Modul Seni Musik: Eksplorasi Alat Musik Melodis, Ritmis, dan Harmonis Berbantuan QR Code untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Musik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.13060Abstract
Pembelajaran seni musik di sekolah dasar menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya sumber daya, fasilitas, dan ketidaksesuaian kompetensi guru, yang menyebabkan pembelajaran cenderung berfokus pada teori dan kurangnya eksplorasi mengenai berbagai alat musik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan modul ajar seni musik berbantuan QR Code yang dapat membantu guru menyampaikan materi secara aplikatif, serta mempermudah peserta didik untuk mempelajari berbagai alat musik, baik secara langsung maupun dengan bantuan video pembelajaran yang tersedia melalui QR Code. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Wates 01 Kota Semarang, dengan subjek penelitian 39 peserta didik dari kelas VI A dan VI B. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, angket untuk peserta didik dan guru, pretest-posttest, serta observasi keterampilan bermain musik peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul seni musik berbantuan QR Code efektif dalam meningkatkan keterampilan musik peserta didik, dengan N-Gain signifikan (0,61 untuk kelompok kecil dan 0,65 untuk kelompok besar). Kepraktisan modul juga mendapat respon positif, dengan guru memberikan respon 95% dan peserta didik 94% untuk kelas VI A serta 92% untuk kelas VI B. Berdasarkan hasil tersebut, modul ajar seni musik berbantuan QR Code dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan musik peserta didik kelas VI sekolah dasar.
Keywords:
modul seni musik, QR Code, eksplorasi, alat musikDownloads
References
Al Fajri, T. A. (2020). Pentingnya penggunaan pendekatan multimodal dalam pembelajaran. Universitas Brawijaya.
Ardipal. (2020). Pemanfaatan perangkat teknologi dalam pembelajaran musik berbasis tematik sebagai peningkatan keterampilan abad 21 bagi guru sekolah dasar. 2(2), 77–84. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v2i2.47
Bahtera, R. A., & Syeilendra. (2023). Hubungan Hasil Belajar Teori Musik Dasar Dengan Keterampilan Bermain Musik Dalam Ansambel. 1(6). https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i6.447
Banarsari, A., Nurfadilah, D. R., & Akmal, A. Z. (2023). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Pada Abad 21. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 459. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71152
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Digital Learning: The Key Concepts. Springer Science & Business Media. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Budiman, A., Sabaria, R., & Purnomo. (2020). Model Pelatihan Tari: Penguatan Kompetensi Pedagogik & Profesionalisme Guru. Panggung, 30(4), 532–548. https://doi.org/10.26742/panggung.v30i4.1370
Handayani, F. A., & Haryati, T. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran QR-Code Sebagai Upaya Implementasi Pendidikan Sesuai Kodrat Zaman KHD di SMP Negeri 6 Semarang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 809–815. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2180
Himmah, K., Nugroho, A. A., & Setyaningsih, A. N. (2024). Implementasi model experiental learning dalam pemahaman matematis materi pecahan sederhana siswa kelas ii a sd supriyadi semarang. The New Oxford Shakespeare: Modern Critical Edition, 11(1), 2670–2672. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00196643
Kristanto, A., Bandi, S., Andaryani, E. T., Winangsit, E., Sinaga, F. S. S., Fitriah, L., Fathurrahman, M., Suryani, N., Sutikno, P. Y., Kapoyos, R. J., & Hidayatullah, R. (2020). Pendidikan Seni di Era Digital. https://www.researchgate.net/profile/Riyan-Hidayatullah/publication/343969122_Pendidikan_Seni_di_Era_Digital/links/6202b25e0445354498d17285/Pendidikan-Seni-di-Era-Digital.pdf
Kusmayadi, C., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2024). Pengembangan E-Modul terhadap Keterampilan Alat Musik Pianika dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. 10(4), 1277–1283. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10419
Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289
Listari, A., Imansyah, F., & Marleni. (2022). Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar Terhadap Siswa Kelas V Tahun 2021. 2(2), 451–460. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.285
Magdalena, I., Fitroh, A., Fadhilah, D., Habsah, D., & Qodrawati, R. (2023). Mengelolah Data Uji Validitas dan Reliabilitas dalam PenelitianPendidikan: Instrumen Tes dan Non Tes Peserta Didik Kelas IV SDNPondok Kacang Barat 03. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(2), 49–53. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/18
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. 2, 170–187. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.805
Maharani, D., & Desyandri. (2024). Pengembangan E-Modul Ansambel Musik Berbasis Project Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. 17(1), 29–38. https://doi.org/10.33369/pgsd.17.1.29-28
Mahmudah, I., Sari, Y., Putri, & Istiqamah. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Dan Kearifan Lokal Pada Materi Seni Musik SD. Vol. 2 (2023): Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 73–83.
Mailani, E., Manjani, N., Wulandari, D., Hadi, R. T., Rizky, S. N., Turnip, L. R., & Tianda, N. D. (2024). Analisis Kualitas Fasilitas Ruang Kelas dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. … Dan Ilmu Sosial, 2(2). https://journal.aripi.or.id/index.php/Sadewa/article/view/853%0Ahttps://journal.aripi.or.id/index.php/Sadewa/article/download/853/916
Maladerita, W., Ardipal, Desyandri, & Zikri, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Seni Pembelajaran Tematik Dengan Strategi Lesson Study Di Sekolah Dasar. 3(3), 983–989. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.205
Nugraha, J., Santoso, & Murtono. (2021). Pengembangan Modul Seni Musik Berbasis Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Musik pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Siswa Sekolah Dasar. 4(2), 189–200.
Nurdin, S., Cibro, N. A., & Oviana, W. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Di SD/MI. 5, 37–52. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/fitrah.v5i1.2462
Oktari, S. T., & Desyandri. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Seni Musik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1771–1779. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.897
Peraturan Pemerintah RI. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Puspitasari, A. E., & Indriayu, M. (2024). Implementasi Penggunaan QR Code Sebagai Media Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. 7(3), 183–192. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91544
Rianduli, R., & Sianturi, E. (2023). Metode Konstruktivisme dalam Pembelajaran Seni Musik di SMA Negeri 4 Manado. 4(1), 33–52.
Sa’adah, N., & Suryanti. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Quartet Card “ Orcen ” Berbasis Qr-Code Materi Organ Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. 12 Nomor 6, 986–1000.
Sarah, S. (2024). Analisis Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menengah Pertama Kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. 1852–1860.
Sari, A. P., & Munir. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektivitas Kegiatan di Kelas. 4(September), 977–983. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5127
Sunandar, A., Supriyadi, & Hilmiyati, F. (2024). Instrumen Penilaian Psikomotorik : Analisis Kajian Literatur. 5, 270–283.
Sutisna, R. H., Novianti, P. R., & Akbar, A. (2017). Analisis Situasi Pembelajaran Musik Di Sekolah Dasar Di Wilayah Kabupaten Sumedang Jawa Barat Rony Hidayat Sutisna , Pupung Rahayu Novianti , Aulia Akbar A . Pendahuluan Pendidikan seni berperan penting dalam pengembangan kecerdasan pendidikan seni yaitu. 3(2), 157–170.
Ulia, N., Ismiyanti, Y., & Setiana, L. N. (2019). Meningkatkan Literasi Melalui Bahan Ajar Tematik Saintifik Berbasis Kearifan Lokal. 2(2), 150–160. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.3402
Viani, W. C., & Ardipal. (2019). Pembelajaran Seni Musik Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 970–975. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.199
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Farras Salma, Putri Yanuarita Sutikno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work