Problem Based Learning pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa: Literatur Review
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1134Abstract
Siswa SMK harus dibiasakan untuk menjadi pemecahan masalah yang baik untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang timbul baik di sekolah maupun di dalam dunia kerja. Model PBL adalah salah satu model yang dapat digunakan untuk melatih siswa agar menjadi pemecah masalah yang baik dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah narrative literatur review. Narrative literatur review merupakan review yang dilakukan oleh penulis secara komperhensif terhadap suatu topik dengan cara mencari artikel yang relevan dengan topik yang dibahas yaitu mengenai PBL dalam proses pembelajaran di SMK. Pencarian literatur dilakukan pada jurnal terindeks, diantaranya: ERIC, Springer, Science direct, dan Google Schoolar dengan kriteria 15 tahun terakhir. Kata kunci yang digunakan pada saat penelusuran literatur, diantaranya: Problem Base Learning, vocational education, dan high order thinking skill. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan melalui literatur review didapat bahwa model PBL merupakan model yang dapat memfasilitasi siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih kemandirian, serta berpikir kritis dan kreatif yang sangat penting bagi siswa sebagai modal dalam memecahkan permasalahan ketika terjun di dunia kerja.
Keywords:
problem based learning, pendidikan kejuruan, berpikir tingkat tinggiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work