Hubungan Suasana Lingkungan Belajar dengan Kecerdasan Matematis-Logis Siswa

Authors

  • Inova Istirohah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1447

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) suasana lingkungan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Tersobo, (2) kecerdasan Matematis-Logis siswa kelas V SD Negeri 1 Tersobo, (3) hubungan suasana lingkungan belajar dengan kecerdasan Matematis-Logis siswa kelas V di SD N 1 Tersobo. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah korelasional. Populasi penelitian adalah selurus siswa kelas V SD N 1 Tersobo. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, penyebaran angket dan tes. Analisis data dengan cara: uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas dan dilanjutkan uji hipotesis dengan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) suasana lingkungan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Tersobo yaitu pada kategori rendah sebesar 18,5 %, kategori sedang sebesar 55,5% dan kategori tinggi sebesar 26,5%, (2) kecerdasan Matematis-Logis siswa kelas V SD Negeri 1 Tersobo yaitu pada kategori rendah sebesar 18,5 %, kategori sedang sebesar 51,9% dan kategori tinggi sebesar 29,6%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara suasana lingkungan belajar dengan kecerdasan Matematis-Logis siswa dengan nilai r hitung 0,392. Hal tersebut menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara suasana lingkungan belajar dengan kecerdasan Matematis-Logis.

Keywords:

suasana lingkungan belajar, kecerdasan matematis logis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 285
Downloads Count: 558

Published

2022-01-22

How to Cite

Inova Istirohah, Arum Ratnaningsih, & Titi Anjarini. (2022). Hubungan Suasana Lingkungan Belajar dengan Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 9–14. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1447