Integrasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dengan Ilmu Farmasi Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Farmasi

Authors

  • Yefi Ardyanti Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia
  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Fariz Karim Fatkhullah Universitas Islam Nusantara, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12656

Abstract

Pendidikan tinggi di Indonesia menghadapi tantangan besar untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki integritas moral dan etika yang kuat. Dalam konteks ini, integrasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan ilmu farmasi menjadi langkah strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran di perguruan tinggi farmasi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggabungkan studi literatur dan observasi, penelitian ini mengeksplorasi alasan, tantangan, dan solusi terkait integrasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Islam seperti kejujuran, tanggung jawab sosial, dan profesionalisme dapat memperkuat etika profesi farmasi, sehingga lulusan tidak hanya unggul secara teknis tetapi juga berkarakter. Selain itu, integrasi ini berpotensi meningkatkan relevansi nilai-nilai Islam dalam profesi farmasi, menciptakan generasi profesional yang bertanggung jawab dan kompeten. Penelitian ini mengusulkan model integrasi kurikulum yang inovatif, meliputi pengembangan modul pembelajaran interdisipliner yang memadukan konsep farmasi dengan nilai-nilai Islam, pelatihan intensif bagi dosen untuk meningkatkan kompetensi mereka, serta implementasi studi kasus berbasis nilai-nilai Islam. Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan, sekaligus memperkuat kompetensi dan karakter mahasiswa di bidang farmasi.

Keywords:

kurikulum Integrasi, pendidikan agama islam, Ilmu farmasi, Mutu Pembelajaran, etika profesi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, H. (2024). Integrating Islamic Values into Modern Educational Curricula: Challenges and Opportunities. Journa of Social Science, 1(5), 304–317.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.

Chih-Pei, H. U., & Chang, Y.-Y. (2017). John W. Creswell, research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.

Kamali, M. H., Bakar, O., Batchelor, D. A.-F., & Hashim, R. (2016). Islamic perspectives on science and technology. Springer.

Patton, M. Q. (1990). Qualitative evaluation and research methods. Sage.

Rosyad, A. M. (2020). The integration of Islamic education and multicultural education in Indonesia. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 164–181.

Sismanto, S., Bakri, M., & Huda, A. M. (2022). Implementation of Multicultural Islamic Education Values. Available at SSRN 4762127.

Stratton, T. P. (2020). Incorporating ethics content throughout an integrated pharmacy curriculum. American Journal of Pharmaceutical Education, 84(11), 7865.

Susanti, N., & Riskiyah, R. (2022). Integrasi nilai Islam dalam kurikulum pendidikan kedokteran. Journal of Islamic Medicine, 6(01), 11–20.

Yin, R. K. (2009). Case study research: Design and methods (Vol. 5). sage.

Downloads

Abstract Views : 42
Downloads Count: 22

Published

2025-03-22

How to Cite

Ardyanti, Y., Hanafiah, H., & Fatkhullah, F. K. (2025). Integrasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dengan Ilmu Farmasi Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Farmasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12656

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.