Peningkatan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9555Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dari hasil temuan observasi yang menunjukkan bahwa karakter kedisiplinan siswa di SD Negeri Cisarua masih pada tingkat yang rendah. Rendahnya tingkat kedisiplinan siswa di kelas mejadi dasar penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan karakter kedisiplinan siswa kelas III. Siswa kelas III SD Negeri Cisarua berjumlan tiga puluh lima orang sebagai subjek penelitian. Metode yang digunaka dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Metode pengumpulan data melalui observasi. Penelitian ini fokus pada peningkatan kedisiplinan siswa sekolah dasar melalui pemanfaatan media audio visual. Hasil pra siklus menunjukkan kedisiplinan indikator siswa datang tepat waktu ke sekolah sebesar 73,6% meningkat pada siklus I menjadi 100% dan bertahan hingga siklus II. Indikator siswa membawa buku belajaran dan alat tulis pada observasi sebesar 57,1%, kemudian meningkat setelah siklus I menjadi 65%, kemudian pada siklus II meningkat hingga 91,4%. Kedisiplinan Indikator ke-3 siswa mengumpulkan tugas PR tepat waktu pada pra siklus sebesar 56,4%,, pada siklus I meningkat menjadi 63%, kemudian pada siklus II meningkat hingga 80,7%. Kedisiplinan indikator ke-4 siswa melaksanakan piket sesuai jadwal pada prasiklus sebesar 65%, pada siklus I meningkat menjadi 67,1%, kemudian pada siklus II meningkat mejadi 90%. Kedisiplinan indikator ke-5 sisiwa menyimak ketika pemberian materi pada prasiklus sebesar 40%, pada siklus I meningkat 52,9%, pada siklus II meingkat hingga 80,7%. Berdasarkan hasil tersebut bahawa penggunaan media pembelajaran audi visual dapat meningkatkan kedisiplinan siswa kels III di SD Negeri Cisarua.
Keywords:
Kedisiplinan , Media Audio VisualDownloads
References
Annisa, Williah, Rahmawati. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan dan Sains. 2, (2). 2020, 35-48.
Asdar. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bogor : Azkiya Publishing.
Bana, Martinus., Bahtiar S, Reza., Nuryansa, E. (2023). Media Dongeng Berbasis Audio Visual Dalam Peningkatan Karakter Disiplin Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian. 3, (9), 7515-7524.
Damariswara, et al. (2021). Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona Di SDN Gayam 3. Jurnal Journal of Science and Social Research. 1,(1), 307– 311.
Gunawan, Heri. (2022). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung:CV Alfabeta.
Ichsan, et al. (2021). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar nasional hasil Riset dan Pengabdian ke-III (SNHRP-III). 183-184
Kuniasih N, Diah. (2018). Peningkatan Kedisiplinan Siswa melalui Pembuatan Peraturan Kelas Secara Kooperatif Pada Siswa Kelas V SD Negeri Beji , Wates, Ponorogo. Skripsi pada FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Mardian, Lyesmaya, Nurasiah. (2023). Pendidikan Karakter Jujur di Era Digitalisasi. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 7, (3), 2547-2553.
Musbikin, Imam. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin. Jakarta : Nusa Media.
Patmawati, Sri. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi.
Putri, Destia AP. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Kedisiplinan Di Sekolah Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5, (8), 421-430.
Sholena, Mukti. 2019. Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di Sd Takhassus Alquran Kalibeber Wonosobo. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 2, (1). 101-114.
Thaariq, ZZ., Wijanarko, DA., dan Kuswandi D. 2021. Desain Elaborasi Dengan Pendekatan Tringo Ki Hadjar Dewantara Dalam Bangunan Pembelajaran Digital. Seminar Nasional:Universitas Negeri Malang.
Tarigan et al. 2022. Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah. 3, (1), 149-159.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Diyah Rahmatika, Dyah Lyesmaya, Iis Nurasiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work