Media Card Short Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12813Abstract
Kemampuan membaca permulaan merupakan keterampilan dasar yang penting bagi perkembangan akademik siswa sekolah dasar. Observasi di sekolah menunjukkan bahwa banyak peserta didik kelas II memiliki kesulitan dalam membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Card Short terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik. Metode penelitian kuantitatif dengan model pre-experimental design One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 31 peserta didik yang dipilih melalui teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes membaca (pre-test dan post-test), observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca permulaan peserta didik setelah penerapan Media Card Short. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan Media Card Short. Uji effect size sebesar 0,799 menunjukkan pengaruh dalam kategori sedang. Dengan demikian, Media Card Short berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik.
Keywords:
Media Card Short, membaca permulaan, sekolah dasar, pembelajaran interaktifDownloads
References
Ansori, A. (2020). Peningkatan literasi membaca melalui media interaktif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bawanti, P. K., & Rahman, S. A. (2019). Pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap keterampilan membaca peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 45–52.
Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.
Hewi, L., Putra, A. P., & Wahyuni, D. (2020). Evaluasi kemampuan literasi membaca peserta didik sekolah dasar berdasarkan data PISA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 112–125.
Irdawati, & Darmawan, A. (2018). Strategi meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 23–34.
Magdalena, N. (2023). Pembelajaran membaca permulaan di sekolah dasar: Tantangan dan solusi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 98–113.
Masgumelar, M., & Mustaf, M. (2021). Pembelajaran bahasa anak usia dini berbasis pendekatan komunikatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muzakki, M., et al. (2021). Inovasi Metode Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 66-80.
Pranata, R. (2017). Dasar-Dasar Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Erlangga.
Silberman, M. (2014). Active learning: 101 strategies to teach any subject. Journal Pearson Education.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sujarwo. (2016). Peran Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(3), 65–78.
Syatauw, R. (2020). Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 77–89.
Piaget, J. (1972). The psychology of the child. Basic Books
Pranata Joni. 2017. Peningkatan ketrampilan membaca permulaan kata melalui media card short. Skripsi Universitas Muhammadiyah Magelang.
Putri, A., & Putra, B. (2019). Efektivitas metode fonetik dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik SD. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 22-38.
Tanjong, M., Wahyuni, R., & Faisal, M. (2020). Pengaruh media pembelajaran berbasis kartu terhadap kemampuan membaca peserta didik sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(1), 34–50.
Trianto. (2019). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
UNESCO. (2019). Global education monitoring report: Literacy rates worldwide. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rosalita Yulianti, Muhammad Makki, Nurwahidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work