Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Tri Widyardi Universitas Muria Kudus
  • Masturi Univeristas Muria Kudus
  • Deka Setiawan Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1421

Keywords:

strategi guru, hambatan, pembelajaran jarak jauh, pandemi covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi guru beserta hambatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mojosimo dengan subjek penelitian 3 guru dengan status yang berbeda dan 3 siswa beserta 3 orang tua. Pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, yaitu menggambarkan suatu keadaan atau kejadian menggunakan cara yang sistematis dalam melakukan pengamatan, pengumpulan data, analisis data, dan pelaporan hasilnya. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dengan sumber dan teori. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa guru SD Negeri Mojosimo Demak menerapkan strategi pembelajaran dengan metode daring. Setiap guru memanfaatkan media yang berbeda-beda seperti Whatsapp Grup, Classroom, Google Form, Youtube dan Video Call. Selama proses pembelajaran terjadi beberapa hambatan seperti: 1) Jaringan Internet yang lemah 2) Borosnya kuota 3) Siswa yang merasa jenuh dengan pembelajaran jarak jauh 4) Kurang siapnya sumber daya manusia untuk menghadapi pembelajaran jarak jauh meliputi guru, siswa dan dukungan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-07

How to Cite

Widyardi, T., Masturi, M., & Setiawan, D. . (2021). Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1462–1469. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1421