Peningkatan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual

Authors

  • Siti Diyah Rachmatika Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dyah Lyesmaya Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9555

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari hasil temuan observasi yang menunjukkan bahwa karakter kedisiplinan siswa di SD Negeri Cisarua masih pada tingkat yang rendah. Rendahnya tingkat kedisiplinan siswa di kelas mejadi dasar penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan karakter kedisiplinan siswa kelas III. Siswa kelas III SD Negeri Cisarua berjumlan tiga puluh lima orang sebagai subjek penelitian. Metode yang digunaka dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Metode pengumpulan data melalui observasi. Penelitian ini fokus pada peningkatan kedisiplinan siswa sekolah dasar melalui pemanfaatan media audio visual. Hasil pra siklus menunjukkan kedisiplinan indikator siswa datang tepat waktu ke sekolah sebesar 73,6% meningkat pada siklus I menjadi 100% dan bertahan hingga siklus II. Indikator siswa membawa buku belajaran dan alat tulis pada observasi sebesar 57,1%, kemudian meningkat setelah siklus I menjadi 65%, kemudian pada siklus II meningkat hingga 91,4%. Kedisiplinan  Indikator ke-3 siswa mengumpulkan tugas PR tepat waktu pada pra siklus sebesar 56,4%,, pada siklus I meningkat menjadi 63%, kemudian pada siklus II meningkat hingga 80,7%. Kedisiplinan indikator ke-4 siswa melaksanakan piket sesuai jadwal pada prasiklus sebesar 65%, pada siklus I meningkat menjadi 67,1%, kemudian pada siklus II meningkat mejadi 90%. Kedisiplinan indikator ke-5 sisiwa menyimak ketika pemberian materi pada prasiklus sebesar 40%, pada siklus I meningkat 52,9%, pada siklus II meingkat hingga 80,7%. Berdasarkan hasil tersebut bahawa penggunaan media pembelajaran audi visual dapat meningkatkan kedisiplinan siswa kels III di SD Negeri Cisarua.

Keywords:

Kedisiplinan , Media Audio Visual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, Williah, Rahmawati. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains. 2, (2). 2020, 35-48.

Asdar. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bogor : Azkiya Publishing.

Bana, Martinus., Bahtiar S, Reza., Nuryansa, E. (2023). Media Dongeng Berbasis Audio Visual Dalam Peningkatan Karakter Disiplin Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian. 3, (9), 7515-7524.

Damariswara, et al. (2021). Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona Di SDN Gayam 3. Jurnal Journal of Science and Social Research. 1,(1), 307– 311.

Gunawan, Heri. (2022). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung:CV Alfabeta.

Ichsan, et al. (2021). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar nasional hasil Riset dan Pengabdian ke-III (SNHRP-III). 183-184

Kuniasih N, Diah. (2018). Peningkatan Kedisiplinan Siswa melalui Pembuatan Peraturan Kelas Secara Kooperatif Pada Siswa Kelas V SD Negeri Beji , Wates, Ponorogo. Skripsi pada FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardian, Lyesmaya, Nurasiah. (2023). Pendidikan Karakter Jujur di Era Digitalisasi. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 7, (3), 2547-2553.

Musbikin, Imam. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Jakarta : Nusa Media.

Patmawati, Sri. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi.

Putri, Destia AP. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Kedisiplinan Di Sekolah Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5, (8), 421-430.

Sholena, Mukti. 2019. Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di Sd Takhassus Alquran Kalibeber Wonosobo. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 2, (1). 101-114.

Thaariq, ZZ., Wijanarko, DA., dan Kuswandi D. 2021. Desain Elaborasi Dengan Pendekatan Tringo Ki Hadjar Dewantara Dalam Bangunan Pembelajaran Digital. Seminar Nasional:Universitas Negeri Malang.

Tarigan et al. 2022. Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah. 3, (1), 149-159.

Downloads

Abstract Views : 214
Downloads Count: 240

Published

2024-09-29

How to Cite

Rachmatika, S. D., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2024). Peningkatan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9555

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.