Educational Costing Plan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6622Abstract
Perencanaan pembiayan pendidikan yang baik berkontribusi besar terhadap mutu layanan pendidikan. Perencanaan pembiayaan pendidikan merupakan total biaya yang dikeluarkan baik oleh individu peserta didik, keluarga yang menyekolahkan anak, warga masyarakat perorangan, kelompok masyarakat, maupun yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk kelancaran pendidikan. Satuan pendidikan dituntut mampu menyusun perencanaan pembiayaan secara tepat. Permasalahan utama penelitian ini yaitu bahwa satuan pendidikan memerlukan adanya model perencanaan pembiayaan yang dipandang efektif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid dengan bertujuan untuk menggambarkan perencanaan pembiayaan pendidikan untuk meningkatkan mutu layanan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembiayaan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid dengan menerapkan sistem EDM terbukti sangat efektif dan efisien. Dengan bertumpu pada proses optimalisasi sumber dana yang ada, perencanaan pembiayaan lebih mudah diterapkan dan lebih transparan. Selain itu, melalui sistem EDM, madrasah dapat melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam penyelenggaraan kegiatan madrasah dengan menetapkan tujuan dari madrasah itu sendiri serta mengidentifikasi kelemahan untuk memahami akar penyebab dari masalah yang menjadi. Temuan kunci dalam konsep pembiayaan pendidikan berbasis EDM yaitu analisis kebutuhan, penetapan tujuan, perencanaan pembiayaan, pengembangan sumber dana, transparansi keuangan, pemantauan dan evaluasi berkala, serta partisipasi masyarakat demi berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta memudahkan program-program yang dirancang madrasah untuk tahun-tahun berikutnya.
Keywords:
Perencanaan Pembiayaan, EDM, Mutu LayananDownloads
References
Ariskawanti, E., & Munastiwi, E. (2022). Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembiayaan Pendidikan di Sekolah Menengah Atas Ma ’ arif Wadaslintang. Pendidikan Riset Dan Konseptual, 6(3).
Badriyatul Fitri, U. N., Latief, M. F. N. J., Bukhori, I., & Hidayat, A. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Koperasi Pondok Pesantren. TADBIR MUWAHHID, 5(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3812
Fadhila, H. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hikmah, H. (2019). Optimalisasi manajemen keuangan pendidikan di indonesia. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.47945/transformasi.v1i2.308
Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2018). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3). https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9620
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. In XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukaromah, ’Uliyatul. (2021). Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Sumber Dana Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02). https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.2994
Mukhlisin, M., Mujahidin, E., & Indupurnahayu, I. (2019). Filantropi Islam sebagai Strategi Manajemen Keuangan Lembaga Pendidikan. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 1(1). https://doi.org/10.32832/itjmie.v1i1.2702
Najihah, I., & Muhammad, S. H. (2021). Konsep Manajemen Keuangan Dalam Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Al Qur’an Dan Hadis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.21616
Noor Islahudin, A., & Ramadhani Wulandari, N. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Perspektif Al-Quran. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i1.24
Rifa’i, M. (2017). Community Empowerment in Islamic Boarding School (Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan). Educations, 01(March).
Rifai, M. (2022). Strategi peningkatan Profit Usaha Ritel Pada Pondok Pesantren. Profit: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2). https://doi.org/10.33650/profit.v4i2.1591
Ritonga, N. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Islam Berbasis Wakaf di Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang. Edu Riligia, 3(2).
Rojii, M. (2019). Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SD Khazanah Ilmu. Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di SD, 4.
Ruslan wahyudin, U. (2020). Manajemen Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Penyelenggaraan Sistem...). Deepublish.
Sa’adah, Z. M. (2022). Manajemen pembiayaan pendidikan di Pondok Pesantren Al-Mawaddah Kudus. Eprints.Walisongo.Ac.Id, 1.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.
Saputra, Y. S., Yulisma, L., Arifin, N. R., Hanafiah, N., & Wahidin, D. (2023). Manajemen Evaluasi Diri Dalam Peningkatan Kinerja Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9813
Solehan, S. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3046
Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Utami, R. (2021). Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan di MTs. Al-Manar Nurul Iman Sidamanik. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(1). https://doi.org/10.51178/ce.v2i1.186
Wulandari, Azizah. Munastiwi, Erni. Dinana, A. (2022). Implementasi Manajemen Keuangan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1).
Yuspiani, & Hidayat, M. (2022). Manajemen Keuangan Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.27545.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moh Rifai, Shofwatul Ummah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work