Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantu Cerdas Cermat Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6021Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together Berbantu Cerdas Cermat, model pembelajaran Numbered Head Together, dan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eskperimental dengan desain penelitian Control Group Pretest and Post-test Design, dimana terdapat dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Huda sebanyak 128 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 94 siswa yang terbagi ke dalam tiga kelas yaitu kelas VII B, kelas VII C, dan kelas VII D. Instrumen tes ini berupa instrumen tes, lembar observasi, dan dokumentasi. pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together Berbantu Cerdas Cermat memberikan hasil yang lebih baik daripada model pembelajaran Numbered Head Together dan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dari temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran interaktif seperti Numbered Head Together berbantu Cerdas Cermat lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional langsung.
Keywords:
Cerdas Cermat, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Numbered Head TogetherDownloads
References
Agustina, R. L. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model STAD dan NHT. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1 (3). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801
Alifa, S. P., & Astriyani, A. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Cerdas Cermat Matematika Kelas XI IPA SMA Hang Tuah 1 Jakarta. Seminar Nasional Pendidikan Masyarakat LPPM UMJ (hal. 2-3). Jakarta: Prosiding Semnasmkat LPPM UMJ.
Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Budiana, W. (2013). Penggunaan Teknik Cerdas Cermat Untuk meningkatkan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Siswa Kelas VIII.3 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha.
Denensi, F., Gunur, B., & Jehadus, E. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatiftipe Two Stay-Two Stray Dengan Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Jurnal ilmiah pendidikan matematika, 5.
Fitria, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 788.
Hartanti, T., Widiyanti, D. T., Safarinah, Wahyudi, & Suyanto, I. (2013). Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia PGSD Kebumen.
Maulidia, W., Setiani, A., & Balkist, P. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Al-Isma'iliyah Berdasarkan Level Taksonomi Solo. Pasunda Journal of Research in Mathematics Learning and Education.
Mufidah, C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Exampel Non Example Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Mtsn Ngantru Tahun Ajaran 2015/2016. UIN SATU Tulungagung Institutional Repository.
Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang.
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Journal Mathematic Paedagogic, 2 (2).
Sinaga, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada MAteri Bentuk Akar di Kelas IX SMP Negeri 6 Medan T.P 2020/2021. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Teknologi.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA, cv.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.
Tinambunan, D. D., Fathurrahman, M., & Khaerunnisa, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran.
Wahyuningsih, D., & Murwani, S. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Melalui Implementasi Model Numbered Head Together pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Yogyakarta. Journal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3 (1), 65–71
Wakhyudin, H., & Juliyanti, R. (2014). Model Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar.
Yuliana, L. R., Susanti, R., & Bintari, S. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 7 (2), 2019–2215.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Qotrunnada, Aritsya Imswatama, Pujia Siti Balkist

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work