Integrasi Nilai Akhlak dalam Pendidikan Islam sebagai Solusi Efektif Mencegah Bullying di Kalangan Pelajar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12721Abstract
Fenomena bullying di kalangan pelajar di Indonesia semakin mengkhawatirkan, meskipun nilai-nilai moral dalam ajaran Islam seperti kasih sayang, toleransi dan keadilan telah diajarkan. Ironisnya kasus bullying kerap terjadi bahkan di sekolah berbasis Islam, ini menunjukkan adanya kesenjangan antara pemahaman teori dan praktik nilai-nilai tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur mendalam untuk menggali peran pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an sebagai solusi terhadap bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor eksternal seperti tekanan teman sebaya, lingkungan sosial yang tidak kondusif, dan kurangnya keteladanan dari orang tua serta pendidik melemahkan penghayatan nilai-nilai akhlak. Pendidikan akhlak yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari diperlukan untuk membentuk karakter yang kokoh dalam menghadapi tantangan sosial. Selain itu, pendekatan pendidikan akhlak yang holistik perlu diimplementasikan dengan melibatkan seluruh elemen, seperti keluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan, guna menciptakan lingkungan positif yang mendukung pembentukan karakter pelajar yang mulia. Melalui dukungan kebijakan dari pemerintah yang berlandaskan prinsip-prinsip Islam, pendidikan dapat dirancang untuk memperkuat integritas moral pelajar. Dengan pendidikan akhlak yang lebih komprehensif, diharapkan nilai-nilai Islam terinternalisasi secara mendalam, membentuk pelajar yang berakhlak baik dan menghindari perilaku bullying, serta mendorong terbentuknya lingkungan yang harmonis dan penuh kasih sayang sesuai dengan ajaran Islam.
Keywords:
Pendidikan Akhlak, Bullying, Peran Orang Tua, Pendidikan Karakter, Nilai Moral Al-Qur'an dan HadisDownloads
References
Abdurohman, I. (2023). Awas! Ini Daftar Kasus Bullying Anak di Sekolah Indonesia 2023. Tirto.Id. https://tirto.id/awas-ini-daftar-kasus-bullying-anak-di-sekolah-indonesia-2023-gMdf
Alfitriyah, Q. A. (2018). Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam mencegah perilaku bullying (studi kasus mts darul ulum waru dan smpn 4 waru)”. Vicratina, 5(1), 12–13.
Amaliana, A., Fauziah, N., Nursanti, A., & Apriyani, A. D. (n.d.). Tantangan dan Solusi Dalam Pembinaan Akhlak Mahasiswa dI Era Digital.
Andrianie, S., Arofah, L., & Ariyanto, R. D. (2022). Karakter Religius: Sebuah Tantangan dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter. Penerbit Qiara Media.
Borba, M. (2008). Membangun kecerdasan moral. Gramedia Pustaka Utama.
Bukhari, I. (1986). Sahih Bukhari. Studi Kitab Hadis, 47.
Chih-Pei, H. U., & Chang, Y.-Y. (2017). John W. Creswell, research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.
Dzikran, A. (2018). Jadilah Diri Sendiri: Panduan Membangun Pribadi Berkarakter dan Percaya Diri. Pustaka Alvabet.
Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369–387.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Marietha, A. R. (2024). Indonesia Darurat Kasus Perundungan. //goodstats.id/article/miris-indonesia-darurat-kasus-perundungan-satuan-pendidikan-di-bawah-kemdikbudristek-terbanyak-0gcyv
Mulyana, N., Awaluddin, A. I., SE, M. M., Baskara, B. S., Mulyana, R., Hadian, T., PKim, M., Danuwijaya, C., Zein, K. H. A. A., & PdI, M. (2023). Pencegahan Konflik Sosial Dan Penanggulangan Kenakalan Remaja. Edu Publisher.
Mustofa, A. (2019). Metode keteladanan perspektif pendidikan islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 23–42.
Nurhayati, L. (2018). PEER PRESSURE (Tekanan dari teman sebaya) PADA REMAJA. https://rsudrtnotopuro.sidoarjokab.go.id/pages/artikel/peer-pressure-tekanan-dari-teman-sebaya-pada-remaja?utm_source=chatgpt.com
Ri, D. A. (2010). al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi, 220.
Rukmana, V. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Korban dan Pelaku Bullying Anak di Bawah Umur. Jurnal Education and Development, 10(2), 78–83.
Salsabila, K., & Firdaus, A. H. (2018). pendidikan akhlak menurut Syekh Kholil Bangkalan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 39.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yefi Ardyanti, Achmad Saefurridjal, Iskandar Mirza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work