Nilai-nilai Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat Lutung Kasarung
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4397Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai kearifan lokal dan pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Lutung Kasarung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui studi pustaka dan wawancara dengan narasumber yang kompeten dalam bidang cerita rakyat dan pendidikan karakter. Analisis dilakukan secara tematik dengan mengidentifikasi dan memahami nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita Lutung Kasarung mengandung nilai-nilai kearifan lokal seperti keadilan, kebenaran, ketabahan, keberanian, empati, kebaikan hati, tanggung jawab, dan pengabdian. Selain itu, cerita ini juga dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran karakter yang efektif dalam konteks pendidikan. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan untuk mengembangkan pendekatan pembelajaran karakter yang berbasis cerita rakyat dalam upaya memperkuat kearifan lokal dan pendidikan karakter dalam masyarakat.
Keywords:
kearifan lokal, pendidikan karakter, cerita rakyat, Lutung KasarungDownloads
References
Amelia, D. J., & Sapriani, E. (2022). Analisis Buku Dongeng Tradisional Jawa Berbasis Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 536–543.
Haq, M. Z., Aprianti, P., & Djunatan, S. (2023). Eksistensi Perempuan Sunda Berdasarkan Dimensi Sunan Ambu dalam Epos Lutung Kasarung. Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama, 6(1), 13–24.
Isnendes, R. (2023). Material artifacts of Sundanese looms with hypogram on the figure of Nyai Pohaci in carita pantun Lutung Kasarung. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 12(3).
Karsiwan, K., Retnosari, L., Lisdiana, A., & Hamer, W. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Lampung. SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education, 4(1), 39–52. https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i1.6612
Kejora, M. T. B., Sittika, A. J., & Syahid, A. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Humanistik Melalui Kearifan Lokal dan Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Panti Asuhan. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 111–123.
Khasanah, U., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 60–64. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611
Kusmana, S., & Nurzaman, B. (2021). Bahan Ajar Cerita Rakyat sebagai Perancah Pendidikan Karakter (Folklore Teaching Materials as a Character Education Scaffold). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 351–362. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.8778
Lestari, O., Hudaidah, H., & others. (2023). Potensi wisata religi makam Ki Marogan sebagai upaya pelestarian kearifan lokal di kota Palembang. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(1), 167–176. https://doi.org/10.22219/satwika.v7i1.25265
Lestari, P. I., & Prima, E. (2023). Pengaruh Metode Storytelling Berbasis Kearifan Lokal Bali terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1295–1301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3012
Masruroh, M., Pambudi, M. R., Aris, A. P., Ninasafitri, N., & Permana, A. P. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sd Melalui Kearifan Lokal. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 52–57. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4089
Permana, F., Dermawi, R., & Izzaty, S. (2021). Development of Augmented Reality for Children Book Lutung Kasarung. Journal of Development Research, 5(2), 115–118.
Prastiwi, K., Sudigdo, A. S., & others. (2022a). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Dongeng Dan Cerita Rakyat Untuk Siswa Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2), 1398–1401.
Prastiwi, K., Sudigdo, A. S., & others. (2022b). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Dongeng Dan Cerita Rakyat Untuk Siswa Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2), 1398–1401.
Purnamalon, M. P., Sabrib, I., & Abdullah, A. (2023). Ritual Pange Manuk Sebagai Dasar Pendidikan Karakter di Suku Walan. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 203–209.
Puspita, N. W., Koswara, D., & others. (2022). Structure and Motifs in Sundanese Pantun Lutung Kasarung. Sixth International Conference on Language, Literature, Culture, and Education (ICOLLITE 2022), 363–368.
Rahman, H., Purwanto, W. E., Annisa, Z. N., & Rakhmadiena, N. K. (2022). Representasi Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan Pada Cerita Rakyat Papua. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 51–59.
Rejo, U., Rahayu, I. K., & Kharisma, G. I. (2022). Revitalisasi Cerita Rakyat Masyarakat Timor Sebagai Penguatan Nilai Pendidikan Karakter Pada Era Tatanan Kehidupan Baru. Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 35–47.
Rogahang, H. J., Massang, B., & Yuniati, E. (2022). Penanaman Nilai Pendidikan Karakter dari Cerita Rakyat Minahasa melalui Pembiasaan Perilaku Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6951–6960.
Rozy, M. I. A., Rusyana, Y., & Ristiani, I. (2022). Etnopedagogi dan Pendidikan Karakter dalam Cerita “Raden Aria Cikondang.” Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 5(1), 42–50.
Silaban, C. M. S., & Hadi, W. (2022). Perbandingan Cerita Rakyat Si Tagandera (Pakpak) Dengan Lutung Kasarung (Sunda): Kajian Sastra Bandingan. Jurnal Sasindo (Program Studi Sastra Indonesia FBS UNIMED), 11(1).
Suttrisno, S., & Rofi’ah, F. Z. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17480
Syamsijulianto, T., Rahman, R., Sari, M. Z., Ratumanan, S. D., & Solehun, S. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Masyarakat Melayu Perbatasan Pada Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 39–51. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4848
Zulkarnaen, M. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Era Milenial. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 4(1), 1–11.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ima Siti Rahmawati, Deden Sutrisna, Risma Khairun Nisya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work