Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Dalam Rangka Membina Karakter Santri di Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12816Abstract
Pesantren Cijawura Margasari Kota Bandung, yang didirikan pada tahun 1930, merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di kota tersebut dan memiliki peranan penting dalam membentuk karakter dan kepribadian santri melalui pembelajaran kitab kuning, yang mengandung nilai-nilai etika, moral, dan spiritual. Namun, dalam pelaksanaannya, pembelajaran kitab kuning sering menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya sumber daya pengajar yang kompeten, metode pengajaran yang monoton, dan pengorganisasian waktu yang tidak efektif, yang dapat berdampak negatif terhadap kualitas pendidikan dan pembinaan karakter santri. Oleh karena itu, penerapan manajemen yang lebih baik, seperti pendekatan POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling), sangat penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kitab kuning di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pembelajaran kitab kuning dalam rangka membina karakter santri di Pesantren Cijawura Margasari Kota Bandung. Tujuan ini meliputi menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran kitab kuning di pesantren. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan khazanah keilmuan berkenaan dengan manajemen pembelajaran kitab kuning di pesantren. Selain itu, hasil penelitian ini juga diharapkan dapat digunakan bagi mudir, asatidz, dan santri dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kitab kuning dan membina karakter santri, sehingga dapat memenuhi tujuan pendidikan yang esensial.
Keywords:
Kitab Kuning, Praktik Manajemen (Pendekatan POAC), Pembinaan Karakter SantriDownloads
References
Adib, A. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 2021.
Agustina, H., & Asari, H. (2019). Sistem Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Medan. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 3(2), 206. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/4803
Akbar, A., & Ismail, H. (2018). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 21. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5139
Ar Rasikh, A. R. (2018). Pembelajaran Kitab Kuning pada Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Desa Sesela Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 72–86. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.492
ASRIYAH, A. (2022). Membangun Karakter Santri Yang Kreatif, Toleran, Dan Bertanggung Jawab. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 173–182. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1482
Aulia, I., & Antariksa, W. F. (2022). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Sekolah Tinggi Kitab Kuning. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 226–234. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i3.17121
Bimbingan, S., & Amalia, K. (n.d.). Manajemen POAC dalam Pembelajaran Kelas Rangkap di. 5(4), 6227–6233.
Faiz, M., Suciamy, R., Zaskia, S., & Kusumaningrum, H. (2024). Implementasi POAC dalam Manajemen Pendidikan Modern. 4.
Farhan, F. (2019). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Pola 100 Jam Menggunakan Metode Tamyiz. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1), 38–52. https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7139
Fifi Nofiaturrahmah. (2014). Metode Pendidikan Karakter di Pesantren. Pendidikan Agama Islam, XI(1), 201–216. https://media.neliti.com/media/publications/118230-ID-metode-pendidikan-karakter-di-pesantren.pdf
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Hartono, H. (2020). Classroom Management in Basic Yellow Book Learning at The Pesantren. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 4(1), 09–21. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v4i1.557
Khafid, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Tsanawiyah Nu Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Intelegensia, 07(2), 9–20.
Kurniasari, A. (2022). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 2(1), 15–27. https://doi.org/10.18196/jasika.v2i1.22
Madi, A., & Badri, M. (2023). Inovasi Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Mi. Mambaul Ulum I Bata-Bata Pamekasan. Studia Religia : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 55–66. https://doi.org/10.30651/sr.v7i1.18196
Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355
Roji, B., Noorhidayati, S., & Anam, K. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Memahami Kitab Kuning. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 13(1), 81–89. https://doi.org/10.35457/translitera.v13i1.3641
Shafwan, M. H., & Majid, A. (2024). Pengembangan Mutu Lulusan Sekolah: Melibatkan Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(201–202). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Ma'mun Fikri, Hanafiah, Faiz Karim Fatkhullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work