Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4472Abstract
Dewasa ini kemampuan berpikir kreatif dan motivasi siswa dalam pembelajaran biologi masih kurang optimal. Untuk itu perlu implementasi model pembelajaran biologi yang mendorong siswa untuk aktif belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan quasy experiment, dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berbeda perlakuan. Kelompok eksperimen diberikan treatment model pembelajaran TGT berbasis KPS, sedangkan kelompok kontrol diberikan treatment model pembelajaran TGT tanpa basis KPS. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Ciamis dengan sampel dua kelas siswa yang masing-masing berjumlah 31 orang. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran TGT berbasis Keterampilan Proses Sains terlaksana secara keseluruhan. Model pembelajaran TGT berbasis KPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif secara nyata pada aspek berpikir lancar, berpikir asli, berpikir memerinci dan berpikir merumuskan kembali, kecuali berpikir luwes. Juga model ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara nyata pada semua aspek yang diukur, yaitu hasrat keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita masa depan, penghargaan dalam belajar, dan lingkungan kondusif. Tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran TGT secara keseluruhan positif, baik pada kelas eksperimen yang berbasis KPS maupun kelas kontrol tanpa basis KPS.
Keywords:
Teams Games Tournament, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar SiswaDownloads
References
Afif Hafez Zeidan & Majdi Rashed Jayosi, (2015). Science Process Skills and Attitudes Toward Science Among Palestinian Secondary School Students. World Journal of Education. www.sciedu.ca/wje. Vol. 5, No. 1.
Arifin. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta.
Conny Semiawan. (1990). Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia.
Dahar. (1985). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Dedeh Widianingsih. (2012). Pengembangan Rubrik Portofolio Proses Sains Siswa Pada Materi Ekosistem. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Djamarah. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Diah Aryulina. (2006). Biologi 1. Jakarta: Esis.
Fraenkel, Wallen, dan Hyun. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. Eight Edition. New York:The Mc. Graw Hill Companies.
Hesbon E. Ubungu, Mark I.O. Okere, and Samuel W. Wachanga. (2014). The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research. MCSER Publishing, Rome-Italy. ISSN 2240-0524. Vol. 4 No.6.
Indrawati. (1999). Model-Model Pembelajaran IPA. Bandung: Depdikbud.
Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istiqomah. (2006).Metode-Metode Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Panjimas.
Juremi dan Ayob. (2000). Menentukan Kesalahan Alat Ukur-Alat Ukur Kemahiran Berfikir Kritis, Kemahiran Berfikir Kreatif, Kemahiran Proses Sains, dan Pencapaian Biologi. (Online) Tersedia:http://www.geocities.com.
Kurniasari. (2006). Komparasi Belajar Antara Siswa Dengan Metode Teams Games Tournament (TGT) dan Student Teams Achievement Division (STAD). Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang (tidak dipublikasikan).
Lie. (2007). Kooperatif Learning (Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Grasindo.
Liliasari. (2002).Implementasi Pembelajaran Multi Representasi Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Jurnalis Pendidikan Cakrawala Pendidikan. Yokyakarta: LPM UNY.
Malikeh Beheshtifar dan Taebe Norozy (2013). Social Skills: A Factor to Employees' Success. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. Vol. 3, No. 3. ISSN: 2222-6990
Munandar. (1992). Mengembangkan Bakat Anak. Jakarta : Gramedia.
Muslich. (2011). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalim. (2004). Prinsip- Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajarar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purba. (2008). Asuhan Keperawatan pada klien dengan masalah psikologi dan gangguan jiwa. Medan: USU Press.
Rizardian. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) .Tersedia pada http://rizardian.blogspot.com/2010/11/ modelpembelajaran-kooperatif-tipe-teams-games-tournament.html.
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rustaman. (2005). Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.
Sardiman. (2011). Media Pedidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin. (2009). Cooperative Learning. (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.
Suarjana. (2000). model-pembelajaran-teams-games-tournaments-tgt-2. Available at http://ekocin.wordpress.com/2011/06/17/modelpembelajaran-teams-games-tournaments-tgt-2/.
Sudjana. (2009).Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.cet. IV.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Sukarno. (2013). Science Teacher Understanding to Science Process Skills and Implications for Science Learning at Junior High School (Case Study in Jambi). International Journal of Science and Research (IJSR), India Online ISSN: 2319-7064
Supriadi. (1997). Pendekatan Psikologi dalam Pengukuran Kap di Bidang Kesehatan. Jakarta: Sosio Medika.
Suprijono. (2009). Cooperative Learning (teori dan aplikasi paikem). Jakarta: Pustaka Pelajar.
Tallat Rashid (2010). Development of Social Skills among Children at Elementary Level. Bulletin of Education and Research. Vol. 32, No. 1 pp 69-78.
Uno. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Laila Imada Abdillah, Sofyan Hasanuddin Nur, Asep Ginanjar Arip

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work