Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Teori Mason Yang Ditinjau dari Proses Berpikir Kritisnya

Authors

  • Ayu Sri Astuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Syamsuri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2600

Abstract

Sering kali guru hanya memfokuskan bagaimana menyampaikan materi sampai selesai tetapi tidak melihat apakah siswa tersebut dapat memahami maksud dari pada penyelesaian masalah atau makna proses penyelesaian masalahnya. Proses berpikir kritis merupakan rangkaian kegiatan dalam otak saat melakukan pemecahan masalah dengan berpikir secara logis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis matematis siswa SMP berdasarkan teori Mason yaitu terdapat 3 tahapan ada tahap entry, attack, dan review. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdisi atas 4 siswa kelas VII F yang telah mendapatkan materi garis dan sudut. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tiga tahap diantaranya: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kelompok siswa yang dapat menyelesaikan pemecahan masalah dengan seluruh tahapan berpikir Mason dan  ada siswa dalam penyelesaian pemecahan masalahnya hanya melalui dua tahapan berpikir Mason.

Keywords:

pemecahan masalah, teori Mason, berpikir kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 1–19

Firdaus, F. I., & Siliwangi, U. (2020). Deskripsi Peoses Berpikir Matematis Siswa Dalam Memecahan Masalah Konsep Barisan Deret Berdasarkan Teori Mason. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 10–23.

Karim, N. (2015). Critical Thinking Ability of Students in Learning in Learning Mathematics Using the Jucama Model in Middle School. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1),1-12.

Mason, J., Burton, L. and Stacey, K. (2010). Thinking mathematically. London: Pearson Education.

Mason, M. (2008). Critical thinking and learning. Australia: Blackwell Publishing.

Mulia Nastiti, A., Nindiasari, H., & Novaliyosi. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Dengan Pembelajaran Daring. Wilangan - Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 341–352.

Nanda, D., & Romadhon, A. (2019). Implementasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama sebagai Eksistensi Meningkatkan Keterampilan Abad 21. ISTORIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 3(2), 94–99.

Noor, P. P., & Abadi, A. P. (2022). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Perkembangan Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal of Mathematis Education and Sciens, 8(2), 466–473. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1986

Nurhayati, N., Subanji, S., & Rahardjo, S. (2022). Proses Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Tahapan Mason Ditinjau dari Tipe Adversity Quotient. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–20. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1239

Prasetyo, N. H., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII dalam Soal High Order Thinking Skill. Jurnal of Mathematis Education and Sciens, 8(1), 271–279. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1958

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.

Rosliani, V. D., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Pecahan. Jurnal of Mathematis Education and Sciens, 8(2), 401–409. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1968

Setyono, H. (2021). Proses Berpikir Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Mason Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Dan Visual – Spasial. Skripsi

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: Nata Karya

Siskandani, R., Novaliyosi, & Rafianti, I. (2020). Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas 8 SMP. WILANGAN: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 128–134.

Wardhani, W. A., Subanji, & Dwiyana. (2016). Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Mason. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 297–313.

Downloads

Abstract Views : 674
Downloads Count: 362

Published

2022-09-03

How to Cite

Astuti, A. S., & Syamsuri, S. (2022). Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Teori Mason Yang Ditinjau dari Proses Berpikir Kritisnya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 923–934. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2600