Meningkatkan Membaca Pemahaman Melalui Media Kartu Paragraf Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5236Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik serta mendeskripsikan proses pembelajaran melalui media kartu paragraf di Sekolah Dasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Pameungpeuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri 1 Pameungpeuk, kemampuan membaca pemahaman khususnya pada materi menemukan ide pokok paragraf, sebagian besar peserta didik masih belum memperhatikan saat belajar, peserta didik masih belum mengerti. Serta dengan penambahan adanya media pembelajaran. Dan setelah dilakukannya penelitian pembelajaran peserta didik dengan upaya peningkatan membaca pemahaman melalui media kartu pargraf. Hal ini terbuikti adanya hasil peningkatan belajar peserta didik dengan rata-rata nilai sudah mencapai KKM. Peserta didik juga lebih aktif dalam pelaksanaan pembelajaran ketika menggunakan media di banding sebelum menggunakan media.. Hal ini dilihat rauta-rata nilai yang di capai peserta didik untuk setiap siklusnya, pada siklus 1 nilai rata-ratanya 67,6 termasuk pada kriteria cukup, pada siklus II nilai rata-rata 71,2 menunjukan pada kriteria baik, di siklus II ini menunjukan peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media kartu paragraf dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa di sekolah dasar.
Keywords:
Membaca Pemahaman, ide pokok, kartu paragrafDownloads
References
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336–2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836.
Dasmana, A. J. (2021). Kinerja Guru Dalam Menciptakan Inovasi Pembelajaran. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 23-32.
Dhuha, N. (2022). Penerapan Teknik Skimming Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar Vi Di Slb Negeri 1 Gowa. Skripsi. Universitas Neberi Makasar.
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572.
Fatih, M. (2020). A Peningkatan Membaca Pemahaman Melalui Implemantasi Model Talking Stick dan Media Talking Card untuk Siswa Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar| Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(3), 506-514.
Fatimah, D. N. (2019). Pengaruh Media Kartu Kalimat Terhadap Literasi Membaca Pemahaman Di Kelas Rendah. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 153-161.
Hakim, M. N. (2021). Studi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 77–87. https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112
Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278.
Mahardhika, D. B., Surya, T., Sihab, A., Padilah, N., Aji, K., Qoyyum, A. M., ... & Dhifah, M. A. (2023). Minat Berwirausaha Bidang Olahraga Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Angkatan 2019. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 1626-1632.
Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar. Jurnal Pesona Dasar, 5(2).
Mayasari, I. (2019). Pengaruh Strategi Membaca KWL (Know-Want To Know-Learned) Melalui Media Kartu Gambar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869.
Mustajab, A., Rahmawati, P., Selestin, Y. D., & Widya, A. F. (2021). Perbedaan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Model Pembelajaran PQ4R Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 194–202. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.99.
Ningsih, D. W. (2019). Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran Di Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Nurunnajah Lawatan Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal (Doctoral dissertation, IAIN).
Nirmala, S. D. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Se-Gugus 2 Purwasari dalam Membaca Pemahaman Melalui Model Fives dan Model Guided Reading. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3889.
Nurfadhillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis media poster pada materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Nusantara, 3(1), 117-134.
Pandeas, Y. S., Lyesmaya, D., & Amalia, A. R. (2020). Penerapan metode SQ3R berbasis daring untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 29-38.
Puspita, R. D., & Rahman. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Berbantuan Pembelajaran Tematik Terpadu Bernuansa Model Interactive-Compensatory. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 198. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.557.
Putri, R. T. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Di Sekolah Dasar (Analisis Deskritif Kualitatif Penelitian Studi Literatur) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (CIRC). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406.
Rillah, G. R., Lyesmaya, D., & Amalia, A. R. (2022). Analisis Karakter Cinta Tanah Air Pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 (Peristiwa Dalam Kehidupan). Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 14-22.
Rokhima, R., Khotijah, S., & Sumartiningsih, I. (2019). Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Materi Pengenalan Angka dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 48-57.
Satriawan, R., Basri, I., & Abdurrahman, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 160. https://doi.org/10.24036/108277-019883
Suprihartini. et.al.(2023). Pengertian Metode Penelitian. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Spss Untuk Statistik Dasar Penelitian Bagi Mahasiswa Sekota Pontianak. Jurnal Kapuas 5 (1). 36-37.
Subekti. (2019). Pengertian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Evaluasi Kemampuan Guru Dalam Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Tesis Universitas Negeri Semarang. 43-44.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Taufik, T. (2020). Strategi AMBT untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Namlea Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 5(2), 53–62. https://doi.org/10.35326/pencerah.v5i2.528.
Trianingsih, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Sistem Tata Surya Melalui Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 43-53.
Wijayanti, A., & Rahmawati, A. D. (2019). Media Kartu “Hipat” Sebagai Inovasi Pembelajaran Paud di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tumbuhkembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 6(2), 122-129.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lilis Lisnawati , Arsyi Rizqia Amalia, Dyah Lyesmaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work