Hubungan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pada Usia 11-12 Tahun

Authors

  • Khoirun Nisa Universitas Muria Kudus
  • Fina Fakhriyah Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.833

Keywords:

Pola Asuh, Kecerdasan Emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak usia 11-12 tahun rt 02/ rw 06 di Desa Pecangaan Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional dengan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi product moment variabel pola asuh dengan variabel kecerdasan emosional mendapatkan hasil sebesar 0,963. Hasil tersebut menunjukkan angka positif, nilai koefisien korelasi (r) termasuk dalam kategori sangat kuat berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Nisa, K., Fakhriyah, F. ., & Masfuah, S. (2021). Hubungan Pola Asuh Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pada Usia 11-12 Tahun . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 55–63. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.833

Most read articles by the same author(s)