Strategi Pembelajaran REACT Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa SMP

Authors

  • Nurul Mesa UNTIRTA
  • Syamsuri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3790

Abstract

Representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus miliki siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran REACT dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2022 di SMP Negeri Baros. Dalam penelitian ini, yang menjadi subyek adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Baros. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi REACT berlangsung dengan baik dan mendapat respon yang baik dari siswa. Siswa mampu menganalisis soal dari bentuk gambar baik itu tabel, diagram maupun grafik ke dalam bentuk deskripsi kalimat yang didapatkan dari informasi yang ada pada soal.  Respon siswa menunjukkan bahwa siswa mampu menyelesaikan soal sesuai dengan kriteria indikator visual, dimana 83% siswa melakukan perhitungan dengan menggunakan model matematika yang bervariasi sehingga siswa mampu mengeksplorasi pemahaman dalam merencanakan solusi permasalahan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran REACT dapat meningkatkan keterampilan representasi matematika yang melibatkan siswa SMP secara aktif.

Keywords:

Strategi REACT, Representasi Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, A., & Fitriani, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran REACT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 157–166.

Arcavi, A. (2005). Developing and using symbol sense in mathematics. For the learning of mathematics, 25(2), 42-47.

Arfiani, D. D., Ulya, H., & Wanabuliandari, S. (2020). The Effect of REACT Model Assisted Fable-Math Book Media on Mathematical Problem Solving Of Elementary School Students. Mathematics Education Journal, 4(2), 116–125. https://doi.org/10.22219/mej.v4i2.12523

Arsid, I., & Helmi, H. (2021). Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi React dan Strategi Konvensional. ELIPS Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 33–50.

Atallah, F., & Bryant, S. L. R. (2006). A Research Framework for Studying Conceptions and Dispositions of Mathematics: A Dialogue to Help Students Learn. Research in Higher Education Journal., 1–8.

Chen, S. C., Yang, S. J., & Hsiao, C. C. (2016). Exploring student perceptions, learning outcome and gender differences in a flipped mathematics course. British Journal of Educational Technology, 47(6), 1096-1112.

CORD. (2019). Reacting to Learn: Student Engagement Strategies in Contextual Teaching and Learning. Retrieved from CORD:Http://Www.Cord.Org/REACTflyer_website.Pdf., 5–7.

Crowford, M. R. (2001). Teaching contextually: Research, rational and techniques for improving student motivation and achievement in mathematics and science. CCI. Publishing. Inc. Ww3. Templejc. Edu/Prodev/Distance- Ed/Crawford. Pdf.

Dahlan, J. A. (2004). Menigkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Melalui Pendekatan Pembelajaran OpenEnded . Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.

Development, O. for E. C. and. (2013c). PISA 2012 results in focus: What 15-year- olds know and what they can do with what they know. Author Paris, France.

Dreyfus, T. (2002). Advanced mathematical thinking processes. In Advanced mathematical thinking (pp. 25–41). Springer.

Económicos, O. para la C. y el D. (2003). The pisa 2003 Assessment framework. Mathematics, Reading, science and problema, solving, knowledge and skills. OCDE París.

Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary mathematics teachers’ conceptions of mathematical literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222–237.

Harwell, S. H. (2003). Teacher professional development: It’s not an event, it’sa process.

Humanika. Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya; Jakarta.

Jaenudin. (2008). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemapuan Representasi Matematik Beragam Siswa Sekolah Menengah Pertama. Universitas Pendidikan Indonesia.

Junedi, B., & Ayu, D. M. (2018). Penerapan Strategi Relating, Exsperiencing, Applying, Cooperating And Transfering (React) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 125-132.

Novri, U. S., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2018). Pengaruh Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81-90.

Polking, J. (1998). Response To NCTM's Round 4 Questions. NCTM

Saputri, L., & Sari, D. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Berbantuan Wingeom. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 75-83.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.

Wulandari, I. P., Praja, E. S., & Aminah, N. (2018). Penerapan Strategi REACT pada Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SMP. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM) (Vol. 2, No. 1, pp. 369-379).

Yuwono, T., Darmawan, A., & Suwanti, V. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Program Linier. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 247-263.

Downloads

Abstract Views : 456
Downloads Count: 342

Published

2022-12-18

How to Cite

Mesa, N., & Syamsuri, S. (2022). Strategi Pembelajaran REACT Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1387–1402. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3790

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.