendikbud RI, 1–134. http://rumahbelajar.id/Media/Dokumen/5cc8412eb646044330d686bc/eb82 46e2ec1d0ff5334bd3b0159adbd2.pdf
World Health Organization. Peneumonia. 2021. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/malnutrition. Diakses pada 12 September 2022.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wahida Nursoba, Prayogi Dwina Angga, Muhammad Tahir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work