Gangguan Belajar dan Cara Mengatasinya Dalam Film Taare Zameen Par

Authors

  • Ulya Aflahah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Univeristas Muria Kudus
  • Irfai Fathurohman Univeristas Muria Kudus
  • Imaniar Purbasari Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1356

Keywords:

disleksia, film taare zameen par

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana metode penanganan tipe ketidakmampuan pemerolehan bahasa disleksia dalam film Taare Zameen Par. Disleksia merupakan salah satu jenis kesulitan belajar pada anak yaitu ketidakmampuan membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan penyajian data hasil penelitian yang disajikan melalui kata-kata. Pembahasan yang disampaikan meliputi (1) ciri-ciri disleksia; (2) solusi pembelajaran tipe disleksia; (3) solusi untuk pengobatan disleksia. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa disleksia dapat diobati dengan menggunakan metode multisensori. Metode multisensori memanfaatkan kemampuan visual atau kemampuan visual siswa dan kemampuan mendengar kinesik pada level ini yaitu kesadaran gerak dan sentuhan pada siswa. Dengan demikian metode ini dapat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran bagi anak disleksia dan kedepannya tidak akan ada lagi anak disleksia yang tidak mampu menulis, membaca, dan berhitung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman,M. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Beny Khumeyzim Badruzzamani Mukhaamad, 2016. A Psycholinguistics Analysis Of A Dyslexic Character In Taare Zameen Par Movie. English Department, Faculty of Languages and Arts, The State University of Surabaya. Language Horizon. Volume 04 Nomor 03 Tahun 2016, 109-117
Bunga Fitria Fyanda, Israwati, Ruslan. 2018. Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Disleksia di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 3 Nomor 3, 53-61
Elbro,C,(2010). Dyslexia as Disability or Handicap; When does VocabolaryMatter?.journal of learning disabilities 43:469– 478
Irdamurni, dkk.2018, Meningkatkan Kemampuan Guru Pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia.Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. Vol. 2 No. 2
Mar’at, Samsunuwiyati. 2015. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama
Moleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munawir, Yusuf (2005). Pendidikan Bagi Anak Yang Mengalami Problema Belajar. Jakarta: Depdiknas
Nisrina Haifa, Ahmad Mulyadiprana, Resa Respati, 2020. Pengenalan Anak Pengidap Disleksia . Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. . Vol. 7, No. 2 (2020) 21-32
Orton. (2014). IDA Dyslexia handbook What Evry Family Should Know, Baltimore: International Dyslexia Association.
Saadah, Varia W. dan Nurul Hidayah. 2013. Pengaruh Permainan Scrabble terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Disleksia.Jurnal Fakultas Psikolgi Empathy. Vol. 2 No. 1
Soeisniwati Lidwina, 2012. Disleksia Berpengaruh Pada Kemampuan Membaca Dan Menulis. Dosen ASM Santa Maria Semarang. JURNAL STIE SEMARANG, VOL 4, NO 3, Edisi Oktober 2012 (ISSN : 2252-7826)
Subyantoro. (2013). Gangguan Berbahasa. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Tatik Imadatus Sa’adati. 2015. Intervensi Psikologis Pada Siswa Dengan Kesulitan Belajar (Disleksia, Disgrafia dan Diskalkulia). Dosen Psikologi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri. ISSN: 1693 – 6922
Tiwi Mardika, 2017. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. SD N Pancurendang, Banyumas, Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 10, No 1, September 2017: 28-33

Downloads

Published

2021-08-19

How to Cite

Aflahah, U. ., Fathurohman, I. ., & Purbasari, I. . (2021). Gangguan Belajar dan Cara Mengatasinya Dalam Film Taare Zameen Par . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1143–1153. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1356