Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Baden Universitas Muhamammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maulana Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5733

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai pemahaman peserta didik kelas VI  sekolah dasar pada mata pelejaran IPA. Dari hasil observasi diketahui ketuntasan belajar yang dicapai siswa di hanya 40%, artinya terdapat 60% peserta didik yang belum tuntas dalam belajarnya. Hal ini disebabkan karena pembelajaran hanya sebatas mengingat materi saja, peserts didik tidak difasilitasi pembelajaran yang dapat mereka temukan sendiri. Model pembelajaran Inkuiri diharapkan dapat meningkatkan pemahaman Mata pelajaran IPA kelas VI. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas VI SD Negeri Ratumandala Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskrifsikan pelaksanaan penerapan model pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran IPA bagi peserta didik kelas VI SD. Penelitian mengunakan metode penelitian Kemmis dan Mc. Tagart dengan 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian berdasarkan instrumen test pemahaman menujukan pada prasiklus ketuntasan belajar peserta didik mencapai 40%, siklus I ketuntasan belajar peserta didik mencapai 70%, dan pada siklus II mencapai 90%. nilai rata-rata kelas pada prasiklus 65, siklus I mencapai 73. sedangkan pada siklus II hasil belajar peserta didik nilai rata-rata 83. kesimpulan dari penelitian ini yaitu menerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap pemahaman peserta didik meningkat.

Keywords:

Model Inkuiri, Pembelajaran, Pemahaman, IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreini, R. K., & Dewi, N. R. (2020). Development of Ludo-Science Media with a Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) Approach to Train the Activeness and Conceptual Understanding. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 6(2), 241–267. https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.8677.

Antasari, N. (2017). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-13.

Azizi, A., Rasyidi, M., Sarjan, M., Muliadi, A., Hamidi, H., Fauzi, I., ... & Khery, Y. (2022). Pembelajaran IPA Dalam Meningkatkan Preferensi Makanan Tradisional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(21), 19-26.

Budiasa, P., & Gading, I. K. (2020). Model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantuan media gambar terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 253-263.

Dewi, K., Sadia, I. W., & Ristiati, N. P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kinerja Ilmiah Siswa. EJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://ejournalpasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/548/340.

Erlina, S. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Pada Siswa SMA Negeri 1 Metro. Jurnal Dewantara, 7(01), 122-135.

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Hamidah, Nur Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2212 – 2223. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/7460.

Hidayati, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Benda Melalui Discovery Learning Pada Siswa Kelas V Sdn Mojorejo 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(3), 1538-1560.

Jaya, I. K. M. A. (2021). Peran Guru IPS Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 2(1), 22-33.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 138-151.

Maksum, H., Purwanto, W., Saputra, A., & Syahputra, M. M. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Perawatan Berkala Sistem Pelumasan Kelas XI TKRO1 SMK Swasta Mandiri. RODA: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Otomotif, 2(2), 25-30.

Meo, L., Weu, G., & Nono, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38-52.

Perdana, F. A., Sarwanto, & Sukarmin. (2017). Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa SMA/MA Kelas X pada Materi Dinamika Gerak. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 61–76. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17844

Prima, E. C., & Kaniawati, I. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(1), 179. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.279

Rahmadhani, A. D., Kurniawan, D., Rambe, A. H., Rahman, M. A., Jamilah, N., & Purba, S. A. T. (2022). Penggunaan Metode Pembalajaran Inquiri Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14243-14248.

Rohmawati, L., & Zevender, P. S. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar. Amal Insani (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(1), 1-13.

Rusman. (2015). Pembelajaran tematik terpadu (teori, praktek, dan penilaian). Depok: Rajagrafindo Persada.

Sanjani, M. A. (2019). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2).

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207-212.

Sari, D. R. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa XII-BG-1 Dengan Metode Inquiry Mata Pelajaran Produk Pastry Dan Bakery Materi Roti Manis (Sweet Bread) Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020-2021 Di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 10(11), 1431-1441.

Sartini, N. M. K. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 1 Tegallalang. Suluh Pendidikan, 18(1), 53-68.

Sudiartha, I. N. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XI P MIPA2 SMA negeri 1 Ubud semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(4), 571-579.

Suryaningsih, N. M. A Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2016). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 512–220. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8559

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899

Wahyuningsih, E. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Perkembangan Dan Pertumbuhan. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).

Wati, L., & Efendi, N. (2022). Studi Literature Penerapan Discovery Learning Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12685-12892.

Wulandari, F. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 267-278.

Downloads

Abstract Views : 1070
Downloads Count: 757

Published

2023-07-31

How to Cite

Baden, B., Sutisnawati, A., & Maulana, L. H. (2023). Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1340–1347. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5733

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.