Evaluasi Efektivitas ChatGPT dalam Mendukung Kreativitas dan Literasi Digital Siswa di Purwakarta

Authors

  • Ivandio Zahran Bahy Pendidikan Sistem Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nuur Wachid Abdul Majid Pendidikan Sistem Teknologi Informasi, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12727

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas ChatGPT dalam mendukung kreativitas dan literasi digital siswa SMP dan SMA di Purwakarta, khususnya dalam pembuatan presentasi menggunakan Canva. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner skala Likert, yang dianalisis menggunakan SPSS untuk statistik deskriptif, korelasi Pearson, dan uji ANOVA. Hasil menunjukkan korelasi positif yang kuat dan signifikan (r = 0.714, p < 0.01) antara kreativitas dan literasi digital. Namun, tidak ditemukan perbedaan signifikan dalam tingkat kreativitas (F = 0.552, p = 0.737) maupun literasi digital (F = 1.788, p = 0.114) antar jenjang pendidikan. Temuan ini menegaskan bahwa ChatGPT memberikan kontribusi dalam menghubungkan literasi digital dengan kreativitas, tanpa dipengaruhi oleh perbedaan jenjang sekolah.

Keywords:

ChatGPT, Kreativitas, Literasi Digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, R. M. (2024). Efektivitas pelatihan integrasi Canva dan ChatGPT sebagai media pembelajaran bagi pendidik di Kota Kupang. Journal of Education Research, 5(2), 1081–1088. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.953

Akiba, D., & Fraboni, M. C. (2023). AI-supported academic advising: Exploring ChatGPT’s current state and future potential toward student empowerment. Education Sciences, 13(9), 1-19. https://doi.org/10.3390/educsci13090885

Baidoo-Anu, D., & Owusu Ansah, L. (2023). Education in the era of generative artificial intelligence (AI): Understanding the potential benefits of ChatGPT in promoting teaching and learning. SSRN Electronic Journal, 7(1), 52-62. https://doi.org/10.2139/ssrn.4337484

Daun, M., & Brings, J. (2023). How ChatGPT Will Change Software Engineering Education. Proceedings of 2023 Conference on Inovation and Technology in Computer Science Education, 110–116. https://doi.org/10.1145/3587102.3588815

Dwihadiah, D., Gerungan, A., & Purba, H. (2024). Penggunaan ChatGPT di Kalangan Mahasiswa dan Dosen Perguruan Tinggi Indonesia. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 14(2), 130-145. https://doi.org/10.35814/coverage.v14i2.6058

Farman, I. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN CHATGPT SEBAGAI ASISTEN VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6687-6693. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/29145

Garvey, C., & Maskal, C. (2020). Sentiment Analysis of the News Media on Artificial Intelligence Does Not Support Claims of Negative Bias Against Artificial Intelligence. Omics, 24(5), 286-299. https://doi.org/10.1089/omi.2019.0078

Guo, Y., & Lee, D. (2023). Leveraging ChatGPT for Enhancing Critical Thinking Skills. Journal of Chemical Education, 100(12), 4876–4883. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.3c00505

Hasanein, A. M., & Sobaih, A. E. E. (2023). Drivers and Consequences of ChatGPT Use in Higher Education: Key Stakeholder Perspectives. Eur. J. Investig. Health Psychol. Educ. 2023, 13(11), 2599-2614. https://doi.org/10.3390/ejihpe13110181

Hidayah, N., Firmansyah, L. H., & Rochman, F. Y. A. R. (2024). ChatGPT dan ancaman terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa (AWK Foucault pada podcast GCED Isola Edu ChatGPT: Ini respon terbaik dunia pendidikan). Filosofi: Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(3), 254–261. https://journal.asdkvi.or.id/index.php/Filosofi/article/view/199/321

Lou, Y. (2023). Exploring the Application of ChatGPT to English Teaching in a Malaysia Primary School. Journal of Advanced Research in Education, 2(4), 47-54. https://doi.org/10.56397/JARE.2023.07.08

Ningrum, A. A. L., & Talib, J. (2023). Pemanfaatan Canva for Education untuk pembuatan komik bahan ajar bahasa Indonesia dalam pembelajaran tatap muka terbatas di SMA Negeri 1 Bantaeng. Anterior Jurnal, 22(1), 119–123. https://journal.umpr.ac.id/index.php/anterior/article/view/4188/2958

Ouyang, F., Zheng, L., & Jiao, P. (2022). Artificial intelligence in online higher education: A systematic review of empirical research from 2011 to 2020. Education and Information Technologies, 27(6), 7893–7925. https://doi.org/10.1007/s10639-022-10925-9

Santika, A. A., Saragih, T. H., Muliadi, D., Kartini, D., & Ramadhani, R. (2023). Penerapan skala Likert pada klasifikasi tingkat kepuasan pelanggan agen BRILink menggunakan Random Forest. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 11(3), 405–411. https://doi.org/10.12345/justin.v11i3.62086

Sullivan, M., Kelly, A., & McLaughlan, P. (2023). ChatGPT in higher education: Considerations for academic integrity and student learning. Journal of Applied Learning & Teaching (JALT), 6(1), 31-40. https://journals.sfu.ca/jalt/index.php/jalt/article/view/731/559

Syanzani, A. A., Azrina, N., & Fitriani, V. (2024). Analisis keefektifan ChatGPT dalam membantu proses belajar pada mahasiswa STMIK Antar Bangsa. Jurnal Teknik Informatika STMIK Antar Bangsa, 10(2), 32-29. https://ejournal.antarbangsa.ac.id/jti/article/view/580

Tarmizi, M., & Yahfizham. (2024). Perspektif mahasiswa terhadap penggunaan kecerdasan buatan ChatGPT dalam penyusunan tugas akhir. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 151–161. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/indiktika/article/view/15425

Thorndahl, K. L., & Stentoft, D. (2020). Thinking Critically About Critical Thinking and Problem-Based Learning in Higher Education: A Scoping Review. IUScholarWorks Journals, 14(1), 1-21. https://doi.org/10.14434/ijpbl.v14i1.28773

Tunru, A. A., Ilahi, R., & Hikmah, N. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Di SDN 027 Samarinda Ulu Kota Samarinda. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.24903/sjp.v4i1.1339

Downloads

Abstract Views : 26
Downloads Count: 11

Published

2025-04-17

How to Cite

Bahy, I. Z., & Majid, N. W. A. (2025). Evaluasi Efektivitas ChatGPT dalam Mendukung Kreativitas dan Literasi Digital Siswa di Purwakarta. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12727

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.