Media Critical Money Integers Berbasis Metode Socrates untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas 6

Authors

  • Sagita Putri Maharani Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Yohana Setiawan Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6139

Abstract

Penelitian pengembangan media ini bertujuan untuk melatih siswa dalam melakukan kegiatan berpikir kritis dalam materi penjumlahan bilangan bulat Matematika, untuk mengetahui besarnya kemampuan berpikir kritis, serta untuk mengetahui keefektifan penerapan media CRIMI (Critical Money Integers) yang berbasis metode Socrates pada kelas 6. Dalam proses pengimplementasian media pada siswa, uji coba media CRIMI dilakukan di SDN Suruh 01 kelas 6. Variabel bebas pada penelitian pengembangan media ini adalah media CRIMI (X) yang berbasis metode Socrates. Sedangkan variabel terikat penelitian pengembangan ini adalah berpikir kritis (Y). Teknik pengambilan data berupa observasi, tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan  adalah observasi dan tes. Adapun dilakukan uji validitas oleh ahli materi dan media untuk memvalidasi penggunaan media CRIMI sebelum diuji cobakan pada siswa menggunanakan teknik non-tes. Pada penelitian pengembangan media ini, uji efektifitas pengimplementasian media dilakukan dengan teknik tes yaitu Pre-test  dan Post-test. Setelah itu uji normalitas persebaran data dan uji-t dilakukan setelah mendapatkan hasil pengimplementasian media. Hasil penelitian ini menunujukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media CRIMI terhadap kelas 6 SDN Suruh 01, dan hasil uji hipotesis secara statistik adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan media CRIMI yang berbasis metode Socrates dapat diimplementasikan untuk melatih dan mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dalam memahami materi penjumlahan bilangan bulat kelas 6.

Keywords:

Berpikir kritis, media CRIMI, metode Socrates

Downloads

Download data is not yet available.

References

Augustine, N. R. (2011). Educating the Gifted. Psychological Science in the Public Interest, Supplement, 12(1), 1–2. https://doi.org/10.1177/1529100611422045

Beck, A. T., & Dozois, D. J. A. (2011). Cognitive therapy: Current status and future directions. Annual Review of Medicine, 62, 397–409. https://doi.org/10.1146/annurev-med-052209-100032

Baroody, A. J. (2017) What role should concrete experiences play in early childhood mathematics instruction? Interventions in Early Childhood Mathematics Education ed J Sarama and D Clements (Champaign: University of Illinois at Urbana-Champaign) pp 1-73

Chorzempa, B. F., & Lapidus, L. (2009). To find yourself, think for yourself. Teaching Exceptional Children, 41(3), 54-59.

Ernest, P., Skovsmose, O., Bendegem, J. P. van, Bicudo, M., Miarka, R., & Moeller, L. K. R. (2016). The Philosophy of Mathematics Education. ICME-13 Topical Surveys. In ICME-13 Topical Surveys. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-40569-8

Farhana, S., Amaliyah, A., Safitri, A., & Anggraeni, R. (2022). Analisis persiapan guru dalam pembelajaran media manipulatif matematika di sekolah dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 507-511.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusa Republik Indonesia.

Mukhadis, A. (2014). Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter di Era Globalisasi. FT Universitas Negeri Malang, 113-136.

Piaget, J. (1964). Cognitive development in children. Journal of research in science teaching, 2(2), 176-186.

Rhodes, M. (1961). An analysis of creativity. The Phi Delta Kappan, 42(7), 305-310.

Runco, M. A: (2014). Creativity theories and themes: Research, development and practice. (2nd ed.) USA: Elsevier Inc.

Said, H. (2013). A New Model Program for Academically Gifted Students in Turkey: Overview of the Education Program for the Gifted Students’ Bridge with University (EPGBU). Journal for the Education of the Young Scientist and Giftedness, 1(2), 21–31. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED553590.pdf

Schiller, N. (2008). Finding a socratic method for information literacy instruction. College and Undergraduate Libraries, 15(1–2), 39–56. https://doi.org/10.1080/10691310802176798

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2013). Instructional Technology and Media for Learning: Pearson New International Edition PDF eBook. Pearson Higher Ed.

Sumarna, A. D. (2020). Akuntan Dalam Industri 4.0: Studi Kasus Kantor Jasa Akuntan (KJA) di Wilayah Kepulauan Riau. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 100-109.

Downloads

Abstract Views : 293
Downloads Count: 84

Published

2023-12-12

How to Cite

Maharani, S. P., & Setiawan, Y. (2023). Media Critical Money Integers Berbasis Metode Socrates untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas 6. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2171–2179. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6139

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.