Cerita Legenda Desa Pulorejo dalam Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar

Authors

  • Wann Nurdiana Sari Universitas Muria Kudus
  • Mohammad Khanzunnudin Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.3877

Abstract

Banyaknya cerita rakyat lokal yang belum dikaitkan dengan proses pembelajaran sastra di sekolah dasar. Sehingga guru perlu mengaitkan cerita rakyat lokal yang dapat dikaitkan dengan materi cerita non fiksi.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan asal usul cerita rakyat Desa Pulorejo dan mendeskripsikan kaitannya dengan pembelajaran sastra di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dengan objek penelitiannya yaitu cerita rakyat asal usul Desa Pulorejo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Instrumen wawancara dilakukan dengan guru dan siswa, observasi dilakukan mengenai proses pembelajaran. Subjek penelitian ini yaitu masyarakat Desa Pulorej sebanyak 3 orang.. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini diperoleh data bahwa asal usul Desa Pulorejo bermula pada perjalanan wanita bernama Murah yang berparas cantik dan pandai bernyanyi serta menari. Kelebihan tersebut membuat para pemuda yang melihatnya jatuh hati. Kaitannya cerita rakyat asal usul Desa Pulorejo dengan pembelajaran sastra di Sekolah Dasar yaitu bida menjadi cara lain dalam penyampaian materi cerita rakyat untuk kelas VI SD semester 1 dalam Standar Kompetensi yang menjadi tujuan pembelajaran yaitu “Mendengarkan” menentukan unsur-unsur intrinsik dalam cerita rakyat yang sesuai dengan Kompetensi Dasar. Metode yang digunakan pada kegiatan pembelajaran yaitu metode ceramah, diskusi, tanya jawab, maupun penugasan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu cerita rakyat asal usul Desa Pulorejo dapat dikaitkan dengan pembelajaran sastra di sekolah dasar.

Keywords:

Cerita rakyat, Asal usul desa, Pembelajaran sastra, Pembelajaran sastra sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwansyah, Y. B., & Wahyudi, U. M. W. (2019). Peningkatkan Kompetensi Literasi Antiradikalisme melalui Penulisan Cerita Rakyat dengan Aplikasi Baboo. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(2), 77–82.

Denandjaja, J. (2007). Folklor Indonesia. Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Pustaka Utama Grafiti.

Fatmaira, Z., & Unimed, M. P. P. B. I. (2018). LITERASI SASTRA DENGAN CERITA RAKYAT UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR (SD). LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH MEDAN, 9(10), 112.

Jannah, R. (2015). Analisis Cerita Rakyat Asal usul Desa Batu Basong Kajian Monogenesis dan Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di SMP. (Doctoral Dissertation, Universitas Mataram).

Kanzunnudin, M. (2020). Cerita Lisan Dua Orang Sunan Beradu Jago dalam Kajian Struktural dan Fungsi Alan Dundes. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 235–248.

Kanzunnudin, M. (2021). Nilai Sosial dalam Cerita Lisan “Mbah Suto Bodo” di Kabupaten Pati. Indonesian Language Education and Literature, 7(1), 152–166.

Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2019). Narrative Structure And Function Of Kyai Telingsing Stories. In ICONECT 2019: Proceeding of the 2nd International Conference Education Culture and Technology, ICONECT 2019. 20-21 August 2019, Kudus, Indonesia (p. 233). European Alliance for Innovation.

Kanzunnudin, M., Rokhman, F., Sayuti, S. A., & Mardikantoro, H. B. (2018). Folklore Local Wisdom Values of Rembang Society. In International Conference on Science and Education and Technology 2018 (ISET 2018) (Pp. 340-344). Atlantis Press.

Lisnawati, L. (2021). Pengembangan Modul Cerita Rakyat Terintegrasi Latar Cerita Daerah Sulawesi Selatan pada Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 4(1), 59–74.

Maziyah, N., Rais, R., & Kiswoyo, K. (2019). Analisis Nilai Spiritual dalam Pembentukan Karakter pada Buku Cerita Rakyat Karya Wirodarsono. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 11–18.

Sari, W. N. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 10–14.

Sudikan, S. Y. (2014). Metode Penelitian Sastra Lisan. Pustaka Ilalang Group.

Wijayanti, N., Mursalim, D. D., & Dahri, D. (2021). FUNGSI DAN DAMPAK MITOS PADA CERITA RAKYAT KEMBAR BUAYA TERHADAP MASYARAKAT DI LONGKALI KABUPATEN PASER: KAJIAN FOLKLOR. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya, 5(4), 740–751.

Yektiningtyas, W. (2019). Igniting Folktales as Children’s Learning Sources In Sentani Jayapura Papua. Litera, 18(1), 105–117.

Downloads

Abstract Views : 428
Downloads Count: 470

Published

2023-01-30

How to Cite

Wann Nurdiana Sari, & Mohammad Khanzunnudin. (2023). Cerita Legenda Desa Pulorejo dalam Kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 9–14. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.3877