Peran Guru dalam Menemukan dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Peserta Didik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5017Abstract
Setiap peserta didik memiliki potensi kecerdasan yang unik dan berbeda satu sama lain. Salah satu peran penting guru adalah membantu menemukan dan mengembangkan potensi kecerdasan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam menemukan dan mengembangkan potensi kecerdasan peserta didik, jenis-jenis potensi kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keunikan potensi kecerdasan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan observasi terhadap kebiasaan peserta didik di kelas, menemukan bakat pada 10 peserta didik, melakukan wawancara tentang peran guru dalam menemukan potensi dan membimbing peserta didik dalam mengembangkan potensi kepada wali kelas dan 10 peserta didik kelas IV dan V, serta mendokumentasikan kebiasaan dan kemampuan atau bakat peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi peserta didik terlihat sesuai dengan kemampuan masing-masing, baik yang berasal dari faktor turunan maupun lingkungan. Peran guru sangat penting sebagai fasilitator dan motivator dalam mengembangkan jenis potensi kecerdasan peserta didik sesuai dengan teori Howard Gardner yang menyebutkan terdapat 9 jenis kecerdasan yang dimiliki setiap peserta didik. Potensi peserta didik juga dipengaruhi oleh faktor keluarga, terutama keturunan dari gen ayah dan ibu, serta faktor lingkungan sosial.
Keywords:
intelligence potential, students, teacher's roleDownloads
References
Abidin, A. M. (2019). Peran pengasuh panti asuhan membentuk karakter disiplin dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 11(1), 354-363.
Akyas, H. (2014). Psikologi umum dan perkembangan. Jakarta selatan: PT. Mizan Publika
Campbell, L. (2004). Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Inteligences. Depok: Intuisi Press.
Citrowati, E. (2019). Penerapan Konsep Geometri Dalam Mengembangkan Logika Matematika Di Tk Melati Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2018. Menara Ilmu, 13(4).
Ekayati, I. A. S. (2015). Pengaruh permainan tradisional ‘gobag sodor’terhadap kecerdasan intrapersonal dan interpersonal pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 2-8.
Ekayanti, A. (2017). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 105-116.
Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk Teori dalam praktek. Batam: terj. Alesander Sindoro
Gunawan, A. W. (2004). Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia.
Jamaris, M. (2017). Pengukuran Kecerdasan Jamak. Bogor: Ghalia Indonesia.
Masni, H. (2017). Peran pola asuh orangtua terhadap pengembangan potensi diri dan kreatifitas ilmiah. Jambi: Dikdaya, 6(1),58-74
Musfiroh, T. (2008). Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.
Nurhasanah, N., Endang, B., & Lestari, S. (2016). Analisis Layanan Bimbingan dan Konseling Tentang Potensi Diri pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(12).
Rumiwi, S. D. W. (2012). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetika Anak Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Kelompok B Tk Pertiwi Ngalas Klaten Tahun 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Siagian, R. E., & Marliani, N. (2016). Mengasah Kecerdasan Matematis Logis Anak Sejak Dini Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Matematika. Gemaedu, 1(3).
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Suryabrata. (2003). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Rako Press.
Uzer, U. M. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosda Karya.
Wijanarko, J. (2012). Multiple Intelligences Anak Cerdas. Banten: PT. Happy Holy Kids.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arsad Asnawi, Cece Rakhmat, Geri Syahril Sidik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work