Integrasi Nilai Akhlak dalam Pendidikan Islam sebagai Solusi Efektif Mencegah Bullying di Kalangan Pelajar

Authors

  • Yefi Ardyanti Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia
  • Achmad Saefurridjal Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Iskandar Mirza Universitas Islam Nusantara, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12721

Abstract

Fenomena bullying di kalangan pelajar di Indonesia semakin mengkhawatirkan, meskipun nilai-nilai moral dalam ajaran Islam seperti kasih sayang, toleransi dan keadilan telah diajarkan. Ironisnya kasus bullying kerap terjadi bahkan di sekolah berbasis Islam, ini menunjukkan adanya kesenjangan antara pemahaman teori dan praktik nilai-nilai tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur mendalam untuk menggali peran pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an sebagai solusi terhadap bullying. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor eksternal seperti tekanan teman sebaya, lingkungan sosial yang tidak kondusif, dan kurangnya keteladanan dari orang tua serta pendidik melemahkan penghayatan nilai-nilai akhlak. Pendidikan akhlak yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari diperlukan untuk membentuk karakter yang kokoh dalam menghadapi tantangan sosial. Selain itu, pendekatan pendidikan akhlak yang holistik perlu diimplementasikan dengan melibatkan seluruh elemen, seperti keluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan, guna menciptakan lingkungan positif yang mendukung pembentukan karakter pelajar yang mulia. Melalui dukungan kebijakan dari pemerintah yang berlandaskan prinsip-prinsip Islam, pendidikan dapat dirancang untuk memperkuat integritas moral pelajar. Dengan pendidikan akhlak yang lebih komprehensif, diharapkan nilai-nilai Islam terinternalisasi secara mendalam, membentuk pelajar yang berakhlak baik dan menghindari perilaku bullying, serta mendorong terbentuknya lingkungan yang harmonis dan penuh kasih sayang sesuai dengan ajaran Islam.

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Bullying, Peran Orang Tua, Pendidikan Karakter, Nilai Moral Al-Qur'an dan Hadis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurohman, I. (2023). Awas! Ini Daftar Kasus Bullying Anak di Sekolah Indonesia 2023. Tirto.Id. https://tirto.id/awas-ini-daftar-kasus-bullying-anak-di-sekolah-indonesia-2023-gMdf

Alfitriyah, Q. A. (2018). Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam mencegah perilaku bullying (studi kasus mts darul ulum waru dan smpn 4 waru)”. Vicratina, 5(1), 12–13.

Amaliana, A., Fauziah, N., Nursanti, A., & Apriyani, A. D. (n.d.). Tantangan dan Solusi Dalam Pembinaan Akhlak Mahasiswa dI Era Digital.

Andrianie, S., Arofah, L., & Ariyanto, R. D. (2022). Karakter Religius: Sebuah Tantangan dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter. Penerbit Qiara Media.

Borba, M. (2008). Membangun kecerdasan moral. Gramedia Pustaka Utama.

Bukhari, I. (1986). Sahih Bukhari. Studi Kitab Hadis, 47.

Chih-Pei, H. U., & Chang, Y.-Y. (2017). John W. Creswell, research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.

Dzikran, A. (2018). Jadilah Diri Sendiri: Panduan Membangun Pribadi Berkarakter dan Percaya Diri. Pustaka Alvabet.

Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369–387.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.

Marietha, A. R. (2024). Indonesia Darurat Kasus Perundungan. //goodstats.id/article/miris-indonesia-darurat-kasus-perundungan-satuan-pendidikan-di-bawah-kemdikbudristek-terbanyak-0gcyv

Mulyana, N., Awaluddin, A. I., SE, M. M., Baskara, B. S., Mulyana, R., Hadian, T., PKim, M., Danuwijaya, C., Zein, K. H. A. A., & PdI, M. (2023). Pencegahan Konflik Sosial Dan Penanggulangan Kenakalan Remaja. Edu Publisher.

Mustofa, A. (2019). Metode keteladanan perspektif pendidikan islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 23–42.

Nurhayati, L. (2018). PEER PRESSURE (Tekanan dari teman sebaya) PADA REMAJA. https://rsudrtnotopuro.sidoarjokab.go.id/pages/artikel/peer-pressure-tekanan-dari-teman-sebaya-pada-remaja?utm_source=chatgpt.com

Ri, D. A. (2010). al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi, 220.

Rukmana, V. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Korban dan Pelaku Bullying Anak di Bawah Umur. Jurnal Education and Development, 10(2), 78–83.

Salsabila, K., & Firdaus, A. H. (2018). pendidikan akhlak menurut Syekh Kholil Bangkalan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 39.

Downloads

Abstract Views : 57
Downloads Count: 62

Published

2025-04-07

How to Cite

Ardyanti, Y., Saefurridjal, A., & Mirza, I. (2025). Integrasi Nilai Akhlak dalam Pendidikan Islam sebagai Solusi Efektif Mencegah Bullying di Kalangan Pelajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12721

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.