Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8810Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SDN Cisaat, Sukabumi. Program ini bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan sehat bagi peserta didik, serta melindungi mereka dari kekerasan dan diskriminasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Cisaat telah menjalankan program SRA dengan baik melalui kolaborasi dengan orang tua, Puskesmas, dan pihak kepolisian setempat untuk mendukung kesehatan dan keamanan peserta didik. Selain itu, sekolah juga menerapkan berbagai kegiatan seperti sosialisasi anti-bullying, pemeriksaan jajanan, dan program Kantin Sehat. Meskipun fasilitas sekolah secara umum sudah memadai, terdapat kekurangan ruang kelas dan guru Bimbingan Konseling (BK). Namun, antusiasme peserta didik dan dukungan dari orang tua dalam pelaksanaan program SRA sangat positif. Dengan program ini, SDN Cisaat diharapkan dapat terus menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman, ramah, dan mendukung bagi seluruh peserta didik, serta meminimalisasi risiko kekerasan dan bullying di sekolah.
Keywords:
Sekolah Ramah Anak, pelaksanaan, Sekolah DasarDownloads
References
Hamdi, R., Yuliansyah, M., & Madihah, H. (2023). Implementasi Manajemen Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus : Sd Negeri 8 Kampung Baru Dan Sdit Ar-Rasyid Kabupaten Tanah Bumbu). Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 3(2), 66. https://doi.org/10.31602/jmpd.v3i2.11539
Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (2021). Pedoman Satuan Pendidikan Ramah Anak.
Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. (2015). Panduan sekolah ramah anak.
Rangkuti, S., & Maksum, I. R. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMPN 6 Depok Jawa Barat. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), (7)((2)), 231–244.
Reza Maharani Putri Tizaka, H. I. (2023). Analisis Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di Surabaya. 1(6).
Siti Nurjanah. (2017). Keberpihakan Hukum Islam Terhadap Perlindungan Anak. Al Adalah, 14(2), 391–432. http://dx.doi.org/10.24042/adalah.v%25vi%25i.2905
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); Edisi ke 2). Alfabeta, cv.
Utami, T., Kusumawiranti, R., & Mali, M. G. (2021). Implementasi Sekolah Ramah Anak Di SDN Lempuyangwangi Kota Yogyakarta. Populika, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.37631/populika.v9i2.316
Yulia, P., & Dewi, A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. 1(1), 39–48.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aulia Putri Wahyuni, Iis Nurasiah, Din Anwar Uswatun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work