Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5733Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai pemahaman peserta didik kelas VI sekolah dasar pada mata pelejaran IPA. Dari hasil observasi diketahui ketuntasan belajar yang dicapai siswa di hanya 40%, artinya terdapat 60% peserta didik yang belum tuntas dalam belajarnya. Hal ini disebabkan karena pembelajaran hanya sebatas mengingat materi saja, peserts didik tidak difasilitasi pembelajaran yang dapat mereka temukan sendiri. Model pembelajaran Inkuiri diharapkan dapat meningkatkan pemahaman Mata pelajaran IPA kelas VI. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas VI SD Negeri Ratumandala Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskrifsikan pelaksanaan penerapan model pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran IPA bagi peserta didik kelas VI SD. Penelitian mengunakan metode penelitian Kemmis dan Mc. Tagart dengan 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian berdasarkan instrumen test pemahaman menujukan pada prasiklus ketuntasan belajar peserta didik mencapai 40%, siklus I ketuntasan belajar peserta didik mencapai 70%, dan pada siklus II mencapai 90%. nilai rata-rata kelas pada prasiklus 65, siklus I mencapai 73. sedangkan pada siklus II hasil belajar peserta didik nilai rata-rata 83. kesimpulan dari penelitian ini yaitu menerapan model pembelajaran Inkuiri terhadap pemahaman peserta didik meningkat.
Keywords:
Model Inkuiri, Pembelajaran, Pemahaman, IPADownloads
References
Anggreini, R. K., & Dewi, N. R. (2020). Development of Ludo-Science Media with a Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) Approach to Train the Activeness and Conceptual Understanding. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 6(2), 241–267. https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.8677.
Antasari, N. (2017). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-13.
Azizi, A., Rasyidi, M., Sarjan, M., Muliadi, A., Hamidi, H., Fauzi, I., ... & Khery, Y. (2022). Pembelajaran IPA Dalam Meningkatkan Preferensi Makanan Tradisional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(21), 19-26.
Budiasa, P., & Gading, I. K. (2020). Model pembelajaran Inkuiri terbimbing berbantuan media gambar terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 253-263.
Dewi, K., Sadia, I. W., & Ristiati, N. P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu dengan Setting Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kinerja Ilmiah Siswa. EJournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://ejournalpasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/548/340.
Erlina, S. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Pada Siswa SMA Negeri 1 Metro. Jurnal Dewantara, 7(01), 122-135.
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Hamidah, Nur Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2212 – 2223. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/7460.
Hidayati, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Benda Melalui Discovery Learning Pada Siswa Kelas V Sdn Mojorejo 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(3), 1538-1560.
Jaya, I. K. M. A. (2021). Peran Guru IPS Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 2(1), 22-33.
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 138-151.
Maksum, H., Purwanto, W., Saputra, A., & Syahputra, M. M. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Perawatan Berkala Sistem Pelumasan Kelas XI TKRO1 SMK Swasta Mandiri. RODA: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Otomotif, 2(2), 25-30.
Meo, L., Weu, G., & Nono, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38-52.
Perdana, F. A., Sarwanto, & Sukarmin. (2017). Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa SMA/MA Kelas X pada Materi Dinamika Gerak. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 61–76. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i3.17844
Prima, E. C., & Kaniawati, I. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(1), 179. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.279
Rahmadhani, A. D., Kurniawan, D., Rambe, A. H., Rahman, M. A., Jamilah, N., & Purba, S. A. T. (2022). Penggunaan Metode Pembalajaran Inquiri Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14243-14248.
Rohmawati, L., & Zevender, P. S. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar. Amal Insani (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(1), 1-13.
Rusman. (2015). Pembelajaran tematik terpadu (teori, praktek, dan penilaian). Depok: Rajagrafindo Persada.
Sanjani, M. A. (2019). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2).
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207-212.
Sari, D. R. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa XII-BG-1 Dengan Metode Inquiry Mata Pelajaran Produk Pastry Dan Bakery Materi Roti Manis (Sweet Bread) Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020-2021 Di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 10(11), 1431-1441.
Sartini, N. M. K. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 1 Tegallalang. Suluh Pendidikan, 18(1), 53-68.
Sudiartha, I. N. (2022). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas XI P MIPA2 SMA negeri 1 Ubud semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(4), 571-579.
Suryaningsih, N. M. A Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2016). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 512–220. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8559
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899
Wahyuningsih, E. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Perkembangan Dan Pertumbuhan. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).
Wati, L., & Efendi, N. (2022). Studi Literature Penerapan Discovery Learning Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12685-12892.
Wulandari, F. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 267-278.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Baden

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work