Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bernalar Kritis Siswa SDN 2 Darek

Authors

  • Weni Febriliana Universitas Mataram
  • Husniati Universitas Mataram
  • Lalu Wira Zain Amrullah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12085

Abstract

Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk kepribadian, moral, dan nilai-nilai etika dalam diri siswa. Salah satu karakter yang terkandung dalam profil pelajar pancasila yaitu bernalar kritis. Peran guru dalam penguatan pendidikan karakter terutama pada karakter bernalar kritis sangat penting dikarenakan kemampuan bernalar kritis siswa masih rendah, namun dalam pengimplementasiannya guru masih mengalami kesulitan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru sekolah dasar dalam penguatan pendidikan karakter bernalar kritis siswa di SDN 2 Darek. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan strategi untuk membantu siswa agar lebih aktif dalam mengidentifikasi informasi penting secara mandiri, guru juga mengalami kesulitan dalam  mengajak siswa dalam mengevaluasi dan melakukan penalaran pada materi tertentu, serta guru mengalami kesulitan membimbing siswa dalam mengevaluasi pemikiran mereka secara  kritis dan logis.

Keywords:

Kesulitan Guru, Pendidikan Karakter, Bernalar Kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida Fitri, Haazimah Ulfah, Suci Aswita, & Syahrial. (2024). Kurangnya Sarana dan Prasarana Menghambat Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora , 3 (2).

Arum Ambarwati, Dyah & Puguh Darmawan. (2024). Pemahaman Tentang Keberagaman Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Pemenuhan Target kurikulum. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 4(7).

Dini Nuraeni, Din Azwar Uswatun, Iis Nurasiah. (2020). Analisis Pemahaman Kognitif Matematika Materi Sudut Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Sistem Daring Di Kelas IV B SDN Pintukisi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. V(1).

Imam Gunawan. (2019). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah., & Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(2).

Novita, Lydia., & Tindangen, Makrina. (2022). Identifikasi Kesiapan Belajar Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum. Artikel: Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2022.

Pangestika, D., & Wulandari, S. (2021). Strategi Pembelajaran Membaca untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa . Jurnal Pendidikan Literasi, 5(2).

Purwanti, Anastasia. 2023. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Materi Manusia Makhluk Otonom Pada Kelas X-1 SMA Marsudirini Bogor. Prosiding SEMNASPA. 4(2).

Saka, Bergita Gela Sukumu, Alexander Pakiding, Rubianus, dan Silka. 2022. Identifikasi Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Besaran dan Satuan di SMA 4 Toraja Utara. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2).

Sugiyono, 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penlitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Taunu, E. S. H., & Iriani, A. (2019). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1). Wati, Tresna., Iga Selvia Sari., Opi Andriani. 2024. Jenis Keragaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan. 4(1).

Wati, Tresna., Iga Selvia Sari., Opi Andriani. 2024. Jenis Keragaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan. 4(1).

Downloads

Abstract Views : 81
Downloads Count: 27

Published

2025-03-12

How to Cite

Febriliana, W., Husniati, H., & Amrullah, L. W. Z. (2025). Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bernalar Kritis Siswa SDN 2 Darek. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12085

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.