Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Teori Mason Yang Ditinjau dari Proses Berpikir Kritisnya
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2600Abstract
Sering kali guru hanya memfokuskan bagaimana menyampaikan materi sampai selesai tetapi tidak melihat apakah siswa tersebut dapat memahami maksud dari pada penyelesaian masalah atau makna proses penyelesaian masalahnya. Proses berpikir kritis merupakan rangkaian kegiatan dalam otak saat melakukan pemecahan masalah dengan berpikir secara logis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis matematis siswa SMP berdasarkan teori Mason yaitu terdapat 3 tahapan ada tahap entry, attack, dan review. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdisi atas 4 siswa kelas VII F yang telah mendapatkan materi garis dan sudut. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tiga tahap diantaranya: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kelompok siswa yang dapat menyelesaikan pemecahan masalah dengan seluruh tahapan berpikir Mason dan ada siswa dalam penyelesaian pemecahan masalahnya hanya melalui dua tahapan berpikir Mason.
Keywords:
pemecahan masalah, teori Mason, berpikir kritisDownloads
References
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 1–19
Firdaus, F. I., & Siliwangi, U. (2020). Deskripsi Peoses Berpikir Matematis Siswa Dalam Memecahan Masalah Konsep Barisan Deret Berdasarkan Teori Mason. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 10–23.
Karim, N. (2015). Critical Thinking Ability of Students in Learning in Learning Mathematics Using the Jucama Model in Middle School. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1),1-12.
Mason, J., Burton, L. and Stacey, K. (2010). Thinking mathematically. London: Pearson Education.
Mason, M. (2008). Critical thinking and learning. Australia: Blackwell Publishing.
Mulia Nastiti, A., Nindiasari, H., & Novaliyosi. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Dengan Pembelajaran Daring. Wilangan - Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 341–352.
Nanda, D., & Romadhon, A. (2019). Implementasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama sebagai Eksistensi Meningkatkan Keterampilan Abad 21. ISTORIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 3(2), 94–99.
Noor, P. P., & Abadi, A. P. (2022). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Perkembangan Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal of Mathematis Education and Sciens, 8(2), 466–473. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1986
Nurhayati, N., Subanji, S., & Rahardjo, S. (2022). Proses Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Tahapan Mason Ditinjau dari Tipe Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–20. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1239
Prasetyo, N. H., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII dalam Soal High Order Thinking Skill. Jurnal of Mathematis Education and Sciens, 8(1), 271–279. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1958
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Rosliani, V. D., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Pecahan. Jurnal of Mathematis Education and Sciens, 8(2), 401–409. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1968
Setyono, H. (2021). Proses Berpikir Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Mason Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Dan Visual – Spasial. Skripsi
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: Nata Karya
Siskandani, R., Novaliyosi, & Rafianti, I. (2020). Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas 8 SMP. WILANGAN: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 128–134.
Wardhani, W. A., Subanji, & Dwiyana. (2016). Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Mason. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 297–313.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ayu Sri Astuti, Syamsuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work