Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Dalam Rangka Membina Karakter Santri di Pesantren

Authors

  • Ahmad Ma'mun Fikri Universitas Islam Nusantara
  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Faiz Karim Fatkhullah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12816

Abstract

Pesantren Cijawura Margasari Kota Bandung, yang didirikan pada tahun 1930, merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di kota tersebut dan memiliki peranan penting dalam membentuk karakter dan kepribadian santri melalui pembelajaran kitab kuning, yang mengandung nilai-nilai etika, moral, dan spiritual. Namun, dalam pelaksanaannya, pembelajaran kitab kuning sering menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya sumber daya pengajar yang kompeten, metode pengajaran yang monoton, dan pengorganisasian waktu yang tidak efektif, yang dapat berdampak negatif terhadap kualitas pendidikan dan pembinaan karakter santri. Oleh karena itu, penerapan manajemen yang lebih baik, seperti pendekatan POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling), sangat penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kitab kuning di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen pembelajaran kitab kuning dalam rangka membina karakter santri di Pesantren Cijawura Margasari Kota Bandung. Tujuan ini meliputi menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran kitab kuning di pesantren. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan khazanah keilmuan berkenaan dengan manajemen pembelajaran kitab kuning di pesantren. Selain itu, hasil penelitian ini juga diharapkan dapat digunakan bagi mudir, asatidz, dan santri dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kitab kuning dan membina karakter santri, sehingga dapat memenuhi tujuan pendidikan yang esensial.

Keywords:

Kitab Kuning, Praktik Manajemen (Pendekatan POAC), Pembinaan Karakter Santri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, A. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 2021.

Agustina, H., & Asari, H. (2019). Sistem Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Medan. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 3(2), 206. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/4803

Akbar, A., & Ismail, H. (2018). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 21. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5139

Ar Rasikh, A. R. (2018). Pembelajaran Kitab Kuning pada Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Desa Sesela Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 72–86. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.492

ASRIYAH, A. (2022). Membangun Karakter Santri Yang Kreatif, Toleran, Dan Bertanggung Jawab. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 173–182. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1482

Aulia, I., & Antariksa, W. F. (2022). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Sekolah Tinggi Kitab Kuning. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 226–234. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i3.17121

Bimbingan, S., & Amalia, K. (n.d.). Manajemen POAC dalam Pembelajaran Kelas Rangkap di. 5(4), 6227–6233.

Faiz, M., Suciamy, R., Zaskia, S., & Kusumaningrum, H. (2024). Implementasi POAC dalam Manajemen Pendidikan Modern. 4.

Farhan, F. (2019). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Pola 100 Jam Menggunakan Metode Tamyiz. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1), 38–52. https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7139

Fifi Nofiaturrahmah. (2014). Metode Pendidikan Karakter di Pesantren. Pendidikan Agama Islam, XI(1), 201–216. https://media.neliti.com/media/publications/118230-ID-metode-pendidikan-karakter-di-pesantren.pdf

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Hartono, H. (2020). Classroom Management in Basic Yellow Book Learning at The Pesantren. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 4(1), 09–21. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v4i1.557

Khafid, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Tsanawiyah Nu Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Intelegensia, 07(2), 9–20.

Kurniasari, A. (2022). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 2(1), 15–27. https://doi.org/10.18196/jasika.v2i1.22

Madi, A., & Badri, M. (2023). Inovasi Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Mi. Mambaul Ulum I Bata-Bata Pamekasan. Studia Religia : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 55–66. https://doi.org/10.30651/sr.v7i1.18196

Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355

Roji, B., Noorhidayati, S., & Anam, K. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Memahami Kitab Kuning. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 13(1), 81–89. https://doi.org/10.35457/translitera.v13i1.3641

Shafwan, M. H., & Majid, A. (2024). Pengembangan Mutu Lulusan Sekolah: Melibatkan Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(201–202). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.

Downloads

Abstract Views : 37
Downloads Count: 18

Published

2025-04-04

How to Cite

Fikri, A. M., Hanafiah, H., & Fatkhullah, F. K. (2025). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Dalam Rangka Membina Karakter Santri di Pesantren . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12816

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.