Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tiga Matahari Karya Prito Windiarto

  • Mila Karmila Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ferina Meliasanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutri Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Novel;, Nilai pendidikan karakter

Abstract

Akhir-akhir ini banyak sekali kasus-kasus yang ditemukan di lingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah yang menyebabkan turunnya adab anak bangsa diantaranya perilaku kurang sopan, bahasa yang tidak baik, pemerkosaan di bawah umur, pelecehan seksual, penggunaan obat-obatan terlarang merokok, pertikaian antar kelompok dan runtuhnya nilai cinta tanah air. Dalam novel Tiga Matahari karya Prito Windiarto banyak sekali nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat dijadikan pedoman hidup baik untuk siswa, ataupun khalayak umum (pembaca). Maka dari itu, penting untuk diadakannya penelitian terhadap novel tersebut. Dengan demikian, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Tiga Matahari karya Prito Windiarto. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif analisis dibantu dengan pendekatan pragmatik sastra. Pendekatan pragmatik merupakan pendekatan yang melihat berbagai peran pembaca sebagai pemberi makna. Penelitian ini berfokus pada nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Tiga Matahari karya Prito Windiarto dengan menggunakan teori Kemendiknas. Subjek penelitian yang digunakan adalah novel Tiga Matahari karya Prito Windiarto yang diterbitkan oleh Sabil pada tahun 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Tiga Matahari meliputi: (1) religius; (2) disiplin; (3) mandiri; (4) rasa ingin tahu; (5) menghargai prestasi; (6) bersahabat/komuninkatif; (7) cinta damai; (8) gemar membaca; (9) peduli lingkungan; (10) peduli sosial; dan (11) tanggung jawab. Dengan demikian, novel Tiga Matahari karya Prito Windiarto dapat memberikan nilai kebaikan yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang bisa dijadikan pedoman atau pembelajaran oleh siswa ataupun pembaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Al-Ma’ruf, Ali Imron. Dkk. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.
Lizawati. (2016). Pendidikan Karakter Tokoh Wanita dalam Novel Layar Terkembang Karya Sultan Takdir Alisjahbana. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5 (1), 116-127.
Nurgiyantoro, Burhan. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sahlan, Asmaun dan Prastyo, Angga Teguh. (2014). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sulastri, Saptiana dan Alimin, Al Ashadi. (2017). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras dalam Novel 2 karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6 (2), 156-168.
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Warsiman. (2016). Membumikan Pembelajaran Sastra Yang Humanis. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Warsiman. (2017). Pengantar Pembelajaran Sastra Sajian dan Kajian Hasil Riset. Malang: UB Press.
Windiarto, Prito. (2011). Tiga Matahari. Jogjakarta: Sabil.
Wiyatmi. (2009). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: PUSTAKA BOOK PUBLISHER.
Yahya, Slamet. (2018). Pendidikan Karakter (Berbasis Ideologi). Yogyakarta: CV HIKAM MEDIA UTAMA.
Yusuf, A Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA.
Published
2021-12-19
How to Cite
Karmila, M., Meliasanti, F., & Sutri. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tiga Matahari Karya Prito Windiarto. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2067 -2075. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1731