Manajemen Muraja’ah Dalam Rangka Membina Kemampuan Menghapal Al-Quran di Rumah Tahfidz Abu Bakar Ash-Shiddiq Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12818Abstract
Muraja’ah merupakan proses penting dalam penghafalan Al-Qur'an yang melibatkan pengulangan untuk memastikan hafalan dapat dibaca dengan lancar dan benar. Di Rumah Tahfidz Abu Bakar Ash-Shiddiq Bandung, muraja’ah diterapkan sebagai metode penting untuk memperkuat kapasitas hafalan santri. Mengingat tantangan yang dihadapi, seperti variasi metode, ketahanan mental, dan dukungan lingkungan, dapat mempengaruhi efektivitas proses ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik manajemen muraja’ah yang diterapkan memanfaatkan pendekatan teori POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) untuk memberikan kerangka kerja sistematis dalam membina hafalan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan metode pendidikan Al-Qur'an. Studi ini fokus pada aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi muraja’ah, serta rekomendasi perbaikan metode manajemen untuk meningkatkan proses penghafalan. Dengan menerapkan strategi yang tepat, diharapkan santri tidak hanya mampu menghafal Al-Qur'an tetapi juga memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menciptakan generasi penghafal Al-Qur'an yang berkualitas yang berdampak positif bagi masyarakat dan bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, kemudia Analisis dari penelitian ini diharapkan mampu melahirkan model manajemen muraja’ah yang efisien, sehingga para santri dapat lebih menikmati proses belajar mereka.
Keywords:
Muraja’ah, Manajemen Pendidikan, Al-Qur'anDownloads
References
Agus, Z. (2013). Keberhasilan Belajar Siswa. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.
Atmi, N. (2023). Efektivitas Metode Muraja’ah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Kelas Takhassus Di SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Education and Learning Journal, 4(2), 128–133. https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljour/article/view/473
Dakhi, Y. (2016). Implementasi POAC Terhadap Kegiatan Organisasi dalam Mencapai Tujuan Tertentu. Jurnal Warta, 53(9), 2. https://media.neliti.com/media/publications/290701-implementasi-poac-terhadap-kegiatan-orga-bdca8ea0.pdf
Faisal, R., Zanah, M., & Sulaksana, J. (2016). Pengaruh Fungsi Manajemen Terhadap KepuasanKerja Karyawan (Suatu Kasus di Home Industri Asri Rahayu di Wilayah Majalengka). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Peternakan, 4(2), 157–166.
Ismatulloh, A. M., & Jannah, Z. (2024). Al Qur ’ an dalam Praktik Sosial : Hafizah Sebagai Agen Transformasi. 4(September).
Khozin, N. (2021). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pai Fitk Iain Ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 11–38. https://doi.org/10.33477/alt.v6i2.2491
Lauchia, R., Dwi, F. E., & Ahmad, M. (2023). Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 13–22. https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php/jps/article/view/11
Lenny Situmorang, Mansur Tanjung, & Yacub Hutabarat. (2023). Pengaruh Pembagian Tugas Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pemerintahan Kecamatan Sibolga Kota. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 151–163. https://doi.org/10.59024/jise.v1i3.185
Partono, P., Hamengkubuwono, H., & Fransiska, J. (2020). Model Example Non Example Dalam Pembelajaran Tajwid. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 23. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1336
Prahastiwi, E. D., Cahyono, D. D., Wibawa, G. A., Tentiasih, S., Ruhadi, R., Ismail, & Suprayitno, K. (2023). Penerapan Metode Muraja’ah Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surah Pendek Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 129–135.
Purnamasari, P. (2022). Problematika Dalam Menghafal Dan Muroja ’ ah Al- Qur ’ an Juz 30 Surah Pendek Bagi Santri Di TPA Nurul Ulum Unit 093 Kota Prabumulih. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 65–74. http://pkm.stit-ru.ac.id/index.php/khidmah/article/view/6
Romdhoni, A. (2015). Tradisi Hafalan Qur’an di Masyarakat Muslim Indonesia. Journal of Qur’an and Hadith Studies, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.15408/quhas.v4i1.2280
Rukmin, H. J., Khalid, A., & Rizal, S. (2019). Peranan Sistem Pengendalian Manajemen pada Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (Studi Kasus pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto). Jurnal Ekonomi Invoice Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 173–183. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/invoice
Saini, M., & Latipah, S. (2022). Pendidikan Karakter Santri Berbasis Pesantren Tahfidzul Qur’an di Desa Jabon Kertosono Nganjuk. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3). https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1337
Sholikhah, M., & Khosyiin, M. I. (2023). Efektifitas Organisasi Dalam Meningkatkan Keberhasilan Tujuan Pendidikan. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 3(2), 53–64.
Sinaga, K. (2017). Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Mewujudkan Pekerjaan Yang Efektif Danefisien Pada Bidang Kepemudaan Di Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Publik Reform, 11(2), 4.
Sinta Sukma Ayu, & Zuhrinal M. Nawawi. (2023). Penerapan Planning, Organizing, Actuating, And Controlling (POAC) Dalam Manajemen Bisnis Islam. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 51–68. https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i1.1733
Siti Lutfiyyah. (2024). Metode Muraja’ah bagi Hafalan Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusa, 8(1), 9182–9189.
Sopyan, A., & Hanafiah, N. (2022). Pembiasaan Muraja’ah Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 1(2), 100–105. https://doi.org/10.56916/ijess.v1i2.230
Utomo, S. B., Iriani, A., & Satyawati, S. T. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v5i2.8289
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asep Setiadi, Hanafiah, Faiz Karim Fatkhullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work