Model Kepemimpinan Kyai Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Pondok Pesantren Kebon Jambu Ciwaringin Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.694Abstract
Model Kepemimpinan Kyai dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Pondok Pesantren Kebon Jambu Al- Islamy Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Model Kepemimpinan Kyai dengan segala karakteristiknya berperan besar dalam menjadikan pesantren sebagai lembaga pendidikan yang komprehensif dan tetap eksis mengikuti perkembangan teknologi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan model penelitian studi kasus. Sedangkan metode yang digunakan, yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) Model Kepemimpinan Kyai Pondok Pesantren Kebon Jambu Al- Islamy merupakan kepemimpinan kolektif bersifat demokratis. Kepemimpinan kolektif bersifat demokratis yang dilakukan oleh Kyai Hasan Rohmat, menurut beliau kepemimpinan demokratis ini digunakan untuk membangun sistem yang berlaku di dalam pesantren bukan penekanan pada figur kyainya, hal semacam ini dimungkinkan ada kesempatan untuk para pengurus bisa memberi masukan demi kebaikan bersama (b) Kualitas Pendidikan Islam Pondok Pesantren Kebon Jambu Al- Islamy sangat baik untuk santri formal maupun takhasus yang meliputi kajian kitab kuning Metode bandungan belajar secara berkelompok yang diikuti oleh seluruh santri, metode sorogan belajar dengan sistem ini hanya diberikan kepada santri yang membutuhkan perhatian khusus. (c) Dukungan Kepemimpinan Kyai dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam melalui masyarakat sangat baik yang mempercayai para santri yang diundang untuk mengisi pengajian dimushola ataupun masjid, strateginya melalui nilai-nilai pedidikan Islam dan aktivitas keagamaan, metode yang digunakan adalah pemibasaan pada peserta didik, sehingga ada dampak dan manfaatnya bagi peserta didik
Keywords:
Kepemimpinan Kyai, Kualitas Pendidikan IslamDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work