Level Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4521Abstract
Membaca merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa, dengan memiliki level kemampuan membaca yang tinggi, siswa akan mampu menggapai keberhasilan dalam belajar. Rendahnya kemampuan membaca sering ditemui di lingkungan sekolah dasar, baik di kelas rendah maupun di kelas tinggi. Untuk menghadapi rendahnya kemampuan membaca siswa di provinsi Nusa Tenggara Barat, Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (The Innovation for Indonesia’s School Children, INOVASI) menggagas salah satu program yang disalurkan melalui dunia pendidikan yaitu program pendekatan “Semua Anak CERDAS (Cakap Literasi dan Numerasi Dasar)”. Pendekatan semua anak cerdas (SAC) merupakan pendekatan pembelajaran yang mengadaptasi model pembelajaran TaRL (Teaching at the Right Level). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level kemampuan membaca siswa kelas tinggi di SDN 1 Selebung dalam pendekatan Semua Anak CERDAS dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa dominan berada pada level cerita yaitu sebanyak 27 dari 29 siswa pada kelas IV dengan persentasi sebesar 93,1%, 21 dari 37 siswa pada kelas V dengan persentase sebesar 56,7% dan 42 dari 43 siswa pada kelas VI dengan persentase sebesar 97,7%. Sehingga kemampuan membaca siswa dapat dikatakan sudah sangat baik. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa yaitu faktor lingkungan, faktor psikologis, faktor intelektual, faktor proses pembelajaran di kelas dan faktor bimbingan orang tua.
Keywords:
Kemampuan Membaca, Pendekatan SAC, Model TaRLDownloads
References
Afrom, I. (2013). Studi Tentang Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Membaca. Anterior Jurnal, 13, 122–131.
Akbar, A. L., & Pancor, I. H. (2022). Pengaruh Program Maulana Terhadap Provesionalisme Guru Dan Kemampuan Literasi Dasar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikann Sekolah Dasar, 4(1).
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573-5581.
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336-2344.
Baiti, N. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan kemampuan literasi anak di masa covid-19. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 3(2), 113-127.
Basuki, I. A. (2011). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Berdasarkan Tes Internasional dan Tes Lokal. Bahasa Dan Seni, 39 nomor 2, 202–212.
Chakrabarti, R., Prakash, K. S., & Arora, M. (2018). Analysis of education interventions in Andhra Pradesh. India Consensus, 60.
Damaiyanti, R., Satrijono, H., Hutama, F., Ningsih, Y., & Alfarisi, R. (2021). Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kels I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 75–87.
Erfan, M., Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., & Hamdani, I. (2021). Identifikasi Wawasan Literasi Dasar Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Level Kemampuan Siswa. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1–18. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/3520
Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. DWIJA CENDEKIA: jurnal riset pedagogik, 4(1), 94-107.
Gumono, G. (2014). Profil Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar Di Provinsi Bengkulu. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(2), 201–211. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n2a4
Hartika, L., Asrin, A., & Hasanah, N. (2022). Pembelajaran Literasi dan Numerasi Dasar Berbasis Pendekatan Semua Anak Cerdas (SAC) di SDN Gunung Borok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 1001–1010. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.660
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud.
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Drucker, K. T. (2012). PIRLS 2011 International Results in Reading. In TIMSS & PIRLS International Study Center. http://timss.bc.edu/pirls2011/reports/downloads/P11_IR_FullBook.pdf%5Cnpapers2://publication/uuid/048FDFAE-2EE0-4781-84C7-3EE8024C4C56
Nur, A., Rosyidah, K., Affandi, L. H., Oktaviyanti, I., Maulyda, M. A., & Hamdani, I. (2021). Pengentasan buta aksara berbasis pendekatan “ semua anak cerdas ” untuk guru SD. 4(36), 362–377. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i3.10884
Pernando, E. (2019). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis bagi Anak di Desa Kota Padang Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Prasetyaningrum, E. Y. (2019). Pengaruh motivasi belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa SDN Kletekan Kabupaten Ngawi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 87-96.
Safitri, I., Nurhasanah, N., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Literasi Dasar Peserta Didik Kelas IV di SDN Mentokan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 574–578. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.556
Sarika, R. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 49-56.
SMERU Research Institute. (2018). Sintesis Hasil Studi Diagnostik Pembelajaran Pendidikan Dasar di Enam Kabupaten Mitra INOVASI di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.). No Title. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zuyyina Khaerawati, Nurhasanah, Itsna Oktaviyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work