Kesulitan Proses Matematisasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Adversity Quotient

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5155

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam proses matematisasi soal cerita ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas XI–AK 1 Di SMK Nurul Huda Baros. Instrumen yang digunakan adalah angket AQ, tes diagnostik, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam proses matematisasi dengan adversity quotient dikelompokkan menjadi 3, yaitu kelompok pertama siswa belum mampu secara maksimal menyelesaikan proses matematisasi tahap horizontal dan vertikal, kelompok ini berada di tipe quitters. Kelompok kedua siswa belum mampu secara maksimal menyelesaikan proses matematisasi tahap vertikal, kelompok ini berada di tipe campers. Sedangkan kelompok ketiga siswa mampu menyelesaikan proses matematisasi tahap horizontal dan vertikal, kelompok ini berada di tipe climbers.

Keywords:

kesulitan, matematisasi, adversity quotient

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afri, L. D. (2018). Hubungan Adversity Quotient dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(2).

Aisyah, A. S., Riyadi, R., & Subanti, S. (2021). Description Of The Difficulty Of Students’mathematics Problem Solving Assessed From Adversity Quotient (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1161–1170.

Akhter, N., & Akhter, N. (2018). Learning in Mathematics: Difficulties and Perceptions of Students. Journal of Educational Research (1027-9776), 21(1).

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.

Fauziyah, I. N. L., Usodo, B., & Ekana Ch, H. (2013). Proses berpikir kreatif siswa kelas X dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika SoLuSi (Tersohor Luas dan Berisi), 1(1).

Hidayah, S. R., Trapsilasiwi, D., & Setiawani, S. (2016). Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas VII F MTS. Al-Qodiri 1 Jember dalam Pemecahan Masalah Matematika Pokok Bahasan Segitiga dan Segi Empat Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Edukasi, 3(3), 21–26.

Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242–252.

Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95–102.

Kemdikbud. (2019). Arah Baru dalam Pengembangan Pendidikan.

Manibuy, R. (2014). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat berdasarkan taksonomi solo pada kelas X SMA negeri 1 plus di Kabupaten Nabire–Papua (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Mena, A. B. (2016). Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 187–198.

Mutmainna, D., Mania, S., & Sriyanti, A. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua Tingkat Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Matematika. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 56–69.

Syahara, M. U., & Astutik, E. P. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201-212.

Tall, D., & Razali, M. R. (1993). Diagnosing students’ difficulties in learning mathematics. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 24(2), 209-222.

Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakansoal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 165–190.

Zainurie. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (RME).

Downloads

Abstract Views : 203
Downloads Count: 219

Published

2023-09-24

How to Cite

Sadriah, Etika Khaerunnisa, & Syamsuri, S. (2023). Kesulitan Proses Matematisasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Adversity Quotient . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1487–1499. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5155

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.