Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1203Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap kemampuan tingkat berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika SD kelas 5. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen quasi, sempel yang akan digunakan pada penelitian ini sebanyak 57 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu 26 siswa dari SD Marsudirini 77 dan 31 siswa dari SD Marsudirini 78. Penelitian ini dapat dilihat keberhasilannya berdasarkan hasil analisis uji N-Gain untuk mengetahui keefektivitasan, eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning sedangkan eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Hasil uji N-Gain menunjukan kelas eksperimen 1 sebesar 0.61 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0.52. dari hasil penelitian dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa kelas 5 SD marsudirini 77 menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa kelas 5 SD Marsudirini 78 menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Dari hasil penelitian ini maka peneliti merekomendasikan pembelajaran dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, sebaliknya dijadikan alternatif dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi volume bangun kubus dan balok.
Keywords:
berpikir kritis, problem based learning, problem solvingDownloads
References
Agustin, R. (2016). Penerapan Model Problem Solving dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kutowinangun 10 Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016. Salatiga: UKSW.
Hamzah, M. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Ibrahim & Nana Syaodih. (2012). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Solikhin, Bagus Ilmaiawan. (2011). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar Metematika Siswa Kelas V Gugus Kartini Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011. Salatiga: UKSW.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sapriya. 2011. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. jurnal.unnes.ac.id, 3.
Wahyudi. (2012). Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya Sari Press.
Wahyudi dan Kriswandani. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Salatiga: Widya Sari Press.
Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. jurnal.unnes.ic.id, 3.
Widianto. (2011). Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Makalah perkuliahan pengembangan matematika SD. repostory.uksw.edu, 10.
Wulandari, Eni dkk. (2012). Penerpan Model PBL (Problem Based Learning) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal: FKIP-Universitas Sebelas Maret, 5.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work