Modul Seni Musik: Eksplorasi Alat Musik Melodis, Ritmis, dan Harmonis Berbantuan QR Code untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Musik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.13060

Abstract

Pembelajaran seni musik di sekolah dasar menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya sumber daya, fasilitas, dan ketidaksesuaian kompetensi guru, yang menyebabkan pembelajaran cenderung berfokus pada teori dan kurangnya eksplorasi mengenai berbagai alat musik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan modul ajar seni musik berbantuan QR Code yang dapat membantu guru menyampaikan materi secara aplikatif, serta mempermudah peserta didik untuk mempelajari berbagai alat musik, baik secara langsung maupun dengan bantuan video pembelajaran yang tersedia melalui QR Code. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Wates 01 Kota Semarang, dengan subjek penelitian 39 peserta didik dari kelas VI A dan VI B. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, angket untuk peserta didik dan guru, pretest-posttest, serta observasi keterampilan bermain musik peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul seni musik berbantuan QR Code efektif dalam meningkatkan keterampilan musik peserta didik, dengan N-Gain signifikan (0,61 untuk kelompok kecil dan 0,65 untuk kelompok besar). Kepraktisan modul juga mendapat respon positif, dengan guru memberikan respon 95% dan peserta didik 94% untuk kelas VI A serta 92% untuk kelas VI B. Berdasarkan hasil tersebut, modul ajar seni musik berbantuan QR Code dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan musik peserta didik kelas VI sekolah dasar.

Keywords:

modul seni musik, QR Code, eksplorasi, alat musik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fajri, T. A. (2020). Pentingnya penggunaan pendekatan multimodal dalam pembelajaran. Universitas Brawijaya.

Ardipal. (2020). Pemanfaatan perangkat teknologi dalam pembelajaran musik berbasis tematik sebagai peningkatan keterampilan abad 21 bagi guru sekolah dasar. 2(2), 77–84. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v2i2.47

Bahtera, R. A., & Syeilendra. (2023). Hubungan Hasil Belajar Teori Musik Dasar Dengan Keterampilan Bermain Musik Dalam Ansambel. 1(6). https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i6.447

Banarsari, A., Nurfadilah, D. R., & Akmal, A. Z. (2023). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Pada Abad 21. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 459. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71152

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Digital Learning: The Key Concepts. Springer Science & Business Media. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Budiman, A., Sabaria, R., & Purnomo. (2020). Model Pelatihan Tari: Penguatan Kompetensi Pedagogik & Profesionalisme Guru. Panggung, 30(4), 532–548. https://doi.org/10.26742/panggung.v30i4.1370

Handayani, F. A., & Haryati, T. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran QR-Code Sebagai Upaya Implementasi Pendidikan Sesuai Kodrat Zaman KHD di SMP Negeri 6 Semarang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 809–815. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2180

Himmah, K., Nugroho, A. A., & Setyaningsih, A. N. (2024). Implementasi model experiental learning dalam pemahaman matematis materi pecahan sederhana siswa kelas ii a sd supriyadi semarang. The New Oxford Shakespeare: Modern Critical Edition, 11(1), 2670–2672. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00196643

Kristanto, A., Bandi, S., Andaryani, E. T., Winangsit, E., Sinaga, F. S. S., Fitriah, L., Fathurrahman, M., Suryani, N., Sutikno, P. Y., Kapoyos, R. J., & Hidayatullah, R. (2020). Pendidikan Seni di Era Digital. https://www.researchgate.net/profile/Riyan-Hidayatullah/publication/343969122_Pendidikan_Seni_di_Era_Digital/links/6202b25e0445354498d17285/Pendidikan-Seni-di-Era-Digital.pdf

Kusmayadi, C., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2024). Pengembangan E-Modul terhadap Keterampilan Alat Musik Pianika dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Dasar. 10(4), 1277–1283. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10419

Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289

Listari, A., Imansyah, F., & Marleni. (2022). Analisis Peran Guru Dalam Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar Terhadap Siswa Kelas V Tahun 2021. 2(2), 451–460. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.285

Magdalena, I., Fitroh, A., Fadhilah, D., Habsah, D., & Qodrawati, R. (2023). Mengelolah Data Uji Validitas dan Reliabilitas dalam PenelitianPendidikan: Instrumen Tes dan Non Tes Peserta Didik Kelas IV SDNPondok Kacang Barat 03. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(2), 49–53. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk/article/view/18

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. 2, 170–187. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.805

Maharani, D., & Desyandri. (2024). Pengembangan E-Modul Ansambel Musik Berbasis Project Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. 17(1), 29–38. https://doi.org/10.33369/pgsd.17.1.29-28

Mahmudah, I., Sari, Y., Putri, & Istiqamah. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Dan Kearifan Lokal Pada Materi Seni Musik SD. Vol. 2 (2023): Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 73–83.

Mailani, E., Manjani, N., Wulandari, D., Hadi, R. T., Rizky, S. N., Turnip, L. R., & Tianda, N. D. (2024). Analisis Kualitas Fasilitas Ruang Kelas dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. … Dan Ilmu Sosial, 2(2). https://journal.aripi.or.id/index.php/Sadewa/article/view/853%0Ahttps://journal.aripi.or.id/index.php/Sadewa/article/download/853/916

Maladerita, W., Ardipal, Desyandri, & Zikri, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Seni Pembelajaran Tematik Dengan Strategi Lesson Study Di Sekolah Dasar. 3(3), 983–989. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.205

Nugraha, J., Santoso, & Murtono. (2021). Pengembangan Modul Seni Musik Berbasis Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Bermain Musik pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Siswa Sekolah Dasar. 4(2), 189–200.

Nurdin, S., Cibro, N. A., & Oviana, W. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Di SD/MI. 5, 37–52. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/fitrah.v5i1.2462

Oktari, S. T., & Desyandri. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Seni Musik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1771–1779. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.897

Peraturan Pemerintah RI. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Puspitasari, A. E., & Indriayu, M. (2024). Implementasi Penggunaan QR Code Sebagai Media Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. 7(3), 183–192. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91544

Rianduli, R., & Sianturi, E. (2023). Metode Konstruktivisme dalam Pembelajaran Seni Musik di SMA Negeri 4 Manado. 4(1), 33–52.

Sa’adah, N., & Suryanti. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Quartet Card “ Orcen ” Berbasis Qr-Code Materi Organ Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. 12 Nomor 6, 986–1000.

Sarah, S. (2024). Analisis Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menengah Pertama Kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. 1852–1860.

Sari, A. P., & Munir. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektivitas Kegiatan di Kelas. 4(September), 977–983. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5127

Sunandar, A., Supriyadi, & Hilmiyati, F. (2024). Instrumen Penilaian Psikomotorik : Analisis Kajian Literatur. 5, 270–283.

Sutisna, R. H., Novianti, P. R., & Akbar, A. (2017). Analisis Situasi Pembelajaran Musik Di Sekolah Dasar Di Wilayah Kabupaten Sumedang Jawa Barat Rony Hidayat Sutisna , Pupung Rahayu Novianti , Aulia Akbar A . Pendahuluan Pendidikan seni berperan penting dalam pengembangan kecerdasan pendidikan seni yaitu. 3(2), 157–170.

Ulia, N., Ismiyanti, Y., & Setiana, L. N. (2019). Meningkatkan Literasi Melalui Bahan Ajar Tematik Saintifik Berbasis Kearifan Lokal. 2(2), 150–160. https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i2.3402

Viani, W. C., & Ardipal. (2019). Pembelajaran Seni Musik Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 970–975. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.199

Downloads

Abstract Views : 172
Downloads Count: 68

Published

2025-03-13

How to Cite

Salma, F., & Sutikno, P. Y. (2025). Modul Seni Musik: Eksplorasi Alat Musik Melodis, Ritmis, dan Harmonis Berbantuan QR Code untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Musik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.13060

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.