Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri

Authors

  • Uswatun Khasanah Universitas Muria Kudus
  • Irfai Fathurohman Univeristas Muria Kudus
  • Deka Setiawan Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611

Keywords:

Pendidikan karakter, cerita rakyat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Genuk Kemiri Kabupaten Pati . Tempat penelitian ini dilaksanakan di SDN Sarirejo 01, Desa Sarirejo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis data secara deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SDN Sarirejo 01, juru kunci Genuk Kemiri, siswa SDN Sarirejo 01, dan orang tua siswa. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam cerita rakyat Genuk Kemiri terdapat pendidikan karakter antara lain gotong royong dan kejujuran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Iskandar. 2017. Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakater (PPK). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106-119.
Ahsanulkhaq, Moh. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21-33.
Apandi, Idris dan Sri Rosdinawati. 2017. Guru Profesional Bukan Guru Abal-Abal. Yogyakarta: Deepublish.
Bakar, Kosasih Ali Abu, Idris HM Noor, dan Widodo. Penumbuhan Nilai Karakter Nasionalis Pada Sekolah Dasar di Kabupatan Jayapura Papua. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 42-56.
Bintari, Pramudyasari Nur dan Cecep Darmawan. 2016. Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57-76.
Esmael, Ansulat dan Nafiah. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16-34.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gusnetti, Dkk. 2015. Struktur Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Gramatika, 1(2), 183-192.
Helmawati. 2017. Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Husna, Laila. 2017. Pendidikan Karakter Mendiri Pada Siswa Kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 964-974.
Junaini, Esma, dkk. 2017. Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Korpus, 1(1), 39-43.
Maunah, Binti. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 90-101.
Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2014. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualititatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyani, Desti, Syamsul Ghufron, Akhwani, dan Suharmono Kasiyun. Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 11(2), 225-238.
Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464-468.
Pusat Kurikulum Depdiknas. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Puspitaningrum, Wanodya, Farid Agushybana, Atik Mawarni, dan Djoko Nugroho. 2017. Pengaruh Media Booklet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Terkait Kebersihan Dalam Menstruasi di Pondok Pesantren Al-Ishlah Demak Triwulan II Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat:, 5(4), 274-281.
Rubiyanto, Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Solobaru: Qinant.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2014. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susilowati. 2017. Kegiatan Humas Indonesia Bergerak di Kantor Pos Depok II dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Jurnal Komunikasi, 8(2), 47-54.
Youpika, Fitra dan Darmiyati Zuchdi. 2016. Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 48-58.
Yuwono, Budi. 2010. SQ Reformation. Jakarta: Gramedia.
Zubaidi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Uswatun Khasanah, Fathurohman, I. ., & Setiawan, D. . (2022). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 60–64. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611