PEMBELAJARAN MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA MELALUI LIVE STREAMING YOUTUBE BERBASIS OPEN BROADCAST SOFTWARE DAN WHATSAPP DI ERA PANDEMI COVID 19

  • Irfai Fathurohman universitas muria kudus
Keywords: Efektivitas, daring, live streaming, OBS, pembelajaran

Abstract

Pembelajaran di era digitalitasi mendorong berbagai pihak bagi pelaku pendidikan mengikuti perkembangan zaman, terutama saat pandemi covid 19. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui efektivitas pembelajaran melalui live streaming youtube berbasis open broadcast software dan whatsaap pada mata kuliah keterampilan berbahasa Indonesia. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Data diperoleh saat perkuliahan mata kuliah keterampilan berbahasa Indonesia semester gasal 2020/2021. Teknik pengumpulan data melalui simak catat rekam, pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini yakni bahwa proses pembelajaran daring melalui live streaming youtube berbasis OBS dan whatsaap pada saat perkuliahan berdampak positif hal ini dapat dibuktikan dengan adanya keterangan dalam proses pembelajaran yakni mahasiswa dapat memahami penjelasan dari dosen, mahasiswa mampu berinteraksi dalam proses pembelajaran, dan mahasiswa dapat mengulang kembali proses pembelajaran jika merasa ada kesulitan dengan memutar kembali video pembelajaran yang telah ada di channel youtube tersebut.

References

Faiqah, F., Nadjib, Muh., Amir, A,S. 2016. Youtube sebagai Sarana Komunikasi bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi Kareba, 5(2). Makassar: Universitas Hasanuddin.
Gulo, Yuliusman., Anzelina, Dewi., Sinaga Reflina. 2020. Peningkatan Hasil Belajr Peserta Didik Menggunakan Media Audio Visual Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2). Majalengka: Universitas Majalengka.
Kurniawati, Lia. 2019. Pemanfaatan Teknologi Video Streaming di LPP TVRI Jawa Barat. Jurnal Komunikasi, 10(1). Jakarta: LPPM Universitas Bina Sarana Informatika.
Mujianto, H. 2019. Pemanfaatan Youtube sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), hlm. 135-159. Garut: Universitas Garut.
Purba, H.M.P., Sitepu, A., Silaban, P.J. 2020. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2). Majalengka: Universitas Majalengka.
Rahmah, Khumaida., Irianto, Sony., Supriatna. 2020. Pengembangan Media Videoscribe Tematik Berbasis Kompetensi Abad 21 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2). Majalengka: Universitas Majalengka.
Sunarsih, Sri. 2012. Pembelajaran Keterampilan Berbicara Model Kooperatif Teknik Mencari Pasangan dan Teknik Kancing Gemerincing pada Siswa Introver dan Ekstrover di SMP. Seloka, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Zai, Efri Mawati., Anzelina, Dewi., Sinaga, Reflina., Silaban, Patri Janson. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2). Majalengka: Universitas Majalengka.
Published
2020-12-21
How to Cite
Fathurohman, I. (2020). PEMBELAJARAN MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA MELALUI LIVE STREAMING YOUTUBE BERBASIS OPEN BROADCAST SOFTWARE DAN WHATSAPP DI ERA PANDEMI COVID 19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 668-675. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.704
Section
Articles