Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Genuk Kemiri Kabupaten Pati . Tempat penelitian ini dilaksanakan di SDN Sarirejo 01, Desa Sarirejo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis data secara deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SDN Sarirejo 01, juru kunci Genuk Kemiri, siswa SDN Sarirejo 01, dan orang tua siswa. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam cerita rakyat Genuk Kemiri terdapat pendidikan karakter antara lain gotong royong dan kejujuran.
Keywords:
Pendidikan karakter, cerita rakyatDownloads
References
Ahsanulkhaq, Moh. 2019. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21-33.
Apandi, Idris dan Sri Rosdinawati. 2017. Guru Profesional Bukan Guru Abal-Abal. Yogyakarta: Deepublish.
Bakar, Kosasih Ali Abu, Idris HM Noor, dan Widodo. Penumbuhan Nilai Karakter Nasionalis Pada Sekolah Dasar di Kabupatan Jayapura Papua. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 42-56.
Bintari, Pramudyasari Nur dan Cecep Darmawan. 2016. Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57-76.
Esmael, Ansulat dan Nafiah. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16-34.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gusnetti, Dkk. 2015. Struktur Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Gramatika, 1(2), 183-192.
Helmawati. 2017. Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Husna, Laila. 2017. Pendidikan Karakter Mendiri Pada Siswa Kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(10), 964-974.
Junaini, Esma, dkk. 2017. Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Korpus, 1(1), 39-43.
Maunah, Binti. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 90-101.
Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2014. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualititatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyani, Desti, Syamsul Ghufron, Akhwani, dan Suharmono Kasiyun. Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 11(2), 225-238.
Omeri, Nopan. 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464-468.
Pusat Kurikulum Depdiknas. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Puspitaningrum, Wanodya, Farid Agushybana, Atik Mawarni, dan Djoko Nugroho. 2017. Pengaruh Media Booklet Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Terkait Kebersihan Dalam Menstruasi di Pondok Pesantren Al-Ishlah Demak Triwulan II Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat:, 5(4), 274-281.
Rubiyanto, Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Solobaru: Qinant.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2014. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susilowati. 2017. Kegiatan Humas Indonesia Bergerak di Kantor Pos Depok II dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Jurnal Komunikasi, 8(2), 47-54.
Youpika, Fitra dan Darmiyati Zuchdi. 2016. Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 48-58.
Yuwono, Budi. 2010. SQ Reformation. Jakarta: Gramedia.
Zubaidi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Uswatun Khasanah, Irfai Fathurohman, Deka Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work