Melatih Kepekaan Artistik Anak Melalui Melukis Dengan Teknik Gradasi

Authors

  • Dedeh Komalasari Universitas Islam Al Ihya
  • Lita Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4068

Keywords:

kepekaan artistik, Melukis, teknik gradasi

Abstract

Kepekaan artistik anak yang  masih kurang .disebabkanpembelajaran yang kurang  variatif di PAUD dalam bidang pengembangan seni anak, sehingga penelitihan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana melatih kepekaan artistik anak melalui teknik gradasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan teknik pegambilan data hasil dari pre-test dan post test. Subjek dari penelitian yaitu PAUD Dahlia Kelompok B Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Peneliti menentukan subjek penelitian ini yaitu siswa Kelompok B berjumlah 20 siswa.  Hasil dari penelitin ini adalah  kegiatan melukis dengan teknik gradasi dapat melatih kepekaan artistik anak dibuktikan pada perubahan dari hasil pretest serta hasil post-test,  dapat diketahui dari nilai signitifikansi (2tailed) data pree test dan post test adalah 0.00(p<0,05) sehingga hasil pree test dan post test mengalami perubahan yang sigintifikan. Kegiatan melukis dengan teknik gradasi dapat mempengaruhi kepekaan artistik anak sebesar r2= 0,1858  pada taraf signifikan 0,058 (ρ > 0,05), menunjukan bahwa kegiatan melukis dengan teknik gradasi mempengaruhi kepekaan artistik anak  sebesar 18,58 %, dan 81,42 % dipengaruhi faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lita, Universitas Majalengka

 

 

References

Aisyah, S. S. (2014). Karya Visual Anak Usia Dini Developing Visual Art In Early Childhood. Jurnal Pendidikan, 15(2), 83-93.

Amstrong, T. (2013). Kecerdasan Multiple Di Dalam Kelas. Jakarta : Pt Indek.

Anggun, A. (2021). Peningkatan Kreativitas Melalui Melukis Usia 5-6 Tahun Di Tkn Pembina Ulu Danau Sumatera Selatan (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Annisa, E. N. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Kegiatan Melukis Menggunakan Media Cat Air (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Gunung Djati Bandung).

Fatmawati, A., Asmah, A., & Anggraini, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menggambar Bebas Melalui Teknik Garis Pada Anak Kelompok A Tk Rian Patal Lawang Kabupaten Malang. In Prosiding Seminar Nasional Pgsd Unikama (Vol. 4, No. 1, Pp. 592-599).

Gusliati, P. (2019). Bentuk Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa Di Taman Kanak-Kanak Mutiara Ananda Padang. Jurnal Pelita Paud, 4(1), 81-88.

Hartono, A. P. S. H. (2022). Penerapan Teknik Gradasi Warna Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melukis Di Sdn Sawojajar 5 Kota Malang/Anner Puspa Siwi Hartono (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Malang).

Hidayat, H., Fauziyyah, P. Z., Hanafi, S. M., & Nafisah, N. B. (2021). Meningkatkan Sikap Estetis Anak Melalui Kegiatan Melukis Dengan Teknik Airbrush Di Kb-Tk Labschool Jakarta. Jea (Jurnal Edukasi Aud), 7(1), 19-25.

Hikmawati, H., Takasun, T., & Ariani, N. K. K. (2022). Upaya Meningkatkan Perkembangan Aspek Seni Anak Melalui Kegiatan Melukis Dengan Jari Di Tk Gita Maharani. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 182-187.

Mardianti, W. A. Merangsang Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Dengan Media Video

Masganti, S. Dkk (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan : Perdana Publishing

Musfiroh, Tadkiroatun (2014), Kecerdasan Majemuk Anak. Jakarta : Universitas Terbuka

Novita, S. (2021). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Bangsa Panjang Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Pekerti, Widia. (2015). Metode Pengembangan Seni. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Puspitasari, A., & Puspita, A. R. (2022). Pengembangan Kreativitas Anak Usia 6–9 Tahun Melalui Kegiatan Mewarnai Di Desa Carangrejo. Prodimas: Prosiding Pengabdian Masyarakat, 1, 248-263.

Rydhanti, Q. R. (2021). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini Di Tk Muslimat Nu 001 Ponorogo (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Novita, S. (2021). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Bangsa Panjang Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Shokiyah, N. N. (2014). Analisis Hubungan Antara Kegiatan Melukis Dengan Kebutuhan Psikologis Pada Remaja. Acintya, 6(2).

Sugiyanto, S., Pinandita, T., Jamaludin, H., & Fajarwati, S. (2022). Pelatihan Seni Menggambar Untuk Taman Anak-Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Judika), 3(1), 1-7.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sulistiyo, E. B (2016). Belajarteknik Mewarnai Dengan Crayon. Jakarta : Cikal Aksara.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Paud. Yogyakarta: Pedagogia.

Suwanti, S. Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Melukis Kelompok B2 Di Ra Rahmatul Huda Ciledug (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta).

Winarno, W., & Aryanto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kepekaan Artistik Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Unesa Angkatan 2013 Dengan Cara Melukis Menggunakan Media Cat Air Dan Lilin. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 13(1), 77-92.

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Komalasari, D., & Lita, L. (2022). Melatih Kepekaan Artistik Anak Melalui Melukis Dengan Teknik Gradasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1624–1633. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4068

Most read articles by the same author(s)