Pengaruh Rekreasi sebagai Sarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7851Abstract
Kesehatan merupakan salah satu bagian yang penting dalam mencapai kesejahteraan hidup manusia. Sementara banyak yang hanya berfokus pada menjaga kesehatan fisik saja, kesehatan mental seringkali diabaikan. Kesehatan mental yang optimal menggambarkan kesanggupan seseorang dalam mengontrol akan emosi, mengatasi tekanan, dan dapat berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitarnya. Rekreasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai ketenangan, memiliki potensi untuk menurunkan stres, meningkatkan suasana hati, dan dapat memberikan kualitas hidup yang lebih baik. Namun, kurangnya kesadaran akan pentingnya rekreasi dapat dilihat dari data yang menunjukkan bahwa warga Indonesia memiliki frekuensi rekreasi yang rendah dibandingkan dengan negara lain. Kurangnya rekreasi dapat meningkatkan stress, kecemasan, dan depresi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan untuk menyelidiki pengaruh rekreasi sebagai sarana pendidikan dalam meningkatkan kesehatan mental siswa. Berbagai jenis rekreasi dibedakan berdasarkan tempat, jenis kegiatan dan objeknya. Rekreasi terbukti memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental. Penting bagi pendidik dan orang tua untuk dapat memahami dan menerapkan rekreasi sebagai salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan kesehatan mental siswa.
Keywords:
Rekreasi, Kesehatan Mental, SiswaDownloads
References
Aisyaroh, N., Hudaya, I., & Supradewi, R. (2022). Trend penelitian kesehatan mental remaja di indonesia dan faktor yang mempengaruhi: literature review. Scientific Proceedings of Islamic and Complementary Medicine, 1(1), 41–51. https://doi.org/10.55116/SPICM.V1I1.6
Al Ansori, A. N. (2022). 1 dari 7 Remaja Usia 10-19 Alami Masalah Kesehatan Mental Seperti Burnout dan Anxiety. Liputan6.
Alexander, M. (2020). Fasilitas Rekreasi Interaktif Tanaman Hias di Kedoya Utara. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(2), 2013. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i2.8527
Aminuddin, M., Sholichin, Rahmadhani, S., & Mimia, E. (2022). Hubungan Kualitas Tidur dan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Kebugaran Fisik di Era Pandemi Covid-19. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 12(1), 1–0.
Bali Royal Hospital. (2024). Ini Manfaat Liburan untuk Kesehatan. Baliroyalhospital.
Fakhri Mashar, M. (2021). Fungsi Psikologis Ruang Terbuka Hijau. Jurnal Syntax Admiration, 2(10), 1930–1943. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i10.332
Febrianto, T., PH, L., & Indrayati, N. (2019). Peningkatan Pengetahuan Kader tentang Deteksi Dini Kesehatan Jiwa melalui Pendidikan Kesehatan Jiwa. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.37287/jppp.v1i1.17
Hardiantoro, A., & Pratiwi, I. E. (2022). Kurang Piknik Bisa Picu Stres, Ini Solusinya Menurut Psikolog. Kompas.
Hartoto, J. (1990). Pentlngnya Pendidikan Rekreasi di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 1–14.
Hasanah, M. (2017). Pengaruh Gadget terhadap Kesehatan Mental Anak. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education (IJIECE), 2(2), 207–2014. https://doi.org/10.51529/ijiece.v2i2.86
Ichsanudin, A. M. P., Hamdani, M. F. H., Prakoso, M. L. T., Nugraha, S. S., & Fu’adin, A. (2024). Pandangan Mahasiswa Terkait Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan. Pubmedia Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/jpo.v1i2.283
Indriani. (2023). Psikolog minta guru jangan abai gejala gangguan kesehatan mental siswa. ANTARANEWS. https://www.antaranews.com/berita/3875328/psikolog-minta-guru-jangan-abai-gejala-gangguan-kesehatan-mental-siswa
Isrokatun, I., Rahayu, M., & Dewi, W. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mental peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 834–851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1987
Kasingku, J. D., & Lumoindong, B. (2023). Peran Penting Pendidikan Lewat Makanan Bergizi dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Kesehatan Tubuh dan Pikiran: Studi Literatur. Journal on Education, 5(4), 16071–16080.
Kasingku, J. D., Warouw, W. N., & Lumingkewas, E. M. (2023). Increasing Educational Awareness of Parenting Styles and Family Social Support on Adolescent Mental Health. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(4), 807. https://doi.org/10.33578/pjr.v7i4.9524
KBBI. (2024). Rekreasi. In Kamus Besar Bahasa Indonesia (III). https://kbbi.web.id/rekreasi
Kemenkes. (2018). Pengertian Kesehatan Mental. Ayosehat. https://ayosehat.kemkes.go.id/pengertian-kesehatan-mental#:~:text=Kesehatan mental yang baik adalah,menghargai orang lain di sekitar.
Kinan. (2022). Tak Cuma Hiburan, Ini 10 Manfaat Rekreasi Bagi Anak yang Jarang Diketahui. HaiBunda. https://www.haibunda.com/parenting/20220519205909-61-274307/tak-cuma-hiburan-ini-10-manfaat-rekreasi-bagi-anak-yang-jarang-diketahui
Kurniawan, H. (2009). Taman Rekreasi Air di Pontianak, Kalimantan Barat.
Mahardika, N. (2017). Kesehatan mental.
Putri, A. M. H. (2022). Fix! Orang RI Kurang Piknik Padahal Banyak Libur, Kok Bisa? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/research/20221214152027-128-396877/fix-orang-ri-kurang-piknik-padahal-banyak-libur-kok-bisa
Rahman, F. A., Kristiyanto, A., & Sugiyanto, S. (2017). Motif, Motivasi, dan Manfaat Aktivitas Pendakian Gunung Sebagai Olahraga Rekreasi Masyarakat. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i2.4251
Rozali, Y. A., Sitasari, N. W., & Lenggogeni, A. (2021). Meningkatkan Kesehatan Mental Di Masa Pandemic. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(2). https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3958
Shamfira, P., & Yuniati, I. (2023). Tinjauan Kesehatan Mental Mahasiswa dan Dampaknya Pada Perjalanan Pendidikan. SOLOPOS NEWS. https://kolom.solopos.com/tinjauan-kesehatan-mental-mahasiswa-dan-dampaknya-pada-perjalanan-pendidikan-1824570
Soo, F. (2024). Pentingnya Rekreasi Bersama bagi Kesehatan Mental. RRI. https://www.rri.co.id/daerah/590963/pentingnya-rekreasi-bersama-bagi-kesehatan-mental
Sulaiman, J., & Sukada, B. A. (2020). Nester-Wadah Rekreasi dan Kebugaran. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 2(1), 283. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i1.6756
Susanti, E., Kusuma, F. H. D., & Rosdiana, Y. (2017). Hubungan tingkat stres kerja dengan kualitas tidur pada perawat di Puskesmas Dau Malang. Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(3), 164–173. https://doi.org/10.33366/nn.v2i3.577
Syarif, A. (2019). Minat Masyarakat Berolahraga Rekreasi di Kegiatan Car Free Day di Kota Palangka Raya. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 60–70.
Syarif, A. (2022). Aktivitas Sepatu Roda Sebagai Olahraga Rekreasi Masyarakat. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNIVERSITAS PGRI PALANGKA RAYA, 1, 203–212. https://doi.org/10.54683/puppr.v1i0.23
Wahyu, D., Sinaga, J., Arlinta, C. Y., & Sinambela, J. L. (2022). Pandangan Gereja Advent Terhadap Rekreasi Dari Sudut Pandang Lukas 21: 34 Dan Tulisan Roh Nubuat. Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(2), 164–176. https://doi.org/10.38189/jan.v3i2.388
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Welan, D. C., Wangean, C. N., & Kasingku, J. D. (2023). Integrasi Pendidikan Rohani: Pengaruh Membaca Firman Terhadap Kesehatan Mental. Journal on Education, 6(1), 7858–7867. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4189
White, E. G. (1890). Christian Temperance and Bible Hygine. Good Health Publishing Co. https://egwwritings.org/read?panels=p14.518&index=0
White, E. G. (1894). Letters and Manuscripts (Volume 9). Ellen G. White Estate. https://egwwritings.org/read?panels=p14059.6379031&index=0
White, E. G. (1903). Education. Pacific Press Publishing Association. https://egwwritings.org/read?panels=p29.1089&index=0
White, E. G. (1913). Counsel to Parents, Teachers, and Students. Pacific Press Publishing Association. https://m.egwwritings.org/en/book/23/info
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Robert Siby, Juwinner Dedy Kasingku

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work