Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bernalar Kritis Siswa SDN 2 Darek
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12085Abstract
Pendidikan karakter bertujuan untuk membentuk kepribadian, moral, dan nilai-nilai etika dalam diri siswa. Salah satu karakter yang terkandung dalam profil pelajar pancasila yaitu bernalar kritis. Peran guru dalam penguatan pendidikan karakter terutama pada karakter bernalar kritis sangat penting dikarenakan kemampuan bernalar kritis siswa masih rendah, namun dalam pengimplementasiannya guru masih mengalami kesulitan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru sekolah dasar dalam penguatan pendidikan karakter bernalar kritis siswa di SDN 2 Darek. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan strategi untuk membantu siswa agar lebih aktif dalam mengidentifikasi informasi penting secara mandiri, guru juga mengalami kesulitan dalam mengajak siswa dalam mengevaluasi dan melakukan penalaran pada materi tertentu, serta guru mengalami kesulitan membimbing siswa dalam mengevaluasi pemikiran mereka secara kritis dan logis.
Keywords:
Kesulitan Guru, Pendidikan Karakter, Bernalar KritisDownloads
References
Aida Fitri, Haazimah Ulfah, Suci Aswita, & Syahrial. (2024). Kurangnya Sarana dan Prasarana Menghambat Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora , 3 (2).
Arum Ambarwati, Dyah & Puguh Darmawan. (2024). Pemahaman Tentang Keberagaman Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Pemenuhan Target kurikulum. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 4(7).
Dini Nuraeni, Din Azwar Uswatun, Iis Nurasiah. (2020). Analisis Pemahaman Kognitif Matematika Materi Sudut Menggunakan Video Pembelajaran Matematika Sistem Daring Di Kelas IV B SDN Pintukisi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. V(1).
Imam Gunawan. (2019). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah., & Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(2).
Novita, Lydia., & Tindangen, Makrina. (2022). Identifikasi Kesiapan Belajar Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum. Artikel: Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Tahun 2022.
Pangestika, D., & Wulandari, S. (2021). Strategi Pembelajaran Membaca untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa . Jurnal Pendidikan Literasi, 5(2).
Purwanti, Anastasia. 2023. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Materi Manusia Makhluk Otonom Pada Kelas X-1 SMA Marsudirini Bogor. Prosiding SEMNASPA. 4(2).
Saka, Bergita Gela Sukumu, Alexander Pakiding, Rubianus, dan Silka. 2022. Identifikasi Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Besaran dan Satuan di SMA 4 Toraja Utara. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2).
Sugiyono, 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penlitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Taunu, E. S. H., & Iriani, A. (2019). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1). Wati, Tresna., Iga Selvia Sari., Opi Andriani. 2024. Jenis Keragaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan. 4(1).
Wati, Tresna., Iga Selvia Sari., Opi Andriani. 2024. Jenis Keragaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan. 4(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Weni Febriliana, Husniati, Lalu Wira Zain Amrullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work