Pengaruh Metode Debat Terhadap Kemampuan Menyusun Argumentasi Pada Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9453Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode debat terhadap kemampuan menyusun argumentasi pada siswa SMK Negeri 1 Pamatang Silimahuta Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian menggunakan desain eksperimen dengan pre-test dan post-test pada kelompok kontrol, dengan subjek siswa kelas XI yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan argumentasi sebelum dan setelah penerapan metode debat, dan dianalisis menggunakan uji t untuk menentukan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan menyusun argumentasi pada siswa yang diajar menggunakan metode debat dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional. Nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, menunjukkan efektivitas metode debat dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Kesimpulannya, metode debat merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan menyusun argumentasi siswa, dan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam memilih metode pengajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Keywords:
metode debat, kemampuan argumentasi, pembelajaran, siswa SMKDownloads
References
Anita, A., & Tenriawaru, A. (2019). Pentingnya keterampilan argumentasi di era ledakan informasi digital. In Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Tanjungpura, August (pp. 1740-1746).
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Juniardi, W., dan Andriyani, R. (2023). Pahami Tata Cara Debat, Etika, dan Teknik Berbicara Saat Berdebat. Diperoleh 9 Juni 2024 dari https://www.quipper.com/id/blog/mapel/bahasa-indonesia/tata-cara-debat/.
Atma, Fuji Izzaty. (2023). PENGARUH METODE DEBAT AKTIF MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERARGUMENTASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V DI MIN 1 PESAWARAN. Diploma thesis. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Devi, N. D. C., Susanti, E., & Indriyanti, N. Y. (2018). Analisis kemampuan argumentasi siswa SMA pada materi larutan penyangga. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3(3), 152-159.
Farawansyah, K. I., & Kimia, P. (2021). The Development of Structured Assignment Sheet on Reaction Rate Materials to Train Argumentation Skills. Jurnal Chemistry Educaion Practice, 4(3), 145.
Farida, I. (2014). Profil keterampilan argumentasi siswa pada konsep koloid yang dikembangkan melalui pembelajaran inkuiri argumentatif. Edusains, 6(1), 31-40.
Faryadi, Q. (2017). Pedoman Mengajar Efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Fatimah, Nurul Ayu. (2022). Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa SMP Ditinjau Pemodelan Matematika. Unpublished thesis. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Ginanjar, W. S., Utari, S., & Muslim, M. (2015). Penerapan model argument-driven inquiry dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 32-37.
Gray, R., & Kang, N. H. (2014). The structure of scientific arguments by secondary science teachers: Comparison of experimental and historical science topics. International Journal of Science Education, 36(1), 46-65.
Handayani, P. (2015). Analisis argumentasi peserta didik kelas x sma muhammadiyah 1 palembang dengan menggunakan model argumentasi toulmin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 60-68.
Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422.
Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1), 27- 38.
Istiqomah, Istiqomah (2023) MANAJEMEN KOLABORASI PEMBINAAN TILAWAH AL-QUR’AN LEMBAGA IMTIQAM DAN LPTQ. Undergraduate
thesis. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta. Diperoleh 9 Juni 2024 dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.
Kumala, L. H. (2017). Kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Pati melalui penulisan laporan praktikum asam basa dan larutan penyangga berorientasi science writing heuristic (SWH). Sebuah Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
Lasmini, Sri. (2017). Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris pada Expresing Opinions Melalui Metode Student Team Acheivement Division (STAD) pada siswa XI TITLC SMK N 5 Surakarta TA. 2013/2014. Jurnal Pendidikan: Dwija Utama (Forum Komunikasi Pengembangan Profesi Pendidikan Kota Surakarta).
Lisa, L. A., Alfarabi, dan Yuliati. (2023). Komunikasi Debat Bagi Pembangunan Karakter Generasi Muda Bengkulu. Artinara, 2(1), 32–38. https://doi.org/10.36080/art.v2i01.61
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. Nusantara, 3(2), 150-165.
Marini, N., Turnip, B. R., dan Puspita, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Metode Debat Terhadap Kemampuan Berargumentasi. Journal on Education, 6(1), 3168-3176.
Megasari, Paradisa Nunni. (2023). Teks Argumentasi: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Jenis, dan Contohnya. Diperoleh 9 Juni 2024 dari https://www.detik.com/jateng/berita/d-6518668/teks-argumentasi- pengertian-ciri-ciri-struktur-jenis-dan-contohnya.
Megawati, R. M. (2019) Penerapan Model Problem Solving Berbantukan Metode Debat Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa SMA Negeri 7 Kota Tasikmalaya. Sarjana Thesis. Universitas Siliwangi.
Melasarianti, L. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode debat plus pada mata kuliah berbicara. Jurnal Lingua Idea, 9(1), 23-28.
Monte-Sano, C. (2016). Argumentation in history classrooms: A key path to understanding the discipline and preparing citizens. Theory into practice, 55(4), 311-319.
Muslihasari, A., dan Oktiningrum, W. (2023). Debat Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Mahasiswa Pgsd. AL- TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 33(1), 85-94.
Nisa, A. W., Yamin, N., & Samsudin, M. (2021). UPAYA MENGURANGI KECEMASAN KOMUNIKASI PADA MAHASISWA DALAM
MENGHADAPI UJIAN SEMINAR TESIS. Profetika: Jurnal Studi Islam, 22(2), 331-336.
Nurdyansyah, N., dan Andiek Widodo. (2015). Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurliani, Nurliani (2019) KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 28 MANCANI KECAMATAN
TELLUWANUA KOTA PALOPO. Unpublished thesis. Institut Agama Islam Negeri (IAIN Palopo).
Nurmilawati, M., Sulistiono, S., & Rahmawati, I. (2021). Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Berbasis Lesson Study. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 4, pp. 156-162).
Osborne, J. F., Henderson, J. B., MacPherson, A., Szu, E., Wild, A., & Yao, S. Y. (2016). The development and validation of a learning progression for argumentation in science. Journal of research in science teaching, 53(6), 821-846.
Panjaitan, A. T., Annisa, A., & Setiawan, D. S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Debat (Debate) terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 17-22.
Pusposari, W. (2020). Analisis Argumentasi Pada Kolom Opini Di Surat Kabar Kompas. Bachelor's thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Putri, Widia Rizki. (2019). KEMAMPUAN BERBICARA DEBAT MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS TI. Diperoleh 9 Juni 2024 dari https://osf.io/pyu9z/download.
Ramadani, D. S. (2022). Pembelajaran Debat Meningkatkan Kemampuan Berbicara Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Debat. Diperoleh 9 Juni 2024 dari https://doi.org/10.31219/osf.io/cwds3.
Roviati, E., & Widodo, A. (2019). Kontribusi argumentasi ilmiah dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 56-66.
Sakai, K., Higashinaka, R., Yoshikawa, Y., Ishiguro, H., & Tomita, J. (2020). Hierarchical argumentation structure for persuasive argumentative dialogue generation. IEICE TRANSACTIONS on Information and Systems, 103(2), 424-434.
Setianingsih, S., Taufiq, M., dan Hartatik, S. (2020). Pengaruh Metode Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 55-64.
Shinta, D. K., & Filia, F. (2020). Improving students’ arguments through collaborative learning. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(2), 349-358.
Soekisno, R. B. A. (2015). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan argumentasi matematis mahasiswa. Infinity Journal, 4(2), 120- 139.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Wambsganss, T., Kueng, T., Soellner, M., & Leimeister, J. M. (2021). ArgueTutor: An adaptive dialog-based learning system for argumentation skills. In Proceedings of the 2021 CHI conference on human factors in computing systems (pp. 1-13).
Wibawa, Sutrisna. (2024). Argumentasi. Diperoleh 9 Juni 2024 dari https://staffnew.uny.ac.id/upload/131570315/pendidikan/ARGUMENTASI .pdf.
Wicaksono, A., dan Roza., A. S. Teori Pembelajaran Bahasa : Suatu Catatan Singkat. Ed. I Revisi. Yogyakarta: Garudhawaca.
Widagda, I Nyoman Gelgel Anom Sarwa Adi. (2020) MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS VIIIa DI SMP NEGERI 6
SINGARAJA. Undergraduate thesis. UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Widhi, M. T. W., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., & Admoko, S. (2021). Analisis keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik pada model pembelajaran berbasis toulmin’s argumentation pattern (TAP) dalam memahami konsep fisika dengan metode library research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 79-91.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lesnaria Br. Girsang, Teguh Trianton, Dian Syahfitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work