Manajemen Muraja’ah Dalam Rangka Membina Kemampuan Menghapal Al-Quran di Rumah Tahfidz Abu Bakar Ash-Shiddiq Bandung

Authors

  • Asep Setiadi Universitas Islam Nusantara
  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Faiz Karim Fatkhullah Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12818

Abstract

Muraja’ah merupakan proses penting dalam penghafalan Al-Qur'an yang melibatkan pengulangan untuk memastikan hafalan dapat dibaca dengan lancar dan benar. Di Rumah Tahfidz Abu Bakar Ash-Shiddiq Bandung, muraja’ah diterapkan sebagai metode penting untuk memperkuat kapasitas hafalan santri. Mengingat tantangan yang dihadapi, seperti variasi metode, ketahanan mental, dan dukungan lingkungan, dapat mempengaruhi efektivitas proses ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik manajemen muraja’ah yang diterapkan memanfaatkan pendekatan teori POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) untuk memberikan kerangka kerja sistematis dalam membina hafalan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan metode pendidikan Al-Qur'an. Studi ini fokus pada aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi muraja’ah, serta rekomendasi perbaikan metode manajemen untuk meningkatkan proses penghafalan. Dengan menerapkan strategi yang tepat, diharapkan santri tidak hanya mampu menghafal Al-Qur'an tetapi juga memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menciptakan generasi penghafal Al-Qur'an yang berkualitas yang berdampak positif bagi masyarakat dan bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, kemudia Analisis dari penelitian ini diharapkan mampu melahirkan model manajemen muraja’ah yang efisien, sehingga para santri dapat lebih menikmati proses belajar mereka.

Keywords:

Muraja’ah, Manajemen Pendidikan, Al-Qur'an

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Z. (2013). Keberhasilan Belajar Siswa. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.

Atmi, N. (2023). Efektivitas Metode Muraja’ah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Kelas Takhassus Di SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Education and Learning Journal, 4(2), 128–133. https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljour/article/view/473

Dakhi, Y. (2016). Implementasi POAC Terhadap Kegiatan Organisasi dalam Mencapai Tujuan Tertentu. Jurnal Warta, 53(9), 2. https://media.neliti.com/media/publications/290701-implementasi-poac-terhadap-kegiatan-orga-bdca8ea0.pdf

Faisal, R., Zanah, M., & Sulaksana, J. (2016). Pengaruh Fungsi Manajemen Terhadap KepuasanKerja Karyawan (Suatu Kasus di Home Industri Asri Rahayu di Wilayah Majalengka). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Peternakan, 4(2), 157–166.

Ismatulloh, A. M., & Jannah, Z. (2024). Al Qur ’ an dalam Praktik Sosial : Hafizah Sebagai Agen Transformasi. 4(September).

Khozin, N. (2021). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pai Fitk Iain Ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 11–38. https://doi.org/10.33477/alt.v6i2.2491

Lauchia, R., Dwi, F. E., & Ahmad, M. (2023). Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 13–22. https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php/jps/article/view/11

Lenny Situmorang, Mansur Tanjung, & Yacub Hutabarat. (2023). Pengaruh Pembagian Tugas Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pemerintahan Kecamatan Sibolga Kota. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 151–163. https://doi.org/10.59024/jise.v1i3.185

Partono, P., Hamengkubuwono, H., & Fransiska, J. (2020). Model Example Non Example Dalam Pembelajaran Tajwid. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 23. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1336

Prahastiwi, E. D., Cahyono, D. D., Wibawa, G. A., Tentiasih, S., Ruhadi, R., Ismail, & Suprayitno, K. (2023). Penerapan Metode Muraja’ah Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surah Pendek Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 129–135.

Purnamasari, P. (2022). Problematika Dalam Menghafal Dan Muroja ’ ah Al- Qur ’ an Juz 30 Surah Pendek Bagi Santri Di TPA Nurul Ulum Unit 093 Kota Prabumulih. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 65–74. http://pkm.stit-ru.ac.id/index.php/khidmah/article/view/6

Romdhoni, A. (2015). Tradisi Hafalan Qur’an di Masyarakat Muslim Indonesia. Journal of Qur’an and Hadith Studies, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.15408/quhas.v4i1.2280

Rukmin, H. J., Khalid, A., & Rizal, S. (2019). Peranan Sistem Pengendalian Manajemen pada Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (Studi Kasus pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto). Jurnal Ekonomi Invoice Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 173–183. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/invoice

Saini, M., & Latipah, S. (2022). Pendidikan Karakter Santri Berbasis Pesantren Tahfidzul Qur’an di Desa Jabon Kertosono Nganjuk. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3). https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1337

Sholikhah, M., & Khosyiin, M. I. (2023). Efektifitas Organisasi Dalam Meningkatkan Keberhasilan Tujuan Pendidikan. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 3(2), 53–64.

Sinaga, K. (2017). Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Mewujudkan Pekerjaan Yang Efektif Danefisien Pada Bidang Kepemudaan Di Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Publik Reform, 11(2), 4.

Sinta Sukma Ayu, & Zuhrinal M. Nawawi. (2023). Penerapan Planning, Organizing, Actuating, And Controlling (POAC) Dalam Manajemen Bisnis Islam. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 51–68. https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i1.1733

Siti Lutfiyyah. (2024). Metode Muraja’ah bagi Hafalan Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusa, 8(1), 9182–9189.

Sopyan, A., & Hanafiah, N. (2022). Pembiasaan Muraja’ah Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 1(2), 100–105. https://doi.org/10.56916/ijess.v1i2.230

Utomo, S. B., Iriani, A., & Satyawati, S. T. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.8289

Downloads

Abstract Views : 13
Downloads Count: 7

Published

2025-04-04

How to Cite

Setiadi, A., Hanafiah, H., & Fatkhullah, F. K. (2025). Manajemen Muraja’ah Dalam Rangka Membina Kemampuan Menghapal Al-Quran di Rumah Tahfidz Abu Bakar Ash-Shiddiq Bandung. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12818

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.