Evaluasi Penilaian Ekspresi Keterampilan Membaca Puisi Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.2993Abstract
Latar belakang masalah yakni ekspresi menjadi permasalahan utama saat seseorang melafalkan dan membacakan puisi. Hal ini dilatarbelakangi dengan teknik penguasaan membaca puisi untuk mengetahui tingkat intonasi, lafal, jeda, dan pemaknaan. Tujuan penelitian ini pertama, mengetahui bentuk ekspresi keterampilan membaca puisi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Kedua, mengetahui evaluasi penilaian ekspresi keterampilan membaca puisi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Pendekatan deskriptif digunakan pada penelitian ini untuk menggambarkan secara detail temuan analisis ekspresi puisi. Data dan teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, pengamatan kepada 78 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus angkatan 2021 selama proses pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan. Hasil penelitian, pertama ditemukannya ekspresi saat mahasiswa membaca puisi karyanya sendiri meliputi ekspresi senang, susah, gelisah. Ekspresi ini muncul ketika membaca puisi yang terlihat melalui perwajahan dan gerakan mahasiswa di video yang diunggah di channel youtube arketipum 18. Kedua, evaluasi penilaian ekspresi membaca puisi yang sudah dilakukan ditemukan beberapa hal yang menghambat kelancaran membaca puisi mulai ketergesaan dalam membaca puisi, suara-suara yang terdengar yang mempengaruhi bacaan puisi, dan latar yang kurang sesuai dalam pembuatan video baca puisi. Simpulannya yakni ekspresi dalam membaca puisi ditemukan saat analisis puisi.
Keywords:
ekspresi, evaluasi, keterampilan, puisiDownloads
References
Fathurohman, I. (2019). Eksistensialisme Puisi Mbeling Karya Remy Sylado. Disertasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Fathurohman, I. (2020). Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia melalui Live Streaming Youtube Berbasis Open Broadcast Software dan Whatsapp di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Educatio, 6(2). Majalengka: FKIP Universitas Majalengka.
Fitriyani, & Fathurohman, I. (2021). Kemampuan Menyusun Teks Cerita Pendek dengan Metode Simulasi melalui Film Nyai Ahmad Dahlan pada Siswa SD Muhammadiyah 1 Kudus. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2). Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Guntoro, A. (2011). Ekspresi Wajah dalam Seni Lukis Proyek Studi. Skripsi. Semarang: Universitas.
Marni, S. (2016). Analisis Makna Intensi pada Puisi-Puisi Penyair Pemula: Analisis Puisi Karya Siswa SMAN Agam Cendekia. Jurnal Gramatika. Sumatera Barat: STKIP PGRI Sumatera Barat.
Murtafi’ah, Fathurohman, I., & Ulya, H. (2021). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan dan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar. Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2). Kudus: Universitas Muria Kudus.
Mujiwanto., Murtono., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Teks Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pati untuk SMP/MTS. Jurnal Kredo, Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(2). Kudus: Universitas Muria Kudus.
Nisa, F., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2021). Karakter Kedisplinan Belajar Anak SDN 2 Muryolobo pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4). Mataram: Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram.
Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta:
Prasetyowati, O., & Linardi, A. (2017). Perencanaan Aplikasi Peninjauan Ekspresi Wajah Tokoh James Sullivan dalam Film Monster Inc. Jurnal Telematika, 12(1). Bandung: Institut Teknologi Harapan Bangsa.
Septiani, F.D., Fathurohman, I., & Pratiwi, I.A. (2021). Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3). Majalengka: FKIP Universitas Majalengka.
Tamarudin, A., Fathurohman, I. (2020). Analisis Faktor Otentik Kesulitan Belajar Program Linier Berbasis Problem-Based Learning. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1). Kudus: Universitas Muria Kudus.
Ulya, S.M., Fathurohman, I., & Setiawan, D. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kecanduan Menonton Youtube pada Anak. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1). Mataram: Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram.
Ulya, Latifatul., S., & Fathurohman, I. (2021). Analisis Kecanduan Game Online terhadap Kepribadian Sosial Anak. Jurnal Educatio, 7(3). Majalengka: FKIP Universitas Majalengka.
Widianto, E., & Fathurohman, I. (2019). Variasi Tunggal Bahasa dalam Interaksi Penjual dan Pembeli di Kawasan Makam Sunan Muria. Jurnal Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1). Kudus: Universitas Muria Kudus.
Wati, Maulida. L.K., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Struktural Antologi Puisi Alarm Sunyi Karya Emi Suy. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2). Kudus: Universitas Muria Kudus
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irfai Fathurohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work