UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING

  • Dervina Simamora Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Anton sitepu Universitas Katolik Santo Thomas
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas
Keywords: Hasil Belajar, Model Double Loop Problem Solving

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 030441 Pamah. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku pembelajaran 2 dan pembelajaran 4 di kelas IV SD Negeri 030441 Pamah Tahun Pembelajaran 2020/2021. Hasil penelitian siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak sebanyak 19 orang siswa atau 53% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 17 orang siswa atau 47% dengan nilai rata-rata 68,02. Pada siklus II yaitu siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak sebanyak 31 orang siswa atau 86% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang siswa atau 14% dengan nilai rata-rata 82,34. Peningkatan hasil belajar tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II. Tindakan diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan, dengan demikian diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem solving hasil belajar siswa terjadi peningkatan pada tema Indahnya Kebersamaan di kelas IV SD Negeri 030441 Pamah.

Published
2020-11-27
How to Cite
Simamora, D., sitepu, A., & Silaban, P. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 288-293. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.447
Section
Articles