Toleransi Sebagai Tujuan Pendidikan Dalam Al-Qur'an

Authors

  • Ahmad Ma'mun Fikri Universitas Islam Nusantara
  • Ahmad Saefurrijal Universitas Islam Nusantara
  • Iskandar Mirza Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12817

Abstract

Toleransi adalah salah satu nilai yang sangat penting dalam konteks pendidikan menurut Al-Quran, bukan hanya sekedar penerimaan terhadap perbedaan tetapi juga sebagai sikap proaktif dalam menjalin komunikasi dan kesepahaman dengan individu memiliki pandangan dan keyakinan yang berbeda. Pendekatan ini dapat membangun dialog antar budaya dan agama, menciptakan ruang bagi kerjasama dan sinergi positif di antara masyarakat yang berciri plural. Guru dan pendidik bertanggung jawab dalam mengintegrasikan nilai-nilai toleransi ke dalam proses pembelajaran, tidak hanya tentang pengajaran materi tetapi juga mendidik hati dan pikiran siswa untuk memahami dan menghargai perbedaan. Dengan menggunakan tafsir maudhu'i, artikel ini menganalisis sejumlah ayat yang mencontohkan pentingnya toleransi dalam konteks pendidikan. Toleransi tidak hanya diartikan sebagai penerimaan terhadap perbedaan, tetapi juga sebagai sikap proaktif dalam menjalin komunikasi dan kesepahaman dengan individu yang memiliki pandangan dan keyakinan yang berbeda. Melalui pendekatan ini, penulis menggambarkan bagaimana pendidikan dalam Islam dapat menjadi platform untuk membangun dialog antar budaya dan agama, sehingga menciptakan ruang bagi kerjasama dan sinergi positif di antara masyarakat yang berciri plural. Dengan menekankan prinsip toleransi yang berasal dari ajaran Islam, diharapkan generasi mendatang lebih mampu menghadapi tantangan globalisasi dan pluralisme tanpa kehilangan identitas dan nilai-nilai moral.

Keywords:

Pendidikan, Al-Quran, Toleransi, Tafsir Maudhu'i, Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Attas, M. (1991). The Concept of Education in Islam. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization.

Dahril, M. (2018). "Pengaruh Pendidikan Toleransi terhadap Pengurangan Konflik Sosial di Masyarakat", Jurnal Pendidikan Islam, 4(2).

Hasan, A. dan Afrianto, R. (2019). "Pendidikan untuk Toleransi: Membangun Karakter Siswa di Era Pluralisme", Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1)

Nursyam, R. (2020). "Peran Toleransi dalam Membangun Hubungan Interpersonal yang Baik", Jurnal Psikologi dan Sosial, 3(1)

Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan al-Quran , (Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Ahmad Munir, Tafsir Tarbawi, (Yogyakarta: Sukses Offest: 2008)

Hamid Darmadi, Pengantar Pendidikan Era Globalisasi, (Jakarta: An image, 2019).

La Ode Ismail Ahmad dkk., Pemikiran Modern dalam Islam: Konsep, Tokoh, dan Organisasi, 1 ed. (Makasar: Alauddin University Press, 2018).

M. Quraish Shihab, Membumikan al-Quran, Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan

M. Shihab, Quraish (2016) Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Cet. 13; Jakarta: Penerbit Lentera Hati. ------- (2011) Membumikan Al-Qur’an. Cet. 1; Jakarta: Lentera Hati.Masyarakat, (Bandung: Mizan, 2003), cet.ke-25, h. 172

Mudzakkirah Ushûlil Fiqh, hlm. 533-534, karya Syaikh asy-Syinqîthi, tahqîq: Abu Hafsh Sâmi al-‘Arabi, penerbit: Dârul Yaqîn, cet: 1, th. 1419 H / 1999 M

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai. Pustaka, Cet.3, 2005)

Tim penyusun kementrian agama RI, Tanya Jawab Moderasi Beragama, (Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI

Downloads

Abstract Views : 14
Downloads Count: 4

Published

2025-04-07

How to Cite

Fikri, A. M., Saefurrijal, A., & Mirza, I. (2025). Toleransi Sebagai Tujuan Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12817

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.