Hubungan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pada Usia 11-12 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.833Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak usia 11-12 tahun rt 02/ rw 06 di Desa Pecangaan Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional dengan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi product moment variabel pola asuh dengan variabel kecerdasan emosional mendapatkan hasil sebesar 0,963. Hasil tersebut menunjukkan angka positif, nilai koefisien korelasi (r) termasuk dalam kategori sangat kuat berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak.
Keywords:
Pola Asuh, Kecerdasan EmosionalDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work