Hubungan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pada Usia 11-12 Tahun

Authors

  • Khoirun Nisa Universitas Muria Kudus
  • Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.833

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak usia 11-12 tahun rt 02/ rw 06 di Desa Pecangaan Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional dengan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi product moment variabel pola asuh dengan variabel kecerdasan emosional mendapatkan hasil sebesar 0,963. Hasil tersebut menunjukkan angka positif, nilai koefisien korelasi (r) termasuk dalam kategori sangat kuat berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak.

Keywords:

Pola Asuh, Kecerdasan Emosional

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1491
Downloads Count: 1679

Published

2021-03-01

How to Cite

Nisa, K., Fakhriyah, F. ., & Masfuah, S. (2021). Hubungan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pada Usia 11-12 Tahun . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 55–63. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.833

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.