Toleransi Sebagai Tujuan Pendidikan Dalam Al-Qur'an
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12817Abstract
Toleransi adalah salah satu nilai yang sangat penting dalam konteks pendidikan menurut Al-Quran, bukan hanya sekedar penerimaan terhadap perbedaan tetapi juga sebagai sikap proaktif dalam menjalin komunikasi dan kesepahaman dengan individu memiliki pandangan dan keyakinan yang berbeda. Pendekatan ini dapat membangun dialog antar budaya dan agama, menciptakan ruang bagi kerjasama dan sinergi positif di antara masyarakat yang berciri plural. Guru dan pendidik bertanggung jawab dalam mengintegrasikan nilai-nilai toleransi ke dalam proses pembelajaran, tidak hanya tentang pengajaran materi tetapi juga mendidik hati dan pikiran siswa untuk memahami dan menghargai perbedaan. Dengan menggunakan tafsir maudhu'i, artikel ini menganalisis sejumlah ayat yang mencontohkan pentingnya toleransi dalam konteks pendidikan. Toleransi tidak hanya diartikan sebagai penerimaan terhadap perbedaan, tetapi juga sebagai sikap proaktif dalam menjalin komunikasi dan kesepahaman dengan individu yang memiliki pandangan dan keyakinan yang berbeda. Melalui pendekatan ini, penulis menggambarkan bagaimana pendidikan dalam Islam dapat menjadi platform untuk membangun dialog antar budaya dan agama, sehingga menciptakan ruang bagi kerjasama dan sinergi positif di antara masyarakat yang berciri plural. Dengan menekankan prinsip toleransi yang berasal dari ajaran Islam, diharapkan generasi mendatang lebih mampu menghadapi tantangan globalisasi dan pluralisme tanpa kehilangan identitas dan nilai-nilai moral.
Keywords:
Pendidikan, Al-Quran, Toleransi, Tafsir Maudhu'i, KarakterDownloads
References
Al-Attas, M. (1991). The Concept of Education in Islam. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization.
Dahril, M. (2018). "Pengaruh Pendidikan Toleransi terhadap Pengurangan Konflik Sosial di Masyarakat", Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).
Hasan, A. dan Afrianto, R. (2019). "Pendidikan untuk Toleransi: Membangun Karakter Siswa di Era Pluralisme", Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1)
Nursyam, R. (2020). "Peran Toleransi dalam Membangun Hubungan Interpersonal yang Baik", Jurnal Psikologi dan Sosial, 3(1)
Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan al-Quran , (Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Ahmad Munir, Tafsir Tarbawi, (Yogyakarta: Sukses Offest: 2008)
Hamid Darmadi, Pengantar Pendidikan Era Globalisasi, (Jakarta: An image, 2019).
La Ode Ismail Ahmad dkk., Pemikiran Modern dalam Islam: Konsep, Tokoh, dan Organisasi, 1 ed. (Makasar: Alauddin University Press, 2018).
M. Quraish Shihab, Membumikan al-Quran, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan
M. Shihab, Quraish (2016) Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Cet. 13; Jakarta: Penerbit Lentera Hati. ------- (2011) Membumikan Al-Qur’an. Cet. 1; Jakarta: Lentera Hati.Masyarakat, (Bandung: Mizan, 2003), cet.ke-25, h. 172
Mudzakkirah Ushûlil Fiqh, hlm. 533-534, karya Syaikh asy-Syinqîthi, tahqîq: Abu Hafsh Sâmi al-‘Arabi, penerbit: Dârul Yaqîn, cet: 1, th. 1419 H / 1999 M
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai. Pustaka, Cet.3, 2005)
Tim penyusun kementrian agama RI, Tanya Jawab Moderasi Beragama, (Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Ma'mun Fikri, Ahmad Saefurrijal, Iskandar Mirza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work