Problem Based Learning pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa: Literatur Review

Authors

  • Toni Kurrokhmat Universitas Pendidikan Indonesia
  • M. Syaom Barliana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1134

Abstract

Siswa SMK harus dibiasakan untuk menjadi pemecahan masalah yang baik untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang timbul baik di sekolah maupun di dalam dunia kerja. Model PBL adalah salah satu model yang dapat digunakan untuk melatih siswa agar menjadi pemecah masalah yang baik dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah narrative literatur review. Narrative literatur review merupakan review yang dilakukan oleh penulis secara komperhensif terhadap suatu topik dengan cara mencari artikel yang relevan dengan topik yang dibahas yaitu mengenai PBL dalam proses pembelajaran di SMK. Pencarian literatur dilakukan pada jurnal terindeks, diantaranya: ERIC, Springer, Science direct, dan Google Schoolar dengan kriteria 15 tahun terakhir. Kata kunci yang digunakan pada saat penelusuran literatur, diantaranya: Problem Base Learning, vocational education, dan high order thinking skill. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan melalui literatur review didapat bahwa model PBL merupakan model yang dapat memfasilitasi siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih kemandirian, serta berpikir kritis dan kreatif yang sangat penting bagi siswa sebagai modal dalam memecahkan permasalahan ketika terjun di dunia kerja.

Keywords:

problem based learning, pendidikan kejuruan, berpikir tingkat tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 721
Downloads Count: 583

Published

2021-07-03

How to Cite

Kurrokhmat, T., & Barliana, M. S. . (2021). Problem Based Learning pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa: Literatur Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 592–598. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1134

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.