Strategi untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pada Program Unggulan Bahasa di SMA Nurul Jadid

Authors

  • As’adiyah Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Abdurrahman Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6763

Abstract

Lembaga pendidikan yang berkualitas dapat diukur dari layanan yang diberikan melalui beberapa program seperti program unggulan maupun program akselerasi. Program-program tersebut menjadi brand untuk ditawarkan kepada masyarakat sebagai pengguna jasa layanan pendidikan untuk meningkatkan mutu peserta didik maupun mutu lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi untuk meningkatkan mutu lulusan pada Program Unggulan Bahasa di SMA Nurul Jadid. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi untuk meningkatkan mutu lulusan pada program Unggulan Bahasa di SMA Nurul Jadid dengan bimbingan khusus bahasa asing seperti Bahasa Mandari, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dengan merekrut tenaga pendidik sesuai kualifikasi kelimuannya serta layanan tutorial tambahan, peningkatan kompetensi guru dan peningkatan sarana dan prasarana. Faktor pendukung lainnya di antaranya adanya input proses seleksi, adanya klaster khusus bagi siswa-siswa program unggulan, motivasi belajar tinggi dan tenaga pengajar yang kompeten.

Keywords:

Strategi, Mutu Lulusan, Program Unggulan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, A. (2017). Implikasi UUSPN Terhadap Pendidikan Islam. AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 1(1). https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.25

Adawiyah, R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Mahasiswa Melalui Kompetensi Profesional Dosen Dan Minat Belajar Mahasiswa. Pendidikan Islam, 1(2), 197–217.

Bagja, W. (2020). Hubungan Sarana Prasarana Sekolah Dengan Motivasi Mengajar Guru Di Sma Negeri Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno, 22(1), 1–19.

Christianto, A., & Evi Muafiah. (2021). Manajemen Peserta Didik Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Pada Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Pagotan. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(01). https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i01.216

Eduard, S. J. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. DIEGESIS: Jurnal Teologi, 6(1), 49–69.

Eka Sari, I., & Hasyim Rosyidi, M. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan Di Smk Idhotun Nasyi’in Desa Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. MUDIR : Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 22–31.

Fauzan, M. O., & Yulianti, W. (2022). Motivasi Belajar untuk Membentuk Sumberdaya Manusia Unggul pada Era Milenial. Jurnal Abdidas, 3(3), 590–598. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.628

Fitriah, A., & Wahyudin, U. R. (2022). Efe k t ivit a s p e m a n fa a t a n s a r a n a d a n p r a s a r a n a p e n d id ik a n d a la m r a n g k a m e n in g k a t k a n Mu t u Lu lu s a n d i SMAN 1 Te g a lw a r u. 6(1), 917–922.

Gania hilya, S. yaya. (2021). Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Hilya. 6(1), 87–94.

Hidayat, M. N. (2022). Jurnal Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jambura Journal of Educational Management, 3(2022), 44–54.

Islamiyah, N., & Priambodo, A. (2019). Perbandingan tingkat motivasi belajar siswa antara kelas unggulan dan non unggulan dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMA Negeri 7 Surabaya. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 297–300.

Isnaini, N., Yahya, F., & Sabri, M. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI NW 1 Kembang Kerang. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51700/manajemen.v1i1.76

Kanada, R. (2022). Strategi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan : Usaha Sekolah Bertahan Dalam Persaingan cepat terserap kedunia kerja ( Usman , 2006 : seorang kepala sekolah harus memiliki instrument. 8(2), 23–32.

M. Mustaqim, A. Warisno, N. Harapan, N. H. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro 1. 5, 34–54.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. In XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtsr, A., & MD, L. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.13899

Muslimin, A. A., & Mutakallim, D. (2019). Kreativitas dalam Pembelajaran Creativity in Learning. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 73–85.

Nasution, E. Y., Sailah, I., & Hermadi, I. (2021). Strategi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumatera Utara dalam Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(1). https://doi.org/10.25078/jpm.v7i1.1859

Nurtan, N., Bahrudin, I., Isnain, T., Edi Susilo, M., Rizki Kusuma Wardani, D., & Anggela, M. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Di Smk Negeri 2 Sangatta Utara. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 3(1), 17–27. https://doi.org/10.55943/jipmukjt.v3i1.25

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sinar Manajemen, 6(1).

Salamatud, U. (2020). Implementasi Manajemen Mutu sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan di MTs Al Huda Sumberjo Tunglur Badas. 1.

Sella Nuryani, Oyoh Bariah, N. R. (2022). Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik dalam Peningkatan Mutu Lulusan Peserta Didik di MTsN 1 Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.

Siswanto, S. (2016). Desain Mutu Pendidikan Pesantren. KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman. https://doi.org/10.19105/karsa.v23i2.726

Sitirahayu, & Purnomo, H. (2021). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 164–168. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.242

Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sugiri, R. A. H., Syarifudin, E., & Fauzi, A. (2022). Peran Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Di Provinsi Banten. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 34–48. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v10i1.2497

Sumarni, S., & Abdullah, E. (2022). Analisis Strategi Peningkatan Mutu Layanan Akademik Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Puangrimaggalatung. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 2(3). https://doi.org/10.51454/jpp.v2i3.374

Suryana, Y., & Ismi, F. M. (2019). Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 257–266. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6026

Suyeno, A. umi nurul. M. waliyatul. (2022). Implementasi Program Balai Latihan Kerja Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Desa Kebunteluk Dalam Kecamatan Sangkapura Kebupaten Gresik. Jurnal Respon Publik, 16(1), 75–84.

Umar, K. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri 4 Padangsidimpuan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2013).

Downloads

Abstract Views : 643
Downloads Count: 404

Published

2024-01-03

How to Cite

As’adiyah, A., & Abdurrahman, A. (2024). Strategi untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pada Program Unggulan Bahasa di SMA Nurul Jadid. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 114–121. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6763

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.