Bahan Ajar Elektronik Flipbook pada Materi Kegiatan Ekonomi untuk siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5300Abstract
Bahan ajar merupakan komponen penting dalam pembelajaran. Namun banyak guru yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan bahan ajar yang layak untuk siswa, sehingga bahan ajar yang digunakan hanya mengandalkan dari buku yang tersedia di sekolah Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektronik flipbook yang layak dalam proses pembelajaran dan mengetahui cara penggunaan bahan ajar elektronik flipbook materi kegiatan ekonomi kelas IV Sekolah Dasar. Keterbaharuan penelitian ini adalah menggunakan desain atau tampilan background yang lebih berwarna serta dilengkapi dengan berbagai jenis media yaitu teks, gambar, serta video animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil validasi kelayakan oleh ahli media mendapat rerata presentase sebesar 82,8% kategori layak dan hasil validasi kelayakan oleh ahli materi terhadap bahan ajar yang dikembangkan memperoleh rerata presentase 86,4% sangat layak. Uji coba kepraktisan dilakukan oleh guru dan peserta didik kelas IVA SDN 48 Cakranegara menunjukkan bahwa bahan ajar elektronik yang dikembangkan praktis dan mudah digunakan dibuktikan dengan masing-masing skor rerata presentase yaitu 90,3% dan 88,9% . Berdasarkan hasil uji validasi kelayakan dan uji coba kepraktisan dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar elektronik flipbook materi kegiatan ekonomi pada kelas IV SD dinyatakan layak dan praktis digunakan.
Keywords:
Bahan Ajar, Buku Elektronik, Flipbook, IPSDownloads
References
Agustin, E. C., Dwi Kusumajanto, D., Dian Wahyudi, H., & Hidayat, R. (2021). Pengembangan E-modul berbantuan aplikasi Flip Builder pada mata pelajaran marketing (studi pada kelas X bisnis daring dan pemasaran SMKN 1 Turen). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(2), 163–171. https://doi.org/10.17977/um066v1i22021p163-171
Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam Kurikulum 2013 (The Role of Teacher in Curricullum 2013). Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4 (1), 65–74. http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/03/09221196/
Alwi, Z., Ernalida, E., & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Dan Saintifik. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(1), 10–21. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2312
Divan, S. (2018). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal untuk siswa kelas iv sekolah dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 101–114.
Fatmawati, B. A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Saintifik. Prosiding Seminar Dan …, 2(2), 232–239. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/9935
Firmansyah, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Quizziz Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Al-Ishlah Sidowayah Pasuruan. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Hermalina. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantu Aplikasi Kvisoft Maker Materi Zakat Dalam Pembelajaran PAI Kelas X Di SMAN 2 Rambatan. Skripsi: IAIN Batusangkar.
Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Analysis Of Needs Development Material Learning Program Introductory Profession Of Biological Teacher In Biolog. 7, 96–99.
Jannah, M. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 124–134. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23440
Magdalena, I., Kurniawati, A., & Pertiwi, D. (2020). Mengembangkan Bahan Instruksional Melalui Model-Model Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Jati Mulya 2. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 458–472.
Muallifah, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Muatan Ips Siswa Kelas V Sdn 1 Wulung Blora. Skripsi: Unnes.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Prasetyo, D. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Gaya Menggunakan Aplikasi Flip PDF Professional Di Sekolah Dasar. In FKIP. Universitas Jambi.
Putra, A., Istiningsih, S., & Dewi, N. K. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Muatan IPS. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 121–127. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1719
Rahayu, S., & Mertha, I. G. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Micro Teaching Untuk Melatih Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 232–238. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.418
Rahman, S. . (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Dengan Menggunakan Software Flip PDF Profesional Pada Materi Bentuk Aljabar. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research adn Development). Alfabeta.
Suhendrianto. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. Universitas Islam Negeri Malang Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sukmadinata. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Susanti, E. D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37–46.
Winarto, W. (2020). Pengembvangan Bahan Ajar Gamifikasi Berbasis Contextual Tecahing Learning (CTL) Berbantu Android Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Statistika Di MTs Ma’arif 1 Punggur. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Metro.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aulia Usman, Nurul Kemala Dewi, Dyah Indraswati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work