Strategi Pembelajaran REACT Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3790Abstract
Representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus miliki siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran REACT dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2022 di SMP Negeri Baros. Dalam penelitian ini, yang menjadi subyek adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Baros. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan strategi REACT berlangsung dengan baik dan mendapat respon yang baik dari siswa. Siswa mampu menganalisis soal dari bentuk gambar baik itu tabel, diagram maupun grafik ke dalam bentuk deskripsi kalimat yang didapatkan dari informasi yang ada pada soal. Respon siswa menunjukkan bahwa siswa mampu menyelesaikan soal sesuai dengan kriteria indikator visual, dimana 83% siswa melakukan perhitungan dengan menggunakan model matematika yang bervariasi sehingga siswa mampu mengeksplorasi pemahaman dalam merencanakan solusi permasalahan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran REACT dapat meningkatkan keterampilan representasi matematika yang melibatkan siswa SMP secara aktif.
Keywords:
Strategi REACT, Representasi MatematisDownloads
References
Anas, A., & Fitriani, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran REACT dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 157–166.
Arcavi, A. (2005). Developing and using symbol sense in mathematics. For the learning of mathematics, 25(2), 42-47.
Arfiani, D. D., Ulya, H., & Wanabuliandari, S. (2020). The Effect of REACT Model Assisted Fable-Math Book Media on Mathematical Problem Solving Of Elementary School Students. Mathematics Education Journal, 4(2), 116–125. https://doi.org/10.22219/mej.v4i2.12523
Arsid, I., & Helmi, H. (2021). Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi React dan Strategi Konvensional. ELIPS Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 33–50.
Atallah, F., & Bryant, S. L. R. (2006). A Research Framework for Studying Conceptions and Dispositions of Mathematics: A Dialogue to Help Students Learn. Research in Higher Education Journal., 1–8.
Chen, S. C., Yang, S. J., & Hsiao, C. C. (2016). Exploring student perceptions, learning outcome and gender differences in a flipped mathematics course. British Journal of Educational Technology, 47(6), 1096-1112.
CORD. (2019). Reacting to Learn: Student Engagement Strategies in Contextual Teaching and Learning. Retrieved from CORD:Http://Www.Cord.Org/REACTflyer_website.Pdf., 5–7.
Crowford, M. R. (2001). Teaching contextually: Research, rational and techniques for improving student motivation and achievement in mathematics and science. CCI. Publishing. Inc. Ww3. Templejc. Edu/Prodev/Distance- Ed/Crawford. Pdf.
Dahlan, J. A. (2004). Menigkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Melalui Pendekatan Pembelajaran OpenEnded . Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
Development, O. for E. C. and. (2013c). PISA 2012 results in focus: What 15-year- olds know and what they can do with what they know. Author Paris, France.
Dreyfus, T. (2002). Advanced mathematical thinking processes. In Advanced mathematical thinking (pp. 25–41). Springer.
Económicos, O. para la C. y el D. (2003). The pisa 2003 Assessment framework. Mathematics, Reading, science and problema, solving, knowledge and skills. OCDE París.
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary mathematics teachers’ conceptions of mathematical literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222–237.
Harwell, S. H. (2003). Teacher professional development: It’s not an event, it’sa process.
Humanika. Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya; Jakarta.
Jaenudin. (2008). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemapuan Representasi Matematik Beragam Siswa Sekolah Menengah Pertama. Universitas Pendidikan Indonesia.
Junedi, B., & Ayu, D. M. (2018). Penerapan Strategi Relating, Exsperiencing, Applying, Cooperating And Transfering (React) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 125-132.
Novri, U. S., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2018). Pengaruh Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81-90.
Polking, J. (1998). Response To NCTM's Round 4 Questions. NCTM
Saputri, L., & Sari, D. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Berbantuan Wingeom. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 75-83.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.
Wulandari, I. P., Praja, E. S., & Aminah, N. (2018). Penerapan Strategi REACT pada Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SMP. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM) (Vol. 2, No. 1, pp. 369-379).
Yuwono, T., Darmawan, A., & Suwanti, V. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Program Linier. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 247-263.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurul Mesa, Syamsuri Syamsuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work