Integrasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dengan Ilmu Farmasi Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Farmasi
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12656Abstract
Pendidikan tinggi di Indonesia menghadapi tantangan besar untuk menghasilkan lulusan yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki integritas moral dan etika yang kuat. Dalam konteks ini, integrasi kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan ilmu farmasi menjadi langkah strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran di perguruan tinggi farmasi. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggabungkan studi literatur dan observasi, penelitian ini mengeksplorasi alasan, tantangan, dan solusi terkait integrasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Islam seperti kejujuran, tanggung jawab sosial, dan profesionalisme dapat memperkuat etika profesi farmasi, sehingga lulusan tidak hanya unggul secara teknis tetapi juga berkarakter. Selain itu, integrasi ini berpotensi meningkatkan relevansi nilai-nilai Islam dalam profesi farmasi, menciptakan generasi profesional yang bertanggung jawab dan kompeten. Penelitian ini mengusulkan model integrasi kurikulum yang inovatif, meliputi pengembangan modul pembelajaran interdisipliner yang memadukan konsep farmasi dengan nilai-nilai Islam, pelatihan intensif bagi dosen untuk meningkatkan kompetensi mereka, serta implementasi studi kasus berbasis nilai-nilai Islam. Dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan, sekaligus memperkuat kompetensi dan karakter mahasiswa di bidang farmasi.
Keywords:
kurikulum Integrasi, pendidikan agama islam, Ilmu farmasi, Mutu Pembelajaran, etika profesiDownloads
References
Basri, H. (2024). Integrating Islamic Values into Modern Educational Curricula: Challenges and Opportunities. Journa of Social Science, 1(5), 304–317.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.
Chih-Pei, H. U., & Chang, Y.-Y. (2017). John W. Creswell, research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.
Kamali, M. H., Bakar, O., Batchelor, D. A.-F., & Hashim, R. (2016). Islamic perspectives on science and technology. Springer.
Patton, M. Q. (1990). Qualitative evaluation and research methods. Sage.
Rosyad, A. M. (2020). The integration of Islamic education and multicultural education in Indonesia. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 164–181.
Sismanto, S., Bakri, M., & Huda, A. M. (2022). Implementation of Multicultural Islamic Education Values. Available at SSRN 4762127.
Stratton, T. P. (2020). Incorporating ethics content throughout an integrated pharmacy curriculum. American Journal of Pharmaceutical Education, 84(11), 7865.
Susanti, N., & Riskiyah, R. (2022). Integrasi nilai Islam dalam kurikulum pendidikan kedokteran. Journal of Islamic Medicine, 6(01), 11–20.
Yin, R. K. (2009). Case study research: Design and methods (Vol. 5). sage.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yefi Ardyanti, Hanafiah, Fariz Karim Fatkhullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work