Gangguan Belajar dan Cara Mengatasinya Dalam Film Taare Zameen Par
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1356Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana metode penanganan tipe ketidakmampuan pemerolehan bahasa disleksia dalam film Taare Zameen Par. Disleksia merupakan salah satu jenis kesulitan belajar pada anak yaitu ketidakmampuan membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan penyajian data hasil penelitian yang disajikan melalui kata-kata. Pembahasan yang disampaikan meliputi (1) ciri-ciri disleksia; (2) solusi pembelajaran tipe disleksia; (3) solusi untuk pengobatan disleksia. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa disleksia dapat diobati dengan menggunakan metode multisensori. Metode multisensori memanfaatkan kemampuan visual atau kemampuan visual siswa dan kemampuan mendengar kinesik pada level ini yaitu kesadaran gerak dan sentuhan pada siswa. Dengan demikian metode ini dapat membantu dalam pelaksanaan pembelajaran bagi anak disleksia dan kedepannya tidak akan ada lagi anak disleksia yang tidak mampu menulis, membaca, dan berhitung.
Keywords:
disleksia, film taare zameen parDownloads
References
Beny Khumeyzim Badruzzamani Mukhaamad, 2016. A Psycholinguistics Analysis Of A Dyslexic Character In Taare Zameen Par Movie. English Department, Faculty of Languages and Arts, The State University of Surabaya. Language Horizon. Volume 04 Nomor 03 Tahun 2016, 109-117
Bunga Fitria Fyanda, Israwati, Ruslan. 2018. Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Disleksia di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 3 Nomor 3, 53-61
Elbro,C,(2010). Dyslexia as Disability or Handicap; When does VocabolaryMatter?.journal of learning disabilities 43:469– 478
Irdamurni, dkk.2018, Meningkatkan Kemampuan Guru Pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia.Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus. Vol. 2 No. 2
Mar’at, Samsunuwiyati. 2015. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: Refika Aditama
Moleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munawir, Yusuf (2005). Pendidikan Bagi Anak Yang Mengalami Problema Belajar. Jakarta: Depdiknas
Nisrina Haifa, Ahmad Mulyadiprana, Resa Respati, 2020. Pengenalan Anak Pengidap Disleksia . Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. . Vol. 7, No. 2 (2020) 21-32
Orton. (2014). IDA Dyslexia handbook What Evry Family Should Know, Baltimore: International Dyslexia Association.
Saadah, Varia W. dan Nurul Hidayah. 2013. Pengaruh Permainan Scrabble terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Disleksia.Jurnal Fakultas Psikolgi Empathy. Vol. 2 No. 1
Soeisniwati Lidwina, 2012. Disleksia Berpengaruh Pada Kemampuan Membaca Dan Menulis. Dosen ASM Santa Maria Semarang. JURNAL STIE SEMARANG, VOL 4, NO 3, Edisi Oktober 2012 (ISSN : 2252-7826)
Subyantoro. (2013). Gangguan Berbahasa. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Tatik Imadatus Sa’adati. 2015. Intervensi Psikologis Pada Siswa Dengan Kesulitan Belajar (Disleksia, Disgrafia dan Diskalkulia). Dosen Psikologi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri. ISSN: 1693 – 6922
Tiwi Mardika, 2017. Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. SD N Pancurendang, Banyumas, Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 10, No 1, September 2017: 28-33
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work