Media Card Short Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Rosalita Yulianti Universitas Mataram
  • Muhammad Makki Universitas Mataram
  • Nurwahidah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12813

Abstract

Kemampuan membaca permulaan merupakan keterampilan dasar yang penting bagi perkembangan akademik siswa sekolah dasar. Observasi di sekolah menunjukkan bahwa banyak peserta didik kelas II memiliki  kesulitan dalam membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Card Short terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik. Metode penelitian kuantitatif dengan model pre-experimental design One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 31 peserta didik yang dipilih melalui teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes membaca (pre-test dan post-test), observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah penerapan Media Card Short. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan Media Card Short. Uji effect size sebesar 0,799 menunjukkan pengaruh dalam kategori sedang. Dengan demikian, Media Card Short berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik.

Keywords:

Media Card Short, membaca permulaan, sekolah dasar, pembelajaran interaktif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori, A. (2020). Peningkatan literasi membaca melalui media interaktif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bawanti, P. K., & Rahman, S. A. (2019). Pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap keterampilan membaca peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 45–52.

Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.

Hewi, L., Putra, A. P., & Wahyuni, D. (2020). Evaluasi kemampuan literasi membaca peserta didik sekolah dasar berdasarkan data PISA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 112–125.

Irdawati, & Darmawan, A. (2018). Strategi meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 23–34.

Magdalena, N. (2023). Pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar: Tantangan dan solusi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 98–113.

Masgumelar, M., & Mustaf, M. (2021). Pembelajaran bahasa anak usia dini berbasis pendekatan komunikatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muzakki, M., et al. (2021). Inovasi Metode Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 66-80.

Pranata, R. (2017). Dasar-Dasar Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Erlangga.

Silberman, M. (2014). Active learning: 101 strategies to teach any subject. Journal Pearson Education.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sujarwo. (2016). Peran Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(3), 65–78.

Syatauw, R. (2020). Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 77–89.

Piaget, J. (1972). The psychology of the child. Basic Books

Pranata Joni. 2017. Peningkatan ketrampilan membaca permulaan kata melalui media card short. Skripsi Universitas Muhammadiyah Magelang.

Putri, A., & Putra, B. (2019). Efektivitas metode fonetik dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik SD. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 22-38.

Tanjong, M., Wahyuni, R., & Faisal, M. (2020). Pengaruh media pembelajaran berbasis kartu terhadap kemampuan membaca peserta didik sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(1), 34–50.

Trianto. (2019). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

UNESCO. (2019). Global education monitoring report: Literacy rates worldwide. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Downloads

Abstract Views : 87
Downloads Count: 20

Published

2025-03-18

How to Cite

Yulianti, R., Makki, M., & Nurwahidah, N. (2025). Media Card Short Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12813

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.