Peran Guru dalam Menemukan dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Arsad Asnawi Universitas Perjuangan
  • Cece Rakhmat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Geri Syahril Sidik Universitas Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5017

Abstract

Setiap peserta didik memiliki potensi kecerdasan yang unik dan berbeda satu sama lain. Salah satu peran penting guru adalah membantu menemukan dan mengembangkan potensi kecerdasan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam menemukan dan mengembangkan potensi kecerdasan peserta didik, jenis-jenis potensi kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keunikan potensi kecerdasan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan observasi terhadap kebiasaan peserta didik di kelas, menemukan bakat pada 10 peserta didik, melakukan wawancara tentang peran guru dalam menemukan potensi dan membimbing peserta didik dalam mengembangkan potensi kepada wali kelas dan 10 peserta didik kelas IV dan V, serta mendokumentasikan kebiasaan dan kemampuan atau bakat peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi peserta didik terlihat sesuai dengan kemampuan masing-masing, baik yang berasal dari faktor turunan maupun lingkungan. Peran guru sangat penting sebagai fasilitator dan motivator dalam mengembangkan jenis potensi kecerdasan peserta didik sesuai dengan teori Howard Gardner yang menyebutkan terdapat 9 jenis kecerdasan yang dimiliki setiap peserta didik. Potensi peserta didik juga dipengaruhi oleh faktor keluarga, terutama keturunan dari gen ayah dan ibu, serta faktor lingkungan sosial.

Keywords:

intelligence potential, students, teacher's role

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, A. M. (2019). Peran pengasuh panti asuhan membentuk karakter disiplin dalam meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 11(1), 354-363.

Akyas, H. (2014). Psikologi umum dan perkembangan. Jakarta selatan: PT. Mizan Publika

Campbell, L. (2004). Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Inteligences. Depok: Intuisi Press.

Citrowati, E. (2019). Penerapan Konsep Geometri Dalam Mengembangkan Logika Matematika Di Tk Melati Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2018. Menara Ilmu, 13(4).

Ekayati, I. A. S. (2015). Pengaruh permainan tradisional ‘gobag sodor’terhadap kecerdasan intrapersonal dan interpersonal pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 2-8.

Ekayanti, A. (2017). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 105-116.

Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk Teori dalam praktek. Batam: terj. Alesander Sindoro

Gunawan, A. W. (2004). Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia.

Jamaris, M. (2017). Pengukuran Kecerdasan Jamak. Bogor: Ghalia Indonesia.

Masni, H. (2017). Peran pola asuh orangtua terhadap pengembangan potensi diri dan kreatifitas ilmiah. Jambi: Dikdaya, 6(1),58-74

Musfiroh, T. (2008). Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.

Nurhasanah, N., Endang, B., & Lestari, S. (2016). Analisis Layanan Bimbingan dan Konseling Tentang Potensi Diri pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(12).

Rumiwi, S. D. W. (2012). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetika Anak Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Kelompok B Tk Pertiwi Ngalas Klaten Tahun 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Siagian, R. E., & Marliani, N. (2016). Mengasah Kecerdasan Matematis Logis Anak Sejak Dini Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Matematika. Gemaedu, 1(3).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Suryabrata. (2003). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Rako Press.

Uzer, U. M. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosda Karya.

Wijanarko, J. (2012). Multiple Intelligences Anak Cerdas. Banten: PT. Happy Holy Kids.

Downloads

Abstract Views : 1131
Downloads Count: 1916

Published

2023-06-30

How to Cite

Asnawi, A., Rakhmat, C., & Sidik, G. S. (2023). Peran Guru dalam Menemukan dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1089–1099. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5017

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.